√ Doa Masuk Masjid & Doa Keluar Masjid Beserta Adabnya (Lengkap)

Posted on

Doa Masuk Masjid & Doa Keluar Masjid Beserta Adabnya (Lengkap) – Sebagai umat Islam tentu kita dianjurkan untuk selalu berdo’a dalam mengawali segala sesuatu. Karena doa merupakan perbuatan yang mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Sehingga kita dianjurkan untuk senantiasa berdo’a baik untuk mengawali dan mengakhiri sesuatunya.

Pada kesempatan kali ini Dutadakwah akan memberikan pembahasan mengenai doa masuk masjiddan juga doa keluar masjid. Untuk itu langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Doa Masuk Masjid & Doa Keluar Masjid Beserta Adabnya (Lengkap)

Berikut ini penjelasan mengenai doa masuk masjid dan juga adab masuk masjid:

Doa Masuk Masjid

Masjid merupakan tempat yang suci dimana disitulah tempat beribadah bagi umat Islam, sehingga wajib dijaga dan juga dihormati. Sebagai umat Islam kita harus menghargai dan juga menggunakan sopan santun yang baik untuk memasuki tempat ibadah tersebut.

Baca Juga :  √ Niat Sholat Tahajud, Doa, Tata Cara dan Keutamaannya (Lengkap)

Sebaiknya sebelum memasuki masjid, terlebih dahulu memiliki wudhu agar kita dalam keadaan suci karena masjid merupakan tempat yang suci. Hal ini dilakukan dengan harapan agama Islam akan terus berkembang dan juga memberi manfaat untuk seluruh alam semesta. Karena doa memasuki Masjid dan doa keluar Masjid merupakan suatu adab yang sangat baik untuk diamalkan dalam sehari-hari, karena Masjid merupakan tempat beribadah agama Islam dan tempat yang sangat suci.

Berikut bacaan doa sebelum masuk masjid.

Loading...

Doa Masuk Masjid Arab

اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Doa Masuk Masjid Latin

“A‌llahummaf-tahlii abwaaba rahmatika.”

Artinya: “Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”.

Adab Memasuki Masjid Sesuai Sunnah

1. Mendahulukan Kaki Kanan

Sebelum memasuki masjid sebaiknya dahulukan kaki kanan, sebagaimana yang telah diajarkan Rasulullah Saw untuk melakukan segala sesuatu yang baik hendaknya dilakukan dengan mendahulukan bagian tubuh yang sebelah kanan. Salah satunya adalah untuk memasuki tempat ibadah, ini merupakan salah satu anjuran Rasulullah, walaupun tidak tertulis jelas dalam Al-Qur’an.

2. Membaca Doa Saat Hendak Memasuki Masjid

Adab sebelum memasuki masjid adalah berdo’a. Adapun doa masuk masjid yang dibaca adalah seperti yang telah tertulis diatas dan dengan membaca doa diatas kita dapat menghargai tempat ibadah yang suci tersebut.

3. Sholat Sunnah 2 Rakaat

Setelah masuk dengan berdoa maka disunnahkan juga untuk melaksanakan sholat sunnah dua rakaat atau biasa disebut dengan sholat tahiyatul masjid. Sholat ini dilaksanakan sebelum sholat fardhu dan langsung dilaksanakan tanpa duduk terlebih dahulu atau sebelum duduk di masjid.

Sehingga orang yang akan pergi ke Masjid sebaiknya berwudhu terlebih dahulu, atau memiliki wudhu agar dia dapat melaksanakan sholat sunnah tahiyatul masjid. Sebagaimana dalam sebuah hadits berikut:

Baca Juga :  Bacaan Doa Setelah Shalat Dhuha (Arab, Latin, dan Terjemahan)

Rasulullah bersabda, “Apabila seseorang di antara kamu masuk masjid, hendaklah shalat dua rakaat sebelum duduk.”(Muttafaq’alaih)

4. Berdoa Saat Keluar Masjid dan Mendahulukan Kaki Kiri

Membaca do’a tidak hanya untuk memasuki masjid saja, namun juga saat keluar masjid. Saat selesai melaksanakan kegiatan ibadah dalam masjid pun maka hendaknya kita berdo’a serta mendahulukan kaki kiri.

