√ Syarah Kitab ‘Uqudullujain Tentang Hak & Kewajiban Pasutri

Posted on

Syarah Kitab ‘Uqudullujain Tentang Hak & Kewajiban Pasutri  Pada kesmpatan kali ini Duta Dakwah akan menyajikan “Syarah ‘Uqudullujain”, Untuk bacaan Pasangan Suami Istri sebagai bahan renungan Keluarga dalam hal menjalani kehidupan rumah tangga.

Syarah Kitab ‘Uqudullujain Tentang Hak & Kewajiban Pasutri

Pada Risalah ini kami akan tuliskan Materi khusus buat renungan Pasangan Suami Istri, risalah ini kami tulis dari Kitab kecil yang bernama “’Uqudullujain”. Dan untuk lebih jelasnya mengenai perihal ini mari kita sama-sama ikuti uraiannya berikut ini:

Mukodimah

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ

الْحَمْدُ ِللهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارِ الْعَزِيْزِ الْجَبَّارِ الَّذِيْ يَبْسُطُ يَدَهُ بِاللَّيْلِ لِيَتُوْبَ مُسِيْئُ النَّهَارِ، وَ يَبْسُطُ يَدَهُ بِاالنَّهَارِ لِيَتُوْبَ مُسِيْئُ اللَّيْلِ وَهُوَ الْعَلِيْمُ الْغَفَّارُ، أَشْهَدُ أَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ شَهَادَةَ عُبَّادِهِ ذَوِى الْقُلُوْبِ وَاْلأَبْصَارِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ سَيِّدُ اُولِى اْلأَلْبَابِ وَاْلإِعْتِبَارِ، اللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ الْمُخْتَارِ، وَاٰلِهِ الْأَطْهَارِ، وَأَصْحَابِهِ الْأَخْيَارِ وَبَعْدُ

Puji dan Syukur senantiasa tetap kita panjatkan ke hadhirat Allah SWT Tuhan seru sekalian ‘alam, Sholawat dan salam-Nya semoga tetap tercurah ke haribaan Nabi Agung Muhammad shollallahu ‘alaihi wa sallam, keluarga dan shahabatnya semua, Amiin…

Saudaraku seiman, Syarah ‘Uqudullujain ini Membahas tentang Rumah tangga dan ada beberapa kisah serta faidah yang bisa dijadikan inspirasi buat orang beriman.

Terjemah Syarah ‘Uquudullujain (Muqoddimah)

Syarah ‘Uquduljain ini ditulis dan diterjemahkan oleh: M. Asmawi, Z.A. bin Rasyid dengan tulisan tangan pada tahun 1984 dengan terjemahan bahasa sunda di PP Salafiyah Nurul-Hidayah Al-Istiqomah Ciseukeut Barat, Mekar Sari, Panimbang, Pandeglang (Banten) Jawa Barat.

Kemudian dialih bahasakan ke Bahasa Indonesia pada tahun 1988 buat para santrinya, dan ditulis ulang pada tahun 2002 di Desa Simpang Pematang, Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Tulang Bawang, Lampung. buat Jama’ah Pengajian Al-Istiqomah. Kemudian pada tahun 2019 ditulis kembali untuk dipublish di website sebagai media online dalam cara Penyampaian Risalah Rumah Tangga melalui: www.dutadakwah.co.id

Baca Juga :  √ Kisah Nabi Adam Alaihissalam yang Turun Dari Surga

Syarah ‘Uqudullujain

شرح عقود اللجين في بيان حقوق الزوجين لمحمد بن عمر بن على نووي البنتني الجاوي

SYARAH ‘UQUUDUL LUJAIN DALAM MENJELASKAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTERI, KARANGAN SYEIKH MUHAMMAD BIN UMAR BIN ALI NAWAWI AL-BANTANI, AL-JAWI

