√ Kisah Nabi Luth As Dan Turunnya Azab Untuk Kaum Sodom

Posted on

Kisah Nabi Luth As Dan Turunnya Azab Untuk Kaum Sodom – Pada kesempatan ini Duta Dakwah akan menceritakan tentang Kisah Nabi Luth AS. Yang mana dalam pembahasan kali ini  menjelaskan tentang perjuangan Nabi Luth As dalam menyebarkan agama islam di tengah-tengah kaum yang menolak ajaran Allah. Dan turunnya azab bagi kaum sodom. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel berikut ini.

Kisah Nabi Luth As Dan Turunnya Azab Untuk Kaum Sodom

Dalam kitab suci Alquran, kisah Nabi Luth AS sudah di paparkan dengan jelas oleh Allah di beberapa surah. antara lain adalah surat Al A’raaf ayat 80-84, surat Hud ayat 69-83, Surat Al Hijr ayat 51-77, Surat Asy Syu’araa’ ayat 160-175, Surat An Naml ayat 54-58, Surat Al ‘Ankabut ayat 28-35, Surat Ash Shaaffaat ayat 133-138, Surat Adz Dzaariyat ayat 31-37, dan Surat Al Qamar ayat 33-40.

Kisah-kisah Nabi luth as yang telah di jelaskan dalam Alquran tadi, telah kami rangkum dengan sesingkat-singkatnya. Supaya kita mudah mempelajari moral dan kesabaran nabi luth as dalam berdakwah di kaum sodom.

Sepintas tentang Nabi Luth AS

Nabi Luth as adalah keponakan dari nabi Ibrahim AS, dan nama ayahnya adalah Haran bin Azar dan memiliki saudara kembar yang bernama Nahor. Garis keturunan tersebut masih ada hubungannya dengan Syam, karena ia adalah salah satu anak laki-laki Nabi Nuh AS.

Baca Juga :  √ 5 Perang Islam Terbesar Beserta Sejarahnya (Lengkap)

Nabi Luth sendiri memiliki seorang istri yang bernama Waliah dan di karuniai dua anak yang di beri nama Raitsa dan Zaghrata. Mereka tinggal di sebuah daerah yang terkenal dengan sebutan sodom, Kini daerah tersebut lebih dikenal  dengan sebutan Yordania.

Sebelumnya, nabi luth as dan istri juga anak-anaknya pernah tinggal di Kanaan. Namun karena profesinya sebagai peternak dan penggembala domba membuatnya nabi lut dan keluarganya memilih untuk tinggal di daerah Sodom.

Loading...

Karena, masih banyak lahan kosong dan subur yang berada di tepi Sungai Yordania. Di sela-sela waktunya, nabi Luth as masih sempat meluangkan waktunya untuk berdakwah di kota tersebut, sampai ke tanah Amora (Gomorrah dalam Injil dan bahasa Ibrani) yang bertempat tidak jauh dari tepi sungai tersebut.

Kebiasaan Buruk Kaum Sodom

Daerah atau kota Sodom adalah salah satu tempat Pentapolis di sekitar sungai Yordania pada waktu itu. Kota ini beraliansi dengan Amorah, Zoara, Admah, dan Zeboiim dalam bidang perdagangan dan kebudayaan.

Karena itu, masyarakat di tempat ini memiliki kondisi ekonomi, dan mata pencaharian, yang sangat elastis dalam mengembangkan usahanya, dan juga tidak beda jauh dengan kebiasaan kebiasaan yang di lakukan oleh para penduduk kota sodom.

Kota Sodom merupakan salah satu kota yang memiliki penduduk yang ekonominya sangat maju. Dan Mayoritas masyarakatnya  di sini hidup dengan mengandalkan beternak, bertani, dan berdagang. Karena tanahnya yang subur, sehingga membuat hasil panennya pun sangat luar biasa bagusnya.

Meskipun diberkahi tanah yang subur dan kehidupan yang serba makmur, akan tetapi para penduduk Sodom dengan watak yang serakah dan tidak mau mensyukuri apa yang telah di titipkan kepadanya dan banyak berbuat dosa. Bahkan Mereka selalu bermain judi, merampas, mabuk-mabukan dan berhubungan seks antar sesama jenis.