Doa Keluar Masjid

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

“Allahumma innii as-aluka min fadhlika.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepadamu, karunia dari-Mu.”

Etika memasuki Masjid dan juga keluar dari Masjid dalam Islam sudah diatur bahkan ada anjurannya, oleh karena itu kita hendaknya dapat memahami dan juga melakukannya sesuai dengan anjuran. Selain itu, di dalam Masjid juga kita harus bisa menjaga ketenangan, hindari untuk tidak berbicara keras saat berada dalam tempat beribadah tersebut. Jika kita sedang berdzikir ata mengaji hendaknya dilakukan pelan saja apabaila hal tersebut dapat menganggu konsentrasi orang yang mungkin sedang melaksanakan sholat sunnah.

5. Dilarang Berjual Beli dan Mengumumkan Barang Yang Hilang dalam Masjid

Sebagaimana dalam sabda Rasulullah Saw : “Apabila kamu melihat orang yang menjual atau membeli sesuatu di dalam masjid, maka doakanlah, ‘Semoga Allah tidak memberi keuntungan bagimu’. Dan apabila kamu melihat orang yang mengumumkan barang hilang, maka doakanlah, ‘Semoga Allah tidak mengembalikan barangmu yang hilang’.” (HR At-Turmudzi dan dishahihkan oleh Al-Albani)

6. Dilarang Memakan Bawang Putih, Bawang Merah, atau Orang Yang Bau Badannya Tidak Sedap

Dilarang bagi orang yang memakan bawang putih, bawang merah atau badannya bau tak sedap untuk masuk ke dalam masjid, karena hal ini ditakutkan akan menganggu orang yang hendak beribadah. Sebagaimana Rasulullah bersabda: “Barang siapa yag memakan bawang putih, bawang merah, atau bawang daun, maka jangan sekali-kali mendekat ke masjid kami ini, karena malaikat merasa terganggu dari apa yang dengannya manusia terganggu,” (HR Muslim)

Baca Juga :  √ Do'a Masuk Kamar Mandi Beserta Penjelasannya (Lengkap)

7. Dilarang Keluar Masjid Sesudah Adzan

Sebagaimana Rasulullah Saw bersabda: “Apabila muadzin telah adzan, maka jangan ada seorang pun yang keluar sebelum shalat.” (HR Al Baihaqi dan dishahihkan oleh Al-Albani)

8. Tidak Lewat Di Depan Orang Sholat

Dan disunnahkan bagi orang yang sedang melaksanakan sholat agar menaruh batas di depannya. Sebagaimana Rasulullah Saw bersabda: “Kalau sekiranya orang yang lewat di depan orang yang sedang shalat itu mengetahui dosa perbuatannya, niscaya ia berdiri dari jarak empat puluh itu lebih baik daripada lewat di depannya.” (Muttafaq’alaih)

9. Tidak Menjadikan Masjid Sebagai Jalan Lewat

Maksud dari tidak menjadikan Masjid sebagai jalan lewat adalah masuk masjid hanya lewat tanpa melaksanakan sholat. Sebagaimana Rasulullah Saw bersabda: “Janganlah kamu menjadikan masjid sebagai jalan, kecuali (sebagai tempat) untuk berdzikir dan shalat,” (HR At Tabrani, dinilai hasan oleh Al Albani)

Doa Masuk Masjid & Doa Keluar Masjid Beserta Adabnya (Lengkap)
Doa Masuk Masjid & Doa Keluar Masjid Beserta Adabnya (Lengkap)

10. Jangan Menggunakan Parfum (Bagi Wanita) dan Jangan Berhias

Rasulullah Saw Bersabda: “Apabila salah seorang di antara kamu (kaum wanita) ingin shalat di masjid, maka janganlah menyentuh parfum.”(HR Muslim)

Nah itulah tadi penjelasan mengenai Doa Masuk Masjid & Doa Keluar Masjid Beserta Adabnya (Lengkap). Semoga kita senantiasa selalu menjalankan apa yang sudah dianjurkan dan menjadi ketentuan dalam ajaran Islam. Dan semoga bermanfaat serta menambah wawasan. Terimakasih 🙂