Mukadimah Syarah ‘Uqudul-Jain

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ قَالَ الْفَقِيرُ إِلَى رَحْمَةِ الرَبِّ الْغَفَّارِ مُحَمَّدٌ الْمُعْتَرَفُ بِالْأَوْزَارِ، بَصَرَهُ اللهُ عُيُوْبَ نَفْسِهِ، وَجَعَلَ يَوْمَهُ خَيْرًا مِنْ أَمْسِهِ: الْحَمْدُ لِلّٰهِ كَمَا يَنْبَغِى لَهُ. وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَآلِهِ، وَصَحْبِهِ عَدَدَ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَهُ. (أمَّا بَعْدُ): فَهَذَا شَرْحٌ طَلَبَهُ مِنِي بَعْضُ الْمُحِبِّيْنَ عَلَى الرِّسَالَةِ الْمُتَعَلِّقَةِ بِأُمُوْرِ الزَّوْجَيْنِ الَّتِى صَنَّفَهَا بَعْضُ النَّاصِحِيْنَ، وَسَمَّيْتُها: “عُقُوْدَ اللُّجَيْنِ فِيْ بَيَانِ حُقُوْقِ الزَّوْجَيْنِ”، وَأَرْجُوْ مِنَ اللهِ تَعَالَى الْإِعَانَةَ، وَالْإِخْلَاصَ، وَالْقَبُوْلَ، وَالنَّفْعَ بِهِ بِجَاهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِيَّتِهِ وَحِزْبِهِ، وَأَهْدَيْتُ ذَلِكَ لِلْوَالَدَيْنِ رَاجِيًا مِنَ اللهِ تَعَالَى  غُفْرَانَ ذُنُوْبِهِمَا، وَارْتِفَاعَ دَرَجَاتِهِمَا، إِنَّهُ تَعَالَى وَاسِعُ الْمَغْفِرَةِ  وَأَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَ.﯁

Bismillahir Rohmanir Rohiim. Telah berkata seorang yang butuh rahmat Tuhan yang Maha Pengampun yaitu Syekh Muhammad yang mengaku banyak dosa, semoga Allah memperhatikannya pada aib pribadinya Syekh, dan semoga Allah menjadikan pada hari ininya Sekh lebih baik daripada hari kemarinnya.

Segala Puji bagi Allah sebagaimana yang pantas bagi-Nya. Rohmat dan Salam semoga tetap atas Nabi Muhammad, keluarga dan shohabatnya sebanyak yang diketahui oleh-Nya. (Amma Ba’du).

Maka Adapun Syarah ini adalah merupakan permohonan mereka padaku yaitu mereka sebagian para Muhibbin, para pecinta Risalah ini yang berhubungan dengan urusan Rumah tangga yang telah disusunnya oleh sebagian para Penasehat, dan saya telah memberinya nama dengan nama: “’UQUDULLUJAIN FI HUQUQIZ ZAUJAIN” saya mengharapkan pertolongan dari Allah Ta’ala , Keselamatan dan Qobul serta kemanfa’atannya kitab ini dengan wasilah keagungan Penghulu kita Nabi Muhammad s.a.w., Istri-itrinya, keturunan anak cucunya dan para pasukannya. Dan kuhadiahkan kitab tersebut buat kedua orang tua, karena mengharap diampunkannya dosa kedua orang tua oleh Allah SWT dan terangkat derajat mereka berdua, sesungguhnya Allah Ta’ala maha luas ampunannya dan paling maha pengasih lagi paling maha penyayang.

