Kisah Nabi Daud Sosok Raja Cerdas Perkasa dan Bersuara Merdu

Posted on

Kisah Nabi Daud Sosok Raja Cerdas Perkasa dan Bersuara Merdu – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Kisah Nabi Daud. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan sebuah kisah Nabi Daud Alaihis Salam yakni sosok raja cerdas perkasa dan bersuara merdu. Untuk lebih jelasnya simak artikel Duta Dakwah mengenai Kisah Nabi Daud berikut ini.

Kisah Nabi Daud Sosok Raja Cerdas Perkasa dan Bersuara Merdu

Berbagai macam kisah nabi dalam Agam Islam memang menjadi suatu cerita yang sngat menarik untuk disimak bagi seluruh umat muslim. Dalam hal ini umat musli dapat banyak belajar mengenai sejarah dan berbagai macam peristiwa yang terjadi pada zaman nabi dan rasul. Bukan hanya itu saja, dengan membaca kisah nabi juga sebagai upaya bagi umat musli untuk mempercayai dan beriman tetnang adanya nabi dan rasul sebagai utusan Allah.

Seperti yang telah Anda ketahui, dalam setiap sejarah Islam terdapat berbagai kisah nabi dengan berbagai macam pesan tauladan yang patut dipelajari untuk umat muslim. Pesan tauladan inilah yang terdapat dalam 25 kisah nabi. Salah satu diantanya yaitu kisan Nabi Daud. Nabi Daud adalah salah satu dari keturunan Nabi Ibrahim yakni tepatnya keturunan yang ke 12. Beliau tergolong salah satu dari nabi utama dari kalangan Bani Israil.

Sebelumnya, telah dikisahkan bahwa Nabi Daud merupakan seorang bala tentara yang dapat memenangkan perang Thalut dan Jalut. Setelah kemenangan perang itu, Daud diangkat menjadi raja dan Allah pun menganugerahkan hikmah kerajaan yang kuat.

Baca Juga :  Kisah Nabi Ilyasa Saat Berdakwah Kepada Kaum Bani Israil

Raja yang Cerdas dan Penuh Keberanian

Kisah Nabi Daud Sosok Raja Cerdas Perkasa dan Bersuara Merdu

Kisah Nabi Daud yng pertam berawal dari peristiwa perang Thalut dan Jalut. Seperti yang sudah dilansir dari laman Asy Syariah, daud adalah salah satu prajurit dalam pasukan Thlut yang berperang menghadapi pasukan Jalut. Pasukn Thalut memang memiliki keberanian yang tinggi serta sist perang dan ilmu pengetahuan yang luas. Hal ini juga tercermin didalam diri nabi Daud.

Walaupun demikin, pasukan Thalut tetap berusaha bersabar dan terus memohon akan perlindungan dari Allah SWT saat berperang menghadapi Jalut. Dalam perang itu, dengan keberanian yang dimilikinya Daud maju menghadapu Jalut dan membunuhnya. Perlahan namun pasti, jumlah pasukan Jalut semakin berkurang. Pasukan yang tersisa kian lemah dan mulai mengalami kekalahan. Setelah kekalahan jalut, Daud lalu diangkat menjadi seorang raja.

Dalam hal inilah, selanjutnya Allah SWT mengangkat Daud menjadi seorang nabi dan memberikan hikmah kerajaan yang kuat. Setelah upaya keras yang dilakukan Daud serta pasukan Thalut lainnya. Bukan hanya itu saja, Allah juga memberikan Nabi Daud anugerah berupa ketaatan beribadah dan ilmu pengetahuan yang luas. Disini Allah memberikan sifat awwab kepada Nabi Daud yakni seseorang yang memiliki kesempurnaan pengetahuan tentang Allah SWT.

Hal ini tercantum dalam QS. Shad ayat 17, yakni :

اِصْبِرْ عَلٰى مَا يَقُوْلُوْنَ وَاذْكُرْ عَبْدَنَا دَاوٗدَ ذَا الْاَيْدِۚ اِنَّهٗٓ اَوَّابٌ – ١٧

Artinya : “Bersabarlah atas apa yang mereka katakan; dan ingatlah akan hamba Kami Dawud yang mempunyai kekuatan; sungguh dia sangat taat (kepada Allah).”

Anugerah Suara yang Merdu

Selain diberikan pengetahuan yang luas dan ketaatan beribadah, Allah SWT juga memberikan anugerah nabi Daud berupa suara yang merdu. Kisah Nabi Daud dengan mukjizat suara yang merdu pun membuat kebanyakan orang yang menjadi menderita sakit menjadi sembuh dan sehat kembali. Saat mendengar lantunan suara merdu Nabi Daud saat membaca kitab Zabur.

