√ Bacaan Doa Sebelum & Sesudah Makan Arabic Indonesia Lengkap

Bacaan Doa Sebelum & Sesudah Makan Arabic Indonesia LengkapDoa merupakan senjata bagi orang Mukmin oleha karenanya Kali ini Duta Dakawah akan menyampaikan Materi Doa Sebelum dan sesudah makan kami tulis dengn tulisan Arabic dan Indonesia.

Bacaan Doa Sebelum & Sesudah Makan Arabic Indonesia Lengkap

Ulasan Materi ini akan kami bahas secara singkat, sederhana dan spesifik, unntuk lebih jelasnya sebaiknya ikut ulasan kami berikut ini.

Mukodimah

بسم الله الرّحمن الرّحيم  السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ ، وَلَا عُدْوَانَ إِلَّا عَلَى الظَّالِـمِيْنَ ؛ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيْنَ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، أَمَّا بَعْدُ

Segala Puji Bagi Allah, shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi besar Muhammad s.a.w. Saudaraku Muslimin Muslimat A’Azzaniyallahu wa iyyakum ajma’in Amiin. Baiklah kita simak bersam uaraian tentang doa yang singkat ini.

Doa Sebelum Makan

Agar kita mandapatkan keberkahan dalam rizki yang Allah anugerahkan kepada kita dan juga diselamatkan dari api neraka, maka sangat baik setiap kita mau makan sebelumnya kita usahakan membaca doa dulu.

Pada waktu kita masih kecil, kedua orang tua kita selalu mengajarkan kita berdoa setiap mau makan dan sesudah selesai makan, demikian itu merupakan hala sangat penting dan sangat positif untuk mematrikan kebiasaan berdoa terhadap anak-anak kita sejak dini. Lebih dari itu bahkan kelak dewasa ia akan terbiasa untuk senantiasa berdoa dalam setiap aktivitasnya.

Baca Juga :  √ Bacaan Sholawat Nariyah Arab, Latin, Terjemah & Keutamaannya

Tidak heran kalau banyak anak usia dini sudah mampu menghafal macam-macam doa karena memang sudah terlatih oleh orang tuanya, baik mau makan, sesudah makan, mau tidur dan bangun tidur, sehingganya ia akan merasa ada ganjalan jika melakukan sesuatu yang tidak diiringi dengan doa.

Adapun bacaan Doa sebelum makan adalah sebagai berikut:

Doa Sebelum Makan Tulisan Arab

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ * بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ *   اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Doa Sebelum Makan Tulisan Indonesia

A’udzubillahi minas-Syaithonir-Rojiim, Bismillahir-Rhmanir-Rohiim, “Alloohumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannar”

Terjemah Doa Sebelum Makan:

Artinya: Aku berlindung kepada Allag dari godaan syaetan yang terkutuk, Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, “Ya Allah, berkahilah kepada kami dalam rizki yang telah Engkau berikan kepada kami dan jagalah kami dari siksa api neraka”.

Dengan membaca doa tersebut maka kita akan mendapatkan perlindungan Allah dari godaan syetan, mendapat keberkaahan makan yang kita makan dengan rahmat Allah, mendapat keberkahan rizki dan allah akan menyelamatkan kita dari api neraka. Selain itu pula adalah merupakan tan syukur kita kepada yang telah memberikan rizki yakni Allah SWT.

Oleh karena itu kita sebagai orang beriman setidaknya jangan sampai lupa baca basmalah setiap kita hendak makan, apapun yang kita makan.

Jika kita terlupa atau memang lupa membaca basmalah di awal sebelum makan, maka bacalah basmalah pada pertengahan makan dengan ucapan sebagai berikut:

Bacaan Basmalah di Pertengahan Tulisan Arab:

بِسْمِ اللهِ أَوَّلَهُ وَأَخِيْرَهُ

Bacaan Basmalah di Pertengahan Tulisan Indonesia:

Bismalahi Awalahu wa Akhirohu

Artinya: Dengan menyebut nama Allah diermulaannya dan pada akhirnya

Dan apabila kita sudah selesai makan, maka baca juga doa sesudah makan sebagai tanda syukur kita kepada Allah dan pujian kita kepada-Nya yang telah memberi makan dan minum kepada kita

Baca Juga :  √ Doa Sholat Dhuha, Niat, Tata Cara, Arabic, Indonesia Lengkap

Bacaan Doa Sesudah Makan & Minum Arabic.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Bacaan Doa Sesudah Makan & Minum Indonesia.

“Alhamdu lillaahil ladziy ath’amanaa wa saqonaa wa ja’alnaa muslimiin”

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah member makan kepada kami, telah member minum kami dan telah menjadikan kami orang-orang muslim.