Baca Juga :  √ Ciri Wanita Ahli Neraka dan sebagian dari tanda Ahli Surga

Prakata Penyusun

قَالَ الْمُصَنِّفُ، شَكَرَ اللهُ سَعْيَه: (بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم) اِعْلَم: أَنَّ الْبَسْمَلَةَ كَثِيْرةُ الْبَرَكَةِ، مَنْ ذَكَرَهَا حَصَلَ لَهُ الْمَأْمُوْلُ، وَمَنْ وَاظَبَ عَلَيْهَا حُظِىَ بِالْقَبُوْلِ، قِيْلَ: إِنَّ الْكُتُبَ الْمُنـَزَّلَةَ مِنَ السَّمَاءِ إِلَى الْأَرْضِ مِائَةٌ وَأَرْبَعَةٌ: صُحُفُ شَيْثَ سِتُّوْنَ، وَصُحُفُ إِبْرَاهِيْمَ ثَلَاثُوْنَ، وَصُحُفُ مُوْسَى قَبْلَ التَّوْرَاةِ عَشَرَةٌ، وَالتَّوْرَاةُ، وَالْإِنْجِيْلُ، وَالزَّبُوْرُ، وَالْفُرْقَانُ. وَمَعَانِىَ كُلِّ الْكُتُبِ مَجْمُوْعَةٌ فِيْ الْقُرْآنِ، وَمَعَانِىَ الْقُرْآنُ مَجْمُوْعَةٌ فِيْ الْفَاتِحَةِ، وَمَعَانِىَ الْفَاتِحَةِ مَجْمُوْعَةٌ فِى الْبَسْمَلَةِ، وَمَعَانِىِ الْبَسْمَلَةِ مَجْمُوْعَةٌ فِى بَاِئهَا. وَكَانَ بَعْضُ الْعُلَمَاءِ الصَّالِحِيْنَ أَصَابَهُ مَرَضٌ شَدِيْدٌ أَعْجَزَ الْأَطْبَاءَ، فَتَفَكَّرَ فِيْ بَعْضِ الْأَعْيَانِ تِلْكَ الْعِبَارَةَ، فَوَاظَبَ عَلَى الْبَسْمَلَةِ مِنْ غَيْرِ عَدَدٍ مَحْصُوْرٍ، فَشَفَاهُ اللهُ تَعَالَى بِبَرَكَتِهَا.

Berkata Al-Mushonif: dengan mengucapkan  BISMILLAHIRROHMAANIRROHIIM.

Ketahuilah: Sesungguhnya lafadz basmalah itu mempunyai banyak barokah, barangsiapa berdzikir dengannya maka akan berhasil apa yang diangan-angankan (dicita-citakan). Barangsiapa yang langgeng atau mendawamkan membacanya, maka dia akan mendapatkan permohonannya di qobul.

Dikatakan dalam sebuah pendapat: Sesungguhnya seluruh kitab yang diturunkan dari langit kebumi (kitab samawi) itu jumlahnya ada 104 kitab, dengan rincian: Shuhuf nabi Syits ada 60, Shuhuf nabi Ibrohim 30, Shuhuf nabi Musa sebelum taurat 10,Taurat, Injil, Zabur dan Al-Qur’an.

Dan makna-makna yang tersirat dalam semua kitab tersebut, terkumpul seluruhnya di dalam al-qur’an, dan seluruh makna al-qur’an terkumpul di dalam Surat al-fatihah, dan seluruh makna Surotul-fatihah terkumpul dalam Basmalah, dan makna basmalah terkumpul pada huruf “BA” lafadz Basmalah.

Syarah Kitab Uqudullujain Tentang Hak & Kewajiban Pasutri
Syarah Kitab Uqudullujain Tentang Hak & Kewajiban Pasutri

Kisah Nyata Berobat Dengan Basmalah

Sebagian ulama sholihin apabila mereka mengalami sakit yang berat dan para tabib tidak mampu mengobatinya, lalu kemudian mereka tafakur atas keterangan dari fadhilah basmalah tersebut, kemudian mereka mendawamkan bacaan basmalah tanpa hitungan (yakni dengan jumlah tak terbatas). Maka Allah memberikan kesembuhan dari sakitnya wasilah keberkahan Basmalah. (Subhanallah)