Baca Juga :  Malam Lailatul Qadr, Pengertian, Makna Dan Penjelasannya

Lantunan kitab Zabur yang dinyanyikan merdu oleh Nabi dud juga membuat air dan angina menjadi disekitarannya menjadi tenang dan damai. bahkan dalam hal ini, Allah sudah menundukkan burung dan gunung untuk turut bertasbih memuji Allah SWT bersama Nabi Daud. Hal ini adalah slah satu mukjizat menakjubkan, yang diberikan Allah kepada Nabi Daud seorang diri tanpa dimiliki oleh siapa pun.

اِصْبِرْ عَلٰى مَا يَقُوْلُوْنَ وَاذْكُرْ عَبْدَنَا دَاوٗدَ ذَا الْاَيْدِۚ اِنَّهٗٓ اَوَّابٌ. اِنَّا سَخَّرْنَا الْجِبَالَ مَعَهٗ يُسَبِّحْنَ بِالْعَشِيِّ وَالْاِشْرَاقِۙ. وَالطَّيْرَمَحْشُوْرَةً ۗ كُلٌّ لَهٗٓ اَوَّابٌ

Artinya : “Bersabarlah atas apa yang mereka katakan; dan ingatlah akan hamba Kami Dawud yang mempunyai kekuatan; sungguh dia sangat taat (kepada Allah). Sungguh, Kamilah yang menundukkan gunung-gunung untuk bertasbih bersama dia (Dawud) pada waktu petang dan pagi, dan (Kami tundukkan pula) burung-burung dalam keadaan terkumpul. Masing-masing sangat taat (kepada Allah).” QS. Shaad ayat 17-19.

Mampu Memahami Bahasa Hewan

Kisah Nabi Daud selanjutnya bercerita kan kelebihan Nabi Daud yang bisa mendengarkan dan memahami akan percakapan burung. Pada suatu saat, Nabi Dud sedang merenung dan mendengrkan suara yang ada disekitarnya. Ia lalu turut mendengr burung yang sling mengoceh, kemudian llah memberikan mukjizat kepada Nabi Daud yang bisa memahami percakapan burung itu.

Sejak saat Nabi Daud mampu mengerti bahasa berbagai hewan. Beliaupun memperlakukan hewan dengan penuh kasih saying. Begitu juga dengan hewan tersebut, mereka path dan sngat menyayangi Nabi Daud. Allah SWT lalu memberikan anugerah kemampuan ini kepada anak Nabi Daud yakni Nabi Sulaiman.

Piawai Membuat Baju Besi yang Kuat

Kisah Nabi Daud lainnya yang menarik yaitu kemapuannya yangpiawai membuat baju besi dan peralatan perang kuat. Dijelaskan juga bahwa Allah telah melunakkan besi bagi Nabi Daud dan mengajarinya cara membuat perisai, baju besi dan berbagai peralatan perang yang kokoh. Atas izin dan anugerah yang diberikan Allah SWT, Nabi daud menjdai orang pertama yang dapat membuat baju besi dan peralatan perang yangtangguh.

Baca Juga :  Kisah Leluhur Walisongo, Awal Mula Wali Tanah Jawa

Kisah ini telah dijelaskan dalam firman Allah SWT, QS. Sba ayat 10-11, yakni:

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا دَاوٗدَ مِنَّا فَضْلًاۗ يٰجِبَالُ اَوِّبِيْ مَعَهٗ وَالطَّيْرَ ۚوَاَلَنَّا لَهُ الْحَدِيْدَۙ. اَنِ اعْمَلْ سٰبِغٰتٍ وَّقَدِّرْ فِى السَّرْدِ وَاعْمَلُوْا صَالِحًاۗ اِنِّيْ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ

Artinya : “Dan sungguh, Telah Kami berikan kepada Dawud karunia dari Kami. (Kami berfirman), “Wahai gunung-gunung dan burung-burung! Bertasbihlah berulang-ulang bersama Dawud,” dan Kami telah melunakkan besi untuknya, buatlah baju besi yang besar-besar dan ukurlah anyamannya; dan kerjakanlah kebajikan. Sungguh, Aku Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” QS. Saba ayat 10-11.

Demikian penjelasan mengenai Kisah Nabi Daud Sosok Raja Cerdas Perkasa dan Bersuara Merdu, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.