√ Ibadah Sunah Di Musim Haji, Do’a Arab Latin & Terjemah VII

Ibadah Sunah Di Musim Haji  Do’a Arab Latin & Terjemah VII  – Sebagaiman yansudah kami sampaika pad Materi-materi sebelumnya khusus tentang Manasik Haji, maka pada kesempatan kali ini Duta Dakwah akan menuliskan beberapa Ibadah sunah dan Do’a-do’a untuk di’amalkan ketika kita berada di tanah suci Makkah al-Mukarromah.

Ibadah Sunah Di Musim Haji, Do’a Arab Latin & Terjemah VII

Untuk lebih jelasnya mengenai beberapa Ibadah sunnah, Do’a-do’a dan yang lainnya mari kita ikuti ulasan kami uraian berikut ini:

Mukodimah

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ  بسم الله الرحمن الرحيم  السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ ، فَلَا عُدْوَانَ إِلَّا عَلَى الظَّالِـمِيْنَ ؛ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، أَمَّا بَعْدُ

Dhuyupur-Rahman para tamu Allah Jam’ah calon haji yang dirahmati Allah, Ketika kita sedang berada di tanah suci tentu kita ingin meperbanya beragam ibadah untu mendapatkan pahala yang sebanyak-banyaknya, oleh karena itu in syaa Allah tidak ada salahnya kalo kami sampaikan beberapa macam amalan sunah untuk para tamu Allah.

Ada banyak maca amalan sunah jika kita mau, seperti Tawaf Sunnah, Baca Quran setiap waktu di Masjidil-Harom termasuk sholat di Hijir Isma’il:

Baca Juga :  15 Macam Siksaan Bagi Orang Yang Meninggalkan Shalat

Sholat Sunnah di Hijir Isma’il

Sholat Sunah Mutlak di Hijir Isma’il tidak ada kaitannya dengan Towaf. Solat sunah Mutlak di Hijir Isma’il bisa dilakukan kapan saja. Huku Sholat Sunnah di Hijir Isma’il sam dengan sholat sunnah di dalam Ka’bah.

Untuk Melaksanakan Sholat Sunnah di Hijir Isma’il memang bukan perkara mudah untuk bisa masuk ke dalamnya karena kroditnya/ berjubelnya orang yang sama-sama ingin menunaikan shoalat di situ, akan tetapi jika kita ada keinginan In Syaa Allah ada saja kemudahan karena pertolongan Allah SWT, apabila kita mau menunaikan sholat sunnah di hijir isma’il berikut ini caranya:

Niat Sholat Sunnah dalam Hijir Isma’il

أُصَلِّى سُنَّةً رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْكَعْبَةِ لِلَّهِ تَعَالَى اللهُ اَكْبَرْ

Usholli Sunnatan Rok’ataini Mustaqbilal-Ka’bah Lillahi Ta’ala Allahu Akbar

Artinya: Saya niat Sholat sunnah dua roka’at menghadap Ka’bah karena Allah ta’ala Allahu Akbar

Roka’at yang pertama setelah Fatihah maka baca surat al-Kafirun, dan pada roka’at yang kedua setelah Fatiha maka baca surat al-Ikhlash. Setelah salam baca Sayidul-Istighfar

Do’a setelah solat sunah Mutlak di Hijir Isma’il

Setelah menunaikan sholat sunnah dua roka’at di hijir isms’il disunahkan berdo’a dengan membaca Sayidul Istighfar sebagai berikut:

اللَّهُمَّ اَنْتَ رَبِّي لَااِلَهَ اِلَّا اَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَاَنَا عَبْدُكَ وَاَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااْسْتَطَعْتُ اَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ اَبُوْءُلَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَاَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْلِيْ فَاِنَّهُ لَايَغْفِرُ ذُنُوْبَ اِلَّا اَنْتَ، اللَّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَاسَأَلَكَ بِهِ عِبَادُكَ الصَّالِحُوْنَ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَااسْتَعَاذَكَ مِنْهُ عِبَادُكَ الصَّالِحُوْنَ

Allahuma anta robiy, la-ilaha ila angta, kholaktani wa-ana ‘abduka wa-ana ‘ala ahdika, wawa’dika mastato’tu, a’udzu bika misyari masona’tu, abu-ulaka bini’matika ‘alaya, wa-abu-u bidzanbi fagfirli fa-inahu layagfiru dszunuba ila angta. Allahuma ini as-aluka, min khoiri masa-alaka bihi ‘ibaduka sholihun, wa-a’udzubika mingsyari masta-‘asdzaka minhu ‘ibaduka sholihun.

