√ Pengertian Mukjizat, Karomah, Maunah, Irhas, Contoh & Dalilnya

Pengertian Mukjizat, Karomah, Maunah, Irhas, Contoh & Dalilnya – Istilah mukjizat mungkin bagi kita bukan hal yang asing, mukjizat adalah kejadian luar biasa yang mendapatkan sesuatu yang luar biasa dari Allah SWT. Namun kita tidak boleh keliru untuk membedakan mana yang dinamakan mukjizat, karomah, maunah, dan irhas.

Pengertian Mukjizat, Karomah, Maunah, Irhas, Contoh & Dalilnya

Nah pada kesempatan kali ini Dutadakwah akan membahas mengenai pengertian mukjizat, karomah, maunah dan juga irhas. Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Mukjizat

Secara bahasa, mukjizat merupakan sesuatu yang melemahkan atau mengalahkan. Adapun menurut istilah adalah suatu kejadian yang luar biasa yang terjadi pada diri Nabi dan Rasul Allah SWT dalam rangka untuk membuktikan bahwa dirinya adalah seorang nabi dan rasul.

Mukjizat adalah suatu kejadian luar biasa yang tidak dapat diterima dengan akal manusia serta tidak dimiliki oleh siapapun karena Allah SWT hanya memberikannya sebagai kelebihan kepada para utusan-Nya sebagai pembuktian kebenaran atas kenabian dan kerasulannya.

Ciri-Ciri Mukjizat

  • Berasal dari Allah SWT
  • Kejadian luar biasa yang diluar nalar manusia
  • Terjadi secara tiba-tiba
  • Terjadi pada diri seorang Nabi dan Rasul
  • Sebagai bukti kebesaran Allah SWT
  • Berfungsi untuk melemahkan hujjah atau sanggahan bagi orang-orang kafir yang mengingkarinya.

Contoh Mukjizat

  • Nabi Ibrahim as. yakni  saat dibakar oleh raja Namrud. Api yang panas berubah menjadi dingin.
  • Nabi Musa as. yakni dapat membelah laut merah dengan memukulkan tongkatnya diatas air laut.
  • Nabi Sulaiman as.yakni dapat memahami serta berbicara bahasa hewan, menguasai bangsa jin, menundukkan angin.
  • Nabi Isa as. yakni bisa menghidupkan orang yang sudah meninggal atas izin Allah, dapat menyembuhkan orang buta dan penyakit kusta.
  • Nabi Muhammad SAW. yakni dapat membelah bulan menjadi dua bagian, sehingga terlihat dari semua negara ketika peristiwa itu terjadi, bisa mengeluarkan air dari celah-celah jarinya, peristiwa isra’ mi’raj dalam waktu singkat (semalam).
Baca Juga :  Hal Yang Sangat Penting Dalam Tauhid

Pengertian Karomah

Karomah secara bahasa berarti kemuliaan, kehormatan dan anugerah. Sedangkan menurut istilah adalah kejadian luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT kepada para Waliyullah yakni hamba Allah SWT yang sholeh dan taat kepada-Nya.

Contoh Karomah

Suatu kejadian yang dialami oleh Sa’ad bin Abi Waqqash yaitu doanya yang selalu dikabulkan oleh Allah SWT. Sama juga dengan Amir bin Fuhairah saat wafat, jasadnya diangkat oleh para malaikat dan disaksikan oleh sahabatnya Amir bin Thufail, Maryam binti Imran ra. yang selalu memperoleh makanan di mihrab. Sedangkan maryam tidak pernah keluar dari Mihrab. Sebagaimana dalam Al-qur’an surat Al-Imran ayat 37

فَتَقَبَّلَهَا رَبُّهَا بِقَبُولٍ حَسَنٍ وَأَنْبَتَهَا نَبَاتًا حَسَنًا وَكَفَّلَهَا زَكَرِيَّا ۖ كُلَّمَا دَخَلَ عَلَيْهَا زَكَرِيَّا الْمِحْرَابَ وَجَدَ عِنْدَهَا رِزْقًا ۖ قَالَ يَا مَرْيَمُ أَنَّىٰ لَكِ هَٰذَا ۖ قَالَتْ هُوَ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ ۖ إِنَّ اللَّهَ يَرْزُقُ مَنْ يَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Artinya: “Maka Tuhannya menerimanya (sebagai nazar) dengan penerimaan yang baik, dan mendidiknya dengan pendidikan yang baik dan Allah menjadikan Zakariya pemeliharanya. Setiap Zakariya masuk untuk menemui Maryam di mihrab, ia dapati makanan di sisinya. Zakariya berkata: “Hai Maryam dari mana kamu memperoleh (makanan) ini?” Maryam menjawab: “Makanan itu dari sisi Allah”. Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab.”

Pengertian Maunah

Menurut bahasa, maunah berarti pertolongan. Sedangkan menurut istilah adalah suatu kemampuan yang diberikan oleh Allah SWT kepada seorang mukmin untuk mengatasi kesulitan dalam hidupnya. Maunah ini Allah berikan kepada siapapun yang Ia kehendaki-Nya. Baik itu nabi, para wali ataupun manusia biasa.

Contoh Maunah

Pertolongan Allah yang diberikan kepada sekumpulan orang  yang selamat dari bencana alam, dan pada saat itu vila yang tempatnya di pantai anyer selamat, mereka sedang membaca menghafal Al-Qur’an. Padahal disekelilingnya semua sudah hancur terbawa air.

Baca Juga :  √ Pengertian Aqidah Akhlak, Dasar dan Tujuannya (Lengkap)

Pengertian Irhas

Irhas merupakan suatu kejadian luar biasa atau istimewa yang terjadi pada diri calon nabi atau rasul ketika masih kecil.

Contoh Irhas

Pengertian Mukjizat, Karomah, Maunah, Irhas Beserta Contoh & Dalilnya
Pengertian Mukjizat, Karomah, Maunah, Irhas Beserta Contoh & Dalilnya

Irhas yang diberikan kepada nabi Isa As, yang ketika Beliau masih bayi dapat berbicara kepada orang-orang yang melecehkan ibunya. Begitu juga dengan kejadian yang terjadi pada Nabi Muhammad Saw ketika beliau masih kecil dan sedang bermain dengan saudara sepersepupuannya, ada dua malaikat yang mendatanginya, kemudian malaikat membelah dada Nabi Muhammad Saw untuk membersihkan hatinya dari segala kotoran hati.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai Pengertian Mukjizat, Karomah, Maunah, Irhas, Contoh & Dalilnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