Kumpulan Ayat Al-Qur’an Tentang Puasa Ramadhan

Posted on

Kumpulan Ayat Al-Qur’an Tentang Puasa Ramadhan – Puasa Ramadhan adalah salah satu rukun Islam yang ke-4. Umat Islam pasti melakukan puasa sebulan penuh tanpa terkecuali. Namun jika ada sesuatu yang membuat tidak dibolehkannya puasa maka harus diganti puasanya selain di bulan Ramadhan.

Nah pada kesempatan kali ini Dutadakwah akan menuliskan mengenai kumpulan ayat Al-Qur’an tentang puasa Ramadhan. Untuk mengetahuinya langsung saja yuk kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Kumpulan Ayat Al-Qur’an Tentang Puasa Ramadhan

Dalam bulan suci ramadhan itu terdapat banyak keistimewaan yang diterangkan baik menurut al-quran maupun dalam hadits nabi demikian juga dalam fiqih. Diantara yang paling menarik juga mengenai petunjuk tentang wajibnya puasa bagi orang yang beriman dan mengharap dapat keistimewaan lailatul qadar yang semua itu telah dijelaskan dalm firman Allah Subhanahu wa Ta’ala. Inilah ayat Al-Qur’an tentang puasa Ramadhan:

1. Surat Al-Baqarah ayat 183

Tentang kewajiban puasa bagi oarang yang beriman ;

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya ; “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

2. Surat Al-Baqarah ayat 184

Tentang hari puasa yang telah ditentukan serta rukhshoh bagi orang yang sakit dan orang yang sudah tidak mampu lagi berpuasa;

Baca Juga :  Kultum Ramadhan Tentang Kewajiban Puasa di bulan Ramadhan

أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ ۚ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَ عَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ ۚ وَ أَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ ۖ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya ; “(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

3. Surat Al-Baqarah ayat 185

Tentang turunnya al-qur’an dan perintah puasa;

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَ بَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَ الْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ

Artinya ; “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.”

4. Surat Ad-Dukhan ayat 3

tentang diturunkannya al-qur’an pada malam yang diberkahi;

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ ۚ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ

Artinya ; “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.”

5. Surat Ad-Dukhan ayat 4

فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ

Artinya ; “Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah“.

Baca Juga :  Doa Nabi Musa, Agar Dipermudahkan Urusan Dan Ucapan

6. Surat Al-Qadr ayat 1-5

Tentang diturunkannya al-qur’an pada malam al-qodar dan istimewanya malam qodar;

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5)

Kumpulan Ayat Al-Qur'an Tentang Puasa Ramadhan Lengkap
Kumpulan Ayat Al-Qur’an Tentang Puasa Ramadhan Lengkap

Artinya ; “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadr: 1-5).

Nah itulah tadi penjelasan materi mengenai; Kumpulan Ayat Al-Qur’an Tentang Puasa Ramadhan. Mudah mudahan materi ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua. Terimakasih atas kinjungannya wallahul muwaffiq.