Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun Hijriyah Beserta Artinya

Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun Hijriyah Beserta Artinya – Kita sebagai umat Islam, tentu sudah mengetahui bahwasanya penanggalan tahun hijriyah dan masehi itu berbeda. Dalam tahun Hijriyah diawali pada tanggal 1 Muharram dan diakhiri pada tanggal 29 atau 30 Dzulhijjah. Sedangkan tahun Masehi diawali pada tanggal 1 Januari dan diakhiri pada tanggal 31 Desember.

Adapun perhitungan kalender hijriyah dan masehi memiliki sistem yang berbeda. Dalam kalender Hijriyah menggunakan peredaran bulan (Qomariyah) sedangkan masehi menggunakan peredaran Matahari. Dan penetapan hari pada sebuah kalender Hijriyah dimulai saat matahari terbenam, sedangakn Masehi diawali pada pertengahan malam hari yakni pukul 00.00

Untuk mengetahui bacaan doa akhir tahun dan doa awal tahun hijriyah, Dutadakwah akan membahasnya, simak penjelasannya sebagai berikut:

Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun Hijriyah Beserta Artinya

Pergantian tahun hijriyah bagi umat Islam adalah dengan memanjatkan doa yang baim di akhir tahun dan awal tahun. Karena pada akhir tahun adalah sebuah momentum untuk instropeksi diri mengenai hal yang berhubungan dengan kebaikan maupun keburukan pada diri kita. Sehingga alangkah baiknya jika kita berdoa di penutupan tahun sebagai bentuk kepasrahan kepada Allah SWT.

Doa Akhir Tahun

Adapun bacaan doa akhir tahun adalah

وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلٰنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ .اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هٰذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِيْ عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلٰى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ اِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَاءَتِيْ عَلٰى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّيْ اَسْتَغْفِرُكَ فَغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ بِا الثَّوَابَ فَأَسْأَلُكَ اَللّٰهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَ الْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّيْ وَلاَ تَقْطَعْ رَجَاىِٔيْ مِنْكَ يَاكَرِيْمُ .وَصَلَى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya : “Dan semoga rahmat dan salam terlimpahkan kepada junjungan kami dan tuan kami yaitu Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah, laranglah apapun dari-Mu yang telah kulakukan pada tahun ini, sedang aku tidak bertaubat darinya, dan Engkau tidak meridhainya, tidak melupakannya dan Engkau bersikap penyantun kepadaku padahal engkau berkuasa untuk menghukumku, dan Engkau telah menyeruku untuk bertaubat sesudah aku berani berbuat durhaka kepada -Mu, maka sesungguhnya sekarang aku memohon ampun kepada Engkau, ampunilah aku. Dan hal-hal apapun yang Engkau ridhai yang telah kulakukan pada tahun ini, dan telah Engkau janjikan pahalanya kepadaku, maka aku memohon kepada Engkau, Ya Allah, wahai yang Mahamulia, wahai yang memiliki kebesaran dan kemuliaan, sudilah Engkau menerimanya, dan janganlah Engkau putuskan harapanku kepada-Mu wahai Yang Mahamulia. Dan semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam-Nya kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw juga pada keluarga dan para sahabatnya.”

Doa akhir tahun sebaiknya di baca sebanyak 3 kali yakni pada akhir waktu ashar pada hari ke 29 atau 30 Dzulhijjah. Dan  Barang siapa yang membaca doa ini pada waktu tersebut, maka berkatalah setan, ” Celakalah bagiku, dan sia-sialah segala upayaku untuk menggoda anak adam selama satu tahun, hal ini terhapuskan olehnya hanya dalam sesaat. Karena doa ini, diampunilah dosanya selama satu tahun”.

Baca Juga :  √ Ziarah Kuburan Orang Tua (Ibu) Singkat & Praktis (Arabic)

Doa Awal Tahun

Berdoalah pada awal tahun, karena banyak harapan yang akan kita mohon kepada Allah SWT seperti memohonkan rahmat, keselamatan, perlindungan, kelapangan rizki, jodoh, kari, wafat dengan khusnul khotimah dan lain sebagainya.

Adapun bacaan doa awal tahun adalah

Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun Hijriyah Beserta Artinya
Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun Hijriyah Beserta Artinya

وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلٰنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ .اَللّٰهُمَّ اَنْتَ اْلاَ بَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَعَلٰى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرَمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلُ وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ اَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَاَوْلِيَائِهِ وَجُنُوْدِهِ وَالْعَوْنَ عَلٰى هٰذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفٰى يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ .وَصَلَى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya: “Dan semoga rahmat dan salam terlimpahkan kepada junjungan kami dan tuan kami yaitu Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah, Engkau yang Maha kekal. Maha terdahulu lagi Maha awal, dan berkat kemurahan-Mu yang besar serta karunia-Mu yang menjadi sumber (semuanya terjadi). Dan kini tahun baru telah tiba, pada tahun ini kami memohon kepada-Mu agar terpelihara dari godaan setan, para pendukungnya dan bala tentaranya, dan kami memohon agar terpelihara dari hawa nafsu kami yang selalu memerintahkan berbuat keburukan. Dan kami memohon semoga Engkau menjadikan diri kami disibukkan dengan hal-hal yang mendekatkan diri kami kepada Engkau dengan sedekat-dekatnya, wahai Tuhan yang memiliki kesabaran dan kemuliaan, wahai Tuhan yang maha Penyayang diantara para penyayang. Dan semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kami, tuan kami Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya.”

Demikianlah pembahasan mengenai Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun Hijriyah Beserta Artinya. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih 🙂

Baca Juga :  Bacaan Shalawat Munjiyat Arab dan Latin Beserta Terjemahannya
Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun Hijriyah Beserta Artinya
5 (100%) 5 vote[s]