Doa Menyambut Bayi Yang Baru Lahir Beserta Artinya Lengkap

Doa Menyambut Bayi Yang Baru Lahir Beserta Artinya Lengkap – Dalam Islam setiap kita melakukan hal apapun pasti diawali dengan doa. Begitu juga dengan menyambut bayi yang baru lahir, kelahiran sang buah hati adalah anugrah sekaligus amanah yang diberikan oleh Allah SWT kepada setiap orang tua. Setiap orang tua pasti menantikan kelahiran sang buah hati, lahirnya sang buah hati ke dunia juga salah satu penguat ikatan berumah tangga.

Dalam Islam kewajiban orang tua pertama kalinya saat sang anak lahir adalah mengumandangkan adzan dan melafalkan iqomah, dan sebaiknya itu dilakukan oleh ayahnya atau wali dari laki-lakinya. Untuk adzan dikumandangkan di telinga kanan, dan untuk iqomat dilafalkan di telinga kiri.

Hal tersebut bertujuan agar kalimat yang pertama kali di dengar adalah kalimat toyyibah, yakni kalimat yang mengagungkan nama Allah SWT, bahwa Allah SWT Maha Besar. Si buah hati tersebut diingatkan pada kesaksian pertamanya saat ia masih dalam ruh ketika ia pertama kali diciptakan serta si anak dituntun untuk bersyahadat.

Nah pada kesempatan kali ini, Dutadakwah akan membahas mengenai doa menyambut bayi yang baru lahir, untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Doa Menyambut Bayi Yang Baru Lahir Beserta Artinya Lengkap

Doa Untuk Bayi Yang Baru Saja Lahir

Setelah si anak lahir dan di adzan serta diiqamahkan, barulah dilanjutkan dengan membaca doa sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْهُ بَارًّا تَقِيًّا رَشِيْدًا وَأَنْبِتْهُ فِي الْإِسْلَامِ نَبَاتًا حَسَنًا

Allaahummaj ‘alhu baarran taqiyyan rasyiidan wa-anbit-hu fil islaami nabaatan hasanan

Baca Juga :  √ Bacaan Ziarah Di Kuburan Almarhum Ayah Singkat (Indonesia)

Artinya : “Ya Allah, jadikanlah ia (bayi) orang yang baik, bertakwa, dan cerdas. Tumbuhkanlah ia dalam islam dengan pertumbuhan yang baik.”

Setelah membaca doa diatas, dilanjutkan membaca surat Al-Ikhlas ditelinga bayi sebelah kanan, kemudian surat Al-Qadr di telinga bayi sebelah kanan, dan membaca surat Al-Imran ayat 36 di telinga sebelah kanan bayi.

وَإِنّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Wa innii u’iidzu bika wadzurriyyatahaa minasysyaithaanir rajiim

Artinya : “Aku memohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari pada setan yang terkutuk.” (QS Ali Imran :36)

Doa Menyambut Bayi Yang Baru Lahir Beserta Artinya Lengkap
Doa Menyambut Bayi Yang Baru Lahir Beserta Artinya Lengkap

Setelah membaca ayat-ayat diatas, dapat dilanjutkan dengan membaca doa sebagai berikut di sebelah kanan.

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَآمَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَآمَّةٍ

A’uudzu bikalimatillaahi at-taammati min kulli syaithaanin wa haammatin wamin kulli ‘ainin lâmmatin

Artinya : “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah dari segala setan, kesusahan, dan pandangan yang jahat.”

Nah itulah tadi penjelasan mengenai Doa Menyambut Bayi Yang Baru Lahir Beserta Artinya Lengkap. Semoga kita dikaruniai bayi yang sehat sempurna, sholeh shalihah, yang bertaqwa dan cerdas. Aamiin. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

Doa Menyambut Bayi Yang Baru Lahir Beserta Artinya Lengkap
5 (100%) 11 vote[s]