√ Pengertian Sujud, Macam, Doa, & Tata Caranya (Bahas Lengkap)

Pengertian Sujud, Macam, Doa, & Tata Caranya (Bahas Lengkap) – Sujud merupakan salah satu gerakan yang ada dalam shalat. Namun tahukah kalian bahwasanya ada beberapa macam sujud yang telah disyariatkan dalam Islam., yang pada hakikatnya adalah untuk bersujud kepada Allah SWT.

Sujud tidak hanya sekedar membungkukkan punggung atau menyungkurkan dahi semata, akan tetapi merupakan sebagai bentuk pengakuan dalam hati bahwa diri kita bukanlah siapa-siapa tanpa Allah SWT. Kita sebagai hamba hanyalah manusia yang lemah dan hina dihadapan Allah SWT, Allah lah Dzat yang Maha Besar dan Tiada Terbatas Kekuasaan-Nya.

Dalam Islam, ada beragam sujud yang telah disyariatkan, beberapa diantaranya adalah sujud dalam shalat yang hukumnya adalah wajib, kemudian sujud syukur yakni sujud yang dilakukan apabila kita telah diberikan kenikmatan, sujud sahwi yakni apabila kita lupa dalam melakukan gerakan dalam shalat, dan sujud tilawah yaitu apabila kita mendengar ayat-ayat sajdah.

Pengertian Sujud, Macam, Doa, & Tata Caranya (Bahas Lengkap)

Kali ini Dutadakwah akan membahas mengenai sujud, yang mecakup macamnya, tata cara dan juga penjelasannya. Untuk mengetahuinya langsung saja yuk kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Sujud

Kata Sujud di dalam al-qur’an bacaannya telah diulang hingga puluhan kali Sujud adalah merupakan bentuk pengambilan dari bahasa arab. Kata tersebut adalah kata-kata yang sudah. Kata sujud dalam bahasa arab berasal dari Kalimat : ( سَجَدَ يَسْجُدُ سُجُوْدَا مَسْجَدًا سَجْدَةً سِجْدَةً فَهُوَ سَاجِدُ )  Kata tersebut mempunyai arti “1. berlutut serta meletakkan dahi ke lantai (misalnya pada waktu salat); 2 pernyataan hormat dengan berlutut serta menundukkan kepala sampai ke tanah” Itulah yang dimaksud dengan Pengertian sujud.

Baca Juga :  √ 11 Do'a Rasulullah Saw Untuk Diamalkan Setiap Hari (Lengkap)

Macam-Macam Sujud

Adapun macam-macam sujud adalah sebagai berikut:

Sujud dalam Shalat

Sujud dalam shalat adalah serangkaian yang ada dalam gerakan shalat dan hukummnya adalah wajib. Adapun bacaan sujud dalam shalat adalah

سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ

Artinya: “Maha Suci Allah Dzat yang tidak tidur dan Dzat yang tidak lupa“.

Sujud Syukur

Sujud syukur adalah sujud yang dilakukan dan disyariatkan kepada kita saat memperoleh sebuah kenikmatan dari Allah SWT atau selamat dari suatu bencana dan juga musibah. Adapun sujud syukur yang dilakukan diluar shalat dapat dilakukan sekali sujud saja.

Doa sujud syukur adalah

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَلَاإِلٰهَ إِلَّااللهُ وَاللهُ اَكْبَرْ وَلَاحَوْلَ وَلَا قُوَةَإِلَابِااللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْم

Artinya: “Maha suci Allah dan segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah. Allah maha besar dan tiada kekuatan serta daya upaya kecuali atas izin Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung“.

Tata Cara Sujud Syukur

  • Berdiri menghadap kiblat
  • Niat untuk melakukan sujud syukur
  • Takbiratul ihram dengan membaca (Allahuakbar)
  • Kemudian sujud satu kali dan membaca doa diatas
  • Duduk sejenak
  • Kemudian diakhiri dengan salam

Sujud Tilawah

Sujud tilawah merupakan sujud yang dilakukan saat kita membaca atau mendengarkan ayat sajdah, baik dalam shalat maupun diluar shalat.

Do’a sujud tilawah

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ فَتَبَا رَكَ اللهُ اَحْسَنُ الْخَالِقِيْنَ

Artinya:”Wajahku bersujud kepada Penciptanya, yang Membentuknya, yang Membentuk pendengaran dan penglihatannya. Maha Suci Allah Sebaik-baik Pencipta.”

Tata Cara Sujud Tilawah

Menurut Imam Syafi’i apabila kita melakukan sujud tilawah diluar shalat maka diawali dengan takbiratul ihram, lalu sujud dengan membaca do’a diatas, kemudian duduk, lalu salam.

Baca Juga :  √ Lailatul Qadr, Keutamaan, Sholat, Do'a & Dalilnya (Lengkap)

Namun jika membaca Al-Qur’an di dalam atau diluar shalat, atau mendengar ayat sajdah diluar shalat, maka bertakbirlah dan sujudlah dan membaca doa sajdah ketika sujud. Namun jika seseorang dalam keadaan shalat setelah membaca atau mendengar ayat sajdah, maka ia dapat langsung bertakbir tanpa mengangkat tangan kemudian turun dan bersujud satu kali dengan membaca doa sajdah diatas.

Bila ayat sajdah dibaca di tengah surat maka ia kembali melanjutkan bacaan suratnya hingga selesai dan ruku’. Tapi apabila ayat sajdah yang tadi dibaca berada di akhir surat, maka setelah bangun dari sujud tilawah, ia sejenak berdiri atau membaca sedikit ayat dari surat lain. Kemudian diteruskan dengan ruku’ dan seterusnya.

Catatan: Jika kita sebagai makmum mendengar ayat sajdah, maka kita mengikuti imam. Namun jika imam melakukan sujud tilawah maka kita ikuti.

Pengertian Sujud, Macam, Doa, & Tata Caranya

Sujud Sahwi

Sujud sahwi merupakan sujud yang dilakukan ketika seseorang lupa melakukan rukun shalat atau ab’ad shalat (qunut dan tasyahud awal) atau merasa ragu. Sebagaimana dalam sebuah hadits Rasulullah Saw bersabda yang artinya:

“Apabila seseorang diantara kamu ragu dalam shalat , apakah ia sudah mengerjakan tiga atau empat rakaat, maka hendaklah dihilangkan keraguan itu dan teruskan shalatnya menurut yang diyakini kemudian hendaklah sujud dua kali sebelum salam.” ( HR.Ahmad dan Muslim )

Adapun doa sujud sahwi:

سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو

Artinya: “Maha Suci Allah Dzat yang tidak tidur dan Dzat yang tidak lupa“.

Tata Cara Sujud Sahwi

Sujud sahwi dilakukan pada tasyahud akhir sebelum salam dengan dua kali sujud, disertai duduk diantara dua sujud.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Sujud, Macam, Doa, & Tata Caranya (Bahas Lengkap) Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂

Baca Juga :  √ Sholat Lailatul Qadar, Dalil Doa, Praktek Arab, Indonesia