Atau ada juga bacaann Doa sebagai berikut:

Bacaan Doa Sesudah Makan Arabic.

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى أَطْعَمَنِى هَذَا وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَ قُوَّةٍ

Bacaan Doa Sesudah Makan Indonesia

“Alhamdu lillaahil ladziy Ath’amaniy hadza, wa rozaqoniyhi min ghoiri haulin miniy wa la quwwah.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi aku makanan ini, dan member rizki kepadaku tanpa daya serta kekuatan dariku”

Hadits Tentang Bacaan Doa Sesudah Makan

Dari Sahal bin Mu’adz, dari ayahnya ia berkata, Rasulullah SAW bersabda:

 مَنْ أَكَلَ طَعَامًا فَقَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى أَطْعَمَنِى هَذَا وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَ قُوَّةٍ. غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ،  * صحيح أبي داود الصفحة أو الرقم: 4023

“Barang siapa yang makan makanan kemudian mengucapkan: “Alhamdulillaahilladzii ath’amanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri haulin minnii wa laa quwwatin” (Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makanan ini, dan merizkikan kepadaku tanpa daya serta kekuatan dariku), maka diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Abu Daud no. 4023, )

Atau dengan Doa Sesudah Makan seperti berikut:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي كَفَانَا وَأَرْوَانَا غَيْرَ مَكْفِيٍّ وَلاَ مَكْفُورٍ

“ALHAMDULILLAHILADZIY KAFAANAA WA ARWANAA GHOIRO MAKFIYIN WA LAA MAKFUURIN”

Artinya: “Segala puji milik Allah yang telah memberi kecukupan kepada kami dan menghilangkan rasa haus kepada kami, bukan nikmat yang tidak dianggap atau dikufuri”

Atau dengan Doa ini :

Baca Juga :  7 Cara Menjauhi Sifat Munafik Dalam Islam Lengkap

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّنَا غَيْرَ مَكْفِيٍّ وَلَا مُوَدَّعٍ وَلَا مُسْتَغْنًى رَبَّنَا

“ALHAMDULILLAHI ROBBINAA GHOIRO MAKFIYIN WA LAA MUWADDA’IN WA LAA MUSTAGHNAN ROBBANAA”

Artinya: “Segala bagi Allah Rabb kami, bukan pujian yang tidak dianggap dan tidak dibutuhkan oleh tuhan kami”

Bacaan Doa Sebelum & Sesudah Makan Arabic Indonesia
Bacaan Doa Sebelum & Sesudah Makan Arabic Indonesia

Sebagaimana diterangkan dalam hadis sahih riwayat al-Bukhari, doa sesudah makan yang sah dari Nabi Saw adalah sebagai berikut:

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا فَرَغَ مِنْ طَعَامِهِ وَقَالَ مَرَّةً إِذَا رَفَعَ مَائِدَتَهُ قَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي كَفَانَا وَأَرْوَانَا غَيْرَ مَكْفِيٍّ وَلاَ مَكْفُورٍ وَقَالَ مَرَّةً الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّنَا غَيْرَ مَكْفِيٍّ وَلَا مُوَدَّعٍ وَلَا مُسْتَغْنًى رَبَّنَا

Dari Abu Umamah bahwa Nabi SAW jika selesai dari makan, sekali waktu dengan lafadz, ‘jika mengangkat lambungnya, beliau mengucapkan: “ALHAMDULILLAHILADZIY KAFANAA WA ARWANAA GHOIRA MAKFIYIN WA LAA MAKFUURIN (Segala puji bagi Allah yang telah memberi kecukupan kepada  kami dan menghilangkan rasa haus, bukan nikmat yang tidak dianggap atau dikufuri) ‘, dilain waktu dengan lafadz, ‘ALHAMDULILLAHI ROBBINAA GHOIRO MAKFIYIN WA LAA MUWADDA’IN WA LAA MUSTAGHNAN ROBBANAA (Segala puji bagi Allah tuhan kami, bukan pujian yang tidak dianggap dan tidak dibutuhkan oleh tuhan) ‘.” (HR. Al-Bukhari No. 5038)

Dan masih banyak lagi do’a-do’a yang semisal, In Syaa Allah semua do’a yang dipanjatkan kepada Allah itu baik silahkan antum pilih saja.

Demikianlan Materi ini kami nsampaikan tentang: Bacaan Doa Sebelum & Sesudah Makan Arabic Indonesia Lengkap  Terimakasih atas kunjungannya semoga manfa’at.

بِاللهِ التَّوْفِيْقُ وَالْهِدَايَةُ و الرِّضَا وَالْعِنَايَةُ ثُمَّ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