Baca Juga :  √ Kisah Nabi Shaleh As Saat Berdakwah Kepada Kaum Tsamud

Lebih lebih, mereka tidak hanya berhubungan dengan sesama jenis, melainkan berhubungan dengan hewan.

Kisah Nabi Luth AS Berdakwah di kalangan Kaum Sodom

Karena kebiasaan buruk yang di lakukan oleh para kaum Sodom yang telah menyalahi kodrat yang sudah di tentukan oleh allah,  maka Allah memerintahkan seorang utusan untuk berdakwah kepada mereka supaya kembali ke jalan yang benar dan di ridhoi oleh allah.

Nabi Luth as di utus oleh allah supaya memberi pelajaran moral, dan mengangkat derajat mereka. Mungkin ini tugas yang sangat berat untuk nabi luth, karena berdakwah di tengah-tengah kaum sodom, akan tetapi nabi Luth as tetap menjalan perintah tersebut.

Namun untuk merubah semua kebiasaan yang sudah menjadi turun-temurun sangatlah sulit bagi kaum sodom. Nabi Luth as selalu mendapat penolakan dan perlawanan dari seluruh penduduk kota sodom, baik berdakwah secara terang-terangan ataupun dengan cara sembunyi-sembunyi semua upaya nabi luth selalu saja digagalkan.

Kisah Nabi Luth As Dan Turunnya Azab Untuk Kaum Sodom

Kisah Nabi Luth AS Didatangi Malaikat

Pada suatu hari Allah memerintahkan tiga malaikat untuk turun ke bumi untuk  membawa sebuah kabar baik dan sebuah kabar buruk untuk nabi luth as. Menurut kisah dalam Alquran, ketiga malaikat itu turun ke bumi dengan menyamar sebagai tiga orang pemuda yang sangat tampan. Pertama, para malaikat tersebut mendatangi kota Kanaan, yakni tempat nabi Ibrahim tinggal.

Nabi Ibrahim dan keluarganya pun menjamu tamu mereka dengan baik. Para malaikat yang menyamar itu lalu bercerita bahwa mereka diutus oleh allah untuk memberitahu jika nabi Ibrahim akan dikaruniai seorang putra yang kelak menjadi nabi allah, yaitu Ishak AS. Para malaikat juga bercerita akan di turunkan azab untuk para kaum Sodom.

Baca Juga :  √ Kisah Nabi Adam Alaihissalam dan Diusir Iblis Dari Surga

Mendengar kabar tersebut, nabi Ibrahim pun bersedih dan kemudian bertanya, “Bagaimana dengan nasib Luth?” Para malaikat pun menjawabnya, sesungguhnya azab tersebut di turunkan untuk para kaum sodom yang suka melakukan maksiat.

Kemudian setelah menemui nabi ibrahim, para malaikat pun pergi menuju Kota Sodom untuk menemui nabi Luth as. Karena penyamarannya, tidak sedikit dari kaum Sodom yang tertarik dengan mereka. Sampai akhirnya para malaikat pun sampai ke rumah nabi Luth AS.

Karena Merasa  mempunyai tanggung jawab atas keselamatan tamunya, Nabi Luth  pun kemudian meminta mereka segera masuk dan tinggal di dalam agar aman. Kemudian nabi luth pun berpesan kepada anak-anak dan istrinya untuk merahasiakan keberadaan tamunya.

Namun Sayangnya, kabar bahwa daerahnya kedatangan para pemuda tampan sudah tersebar ke seluruh kota. Ditambah lagi, dengan istri nabi Luth as yang telah membocorkan rahasia keberadaan tamu-tamu tampan tersebut. Karena tergoda dengan suapan emas. Lalu warga yang penasaran pun berkumpul beramai-ramai mendatangi rumah Nabi Luth as dan memaksa untuk masuk.

Sadar jika tamunya dalam bahaya, nabi Luth pun segera mengunci rapat-rapat dan membuat barikade di pintunya, agar semua yang datang tidak bisa masuk. Nabi luth juga menahan pintu rumahnya sambil berteriak menasihati orang-orang yang memaksa masuk karena nafsunya.

Demikianlah mengenai Kisah Nabi Luth As Dan Turunnya Azab Untuk Kaum Sodom. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita. Terima kasih.