Daftar Link Syarah ‘Uqudullujain:

  1. Syarah Kitab ‘Uqudullujain Tentang Hak & Kewajiban Pasutri
  2. Taubat Suami Munafiq & Khutbah Syarah ‘Uqudullujain
  3. Syarah ‘Uqudlljain Pasal Dua, Tiga dan Empat
  4. Lelaki Haram Melihat Permpuan & Sebaliknya juga Perempuan
  5. Penjelasan hak-hak istri yang wajib atas suaminya
  6. Hukum Tidak Membayar Maskawin & Pahala Suami Sabar
  7. Suami Yang Sholih Menghadapi dan Menyikapi Istrinya
  8. Suami Boleh Memukul Istri Jika hal itu bermanfa’at
  9. Kelebihan Lelaki Atas Wanita Bisa Dilihat Dari Banyak Sisi
  10. Cara Suami Mengingatkan Kepada Istrinya
  11. Ganjaran Suami Sabar dan Jihadnya Seorang Istri
  12. Ruh Para Syuhada dan Sebaik-baiknya Sifat Wanita
  13. Istri Memelihara Rasa Malu & Memenuhi Ajakan Suami
  14. Adab Bersenggama & Larangan Puasa Sunnah Bagi Istri
  15. Kisah Perempuan yang Tidak Bicara Kecuali dengan Al-Quran
  16. Istri Taat dan yang Durhaka & Kisah Lelaki Menikahi Sepupunya
  17. Istri yang Terputus Dari Rahmat Allah dan Haram Masuk Surga
  18. Istri Yang Dimurkai Allah & 4 Golongan Wanita Ahli Surga
  19. Ada Empat Golongan Wanita Ahli Neraka
  20. Menikah adalah Merupakan Amal Kebaikan
  21. Bermacam-macam Siksaan Perempuan di Akhirat
  22. Kisah Batu Penggilingan Fatimah Memutar Dengan Sendirinya
  23. Ridho Suami itu Ridhnya Allah, Raih Ribuan Pahala Karenanya
  24. Keutamaan Sholat Perempuan di rumah daripada di Masjid
  25. Larangan Perempuan Memakai Perhiasan yang Berlebihan
  26. Ciri Wanita Ahli Neraka dan sebagian dari tanda Ahli Surga
  27. Ganjaran Yang Dilakukan Wanita Sholihah Di Sisi Allah SWT
  28. Haramnya Lelaki Memandang Wanita Ajnabiyah & Sebaliknya
  29. Wanita Selalu Dihiasi Syetan kemanapun ia jalan
  30. Yang Memandang dan yang Dipandang Sama-sama Dilaknat
  31. Taqdir Bani Adam yang tercatat di Lauhil-Mahfudz Pasti Terjadi
  32. Tingkah laku sebagian Perempuan
  33. Rasulullah Mengizinkan Wanita Keluar Pada Hari-Hari Raya
  34. Kisah Perempuan Penjual Samin
  35. Cemburu Itu Bagus Tapi Tidak Boleh Cemburuan
  36. Kisah Waliyatullah Robi’ah Al-Adawiyah dilamar Ulama
  37. Kisah Masuknya Pencuri ke Rumah Robi’ah al-‘Adawiyah
  38. Kisah Keajaiban Seorang Pandai Besi Memegang bara api
  39. Kisah Perempuan mencintai nabi yang diuji oleh suaminya

Demikian Uraian kami tentang Syarah Kitab ‘Uqudullujain Tentang Hak & Kewajiban Pasutri  – Semoga dapat bermanfaat dan memberikan tambahan ilmu pengetahuan untuk kita semua sebagai Pasangan Suami Istri. Abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Baca Juga :  √ Hukum Tidak Membayar Maskawin & Pahala Suami Sabar

بِاللهِ التَّوْفِيْقُ وَالْهِدَايَةُ و الرِّضَا وَالْعِنَايَةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