Baca Juga :  √ Sholat Taubat, Niat, Doa, Waktu, Cara, Dalil & Keutamaannya

Artinya: Ya Allah Engkaulah Pemeliharaku, Tiada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakan aku. Aku ini hambaMu dan aku terikat pada janji dan ikatan padaMu sejauh kemampuanku. Aku berlindung padaMu dari kejahatan yang telah kuperbuat, aku akui segala ni’mat dariMu kepadaku dan aku akui dosaku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau Sendsiri.Ya Allah aku mohon padaMu kebaikan yang dsiminta oleh hamba-hambaMu yang soleh. Dan aku berlindung padaMu dari kejahatan yang telah dimintakan perlindungan oleh hamba-hambaMu yang soleh.

Sholat Safar Pulang Haji

Ketika jama’ah haji pulang ke tanah airnya mestinya tidak lansung datang ke rumah kediamannya, sebaiknya kita ke Masjid, berwudhu kemudian tunaikan sholat Tahiyatal-Masjid, syukur wudhu dan sholat sunnah ba’da safar:

Niat Sholat Safar Pulang Haji

أُصَلِّى سُنَّةً رَكْعَتَيْنِ بَعْدَ السَّفَرِ مِنَ الْحَجِّ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ لِلَّهِ تَعَالَى اللهُ اَكْبَرْ

Usholli Sunnatan Rok’ataini Ba’da Safar minal-Haji Mustaqbilal-Qiblati Lillahi Ta’ala Allahu Akbar

Artinya: Saya niat Sholat sunnah dua roka’at setelah safar dari menunaikan ibadah haji menghadap kiblat karena Allah ta’ala Allahu Akbar

Ibadah Sunah Di Musim Haji, Do’a Arab Latin & Terjemah VII

Pada Roka’at yang pertama setelah Fatihah maka baca surat al-Kafirun, dan pada roka’at yang kedua setelah Fatihah baca surat al-Ikhlash. Dan setelah salam maka baca do’a:

Do’a ketika pulang Haji :

الله اكبر، الله اكبر، الله اكبر، لااله الآ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ. ءَائِبُوْنَ تَائِبُوْنَ  عَابِدُوْنَ سَاجِدُوْنَ لِرَبِّنَا حَامِدُوْنَ. صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الْأحْزَابَ وَحْدَهُ

Allohu-akbar, Allohu-akbar, Allohu-akbar. La-ialaha ilallohu wahdahu lasyarikalah, lahul-mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kuli syai-ing qodir. A-ibuna, ta-ibuna ‘abiduna, sajiduna, lirobina hamidun. Sodaqo wa’dah, wanasoro ‘abdah, wahazamal ahzaba wahdah.

Baca Juga :  √ Fardhunya Mandi Besar-Fiqih Fathul Qorib Madzhab Syafi’i

Artinya: Allah Maha Besar 3x. Tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, Tidadak ada sekutu bagiNya, milikNya segala kerajaan dan milikNya semua pujian dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Semoga kami termasuk orang-orang yang kembali, orang ahli taubat, ahli ibadah, ahli sujud dan kepada Allah kami semu memuji, benar janjiNya, menolong hambaNya dan menghancurkan sendiri musuh-musuh-Nya.

Demikian ulasan ringkas tentang : Ibadah Sunah Di Musim Haji, Do’a Arab Latin & Terjemah VII  Semoga dapat memberikan manfaat untuk calon Jama’ah Haji. Kami Duta Dakwah Mengucapkan Terimakasih atas Kunjungannya. Jazakumullahu Khoiran Katsiro.

بِاللهِ التَّوْفِيْقُ وَالْهِدَايَةُ و الرِّضَا وَالْعِنَايَةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