Doa Untuk Ibu Hamil Bacaan Arab, Latin dan Artinya

Posted on

Doa Untuk Ibu Hamil Bacaan Arab, Latin dan Artinya – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Doa untuk Ibu Hamil. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan doa untuk ibu hamil baik bacaan arab, latin dan artinya dengan secara singkat dan lengkap. Untuk lebih jelasnya simak artikel Duta Dakwah mengenai Doa untuk Ibu Hamil berikut ini.

Doa Untuk Ibu Hamil Bacaan Arab, Latin dan Artinya

Hamil adalah suatu anugerah terindah bagi seorang wanita setelah menikah. Sebab dengan kehamilan ini membuat fase berikutnya setelah menjalani pernikahan.

Dengan menjadi ibu hamil yang mana merupakan suatu keinginan dan harapan seorang ibu. Begitu pula dengan sang suami, ia akan sangat berbahagia saat mengetahui bahwa istinya telah hamil.

Namun begitu selama masa kehamilan, sang ibu yang sedang hamil tentu akan mengalami mual, pusing, berbagai rasa tidak enak serta pegal-pegal. Dengan hal yang demikian itu tentu akan membuat perasaan bahagia dan cemas becampur menjadi satu.

Bagian sebab tidak lama lagi akan bertemu dengan hadir lucunya buah hati. Sementara cemas yang dirasakan sebab dengan adanya begitu banyak perjuangan yang harus dilalui saat persalinan. Tidak heran, doa untuk ibu hami selalu terus dipanjatkan.

Beruntungnya, Islam datang dengan ajaran sempurna yang  membuat kebaikan janin dalam kadungan. Ada berbagai macam doa yang dapat kita panjatkan.

Semua itu berisikan pemohonan keselamatan, keebaikan, keselamatan dan hadirnya keturunan yang sholeh taat kepada Allah SWT.

Doa Untuk Ibu Hamil

Doa Untuk Ibu Hamil Bacaan Arab, Latin dan Artinya

Sebetulnya tak ada doa tertentu yang diperuntukan untuk ibu hamil. Namun dengan mengamalkan amalan yang baik yakni dengan membaca beberapa doa yang dianjurkan bagi ibu hamil akan dapat memberi banyak manfaat kepadanya.

Baca Juga :  Doa Tolak Bala (Arab Latin) Beserta Terjemahan Yang Harus Diketahui

Hal ini supaya sang ibu memperoleh ketenangan hati dan ibu serta janin akan senantiasa berada dalam pelindungan Allah selama masa kehamilan.

Ibu hamil atau suami yang istrinya sedang hamil, dianjurkan memanjatkan doa ibu hamil agar janin dalam kandungannya sehat.

Saat memasuki usia 1-4 bulan janin yang berada dalam kandungan masuhlah dalam bentuk alaqah (segumpal darah). Dalam fase ini ziqot tumbuh membesar dan hanya membentuk beberapa sel.

Kemudin memasuki usia 4 bulan janin akan menjadi segumpal daging atau mudghah. Dalam keterangan hadist disebutkan bahwa pada usia tersebut Allah akan meniupkan ruh pada janin.

Dimana Allah juga sudah menetapkan kepadanya 4 hal, yakni:

  • Rejeki
  • Ajal
  • Amal perbuatan
  • Kebahagiaan atau kesengsaraan selama hidupnya nanti

Oleh karena itu supaya anak yang ada dalam kandungan dalam keadaan sehat dan terbebas dari godaan setan, maka ibu yang sedang hamil dianjurkan supaya rutin membaca doa untuk ibu hamil.

Berikut ini beberapa bacaan yang bisa dilakukan oleh wanita yang sedang hamil.

Membaca Surat Yasin

Dengan membaca surat Yasin tiap selesai sholat maghrib, dimana keutamaan dari membaca surat Yasiin yaitu agar Anda terjaga kesehatannya.

Surat yasiin juga memiliki berbagai keutamaan yng sangat luar biasa bagi yang membaca dan mengamalkannya. Tidak terkecuali ibu hamil yang sngat dianjurkan untuk membaca surat ini pada tiap kesempatan.

Keadaan janin akan dijauhkan dari godaan setan dan kejahatan manusia dan buah hati kelak akan menjadi pribadi yang tenang hatinya. Sebab salah satu manfat membaca surat yasiin yaitu akan memperoleh ketenangan hati.

Membaca Ayat Kursi

Ayat Kursi adalah salah satu ayat paling mulia yang ada dalam Al –Quran. Dimana pada ayat kursi memiliki kandungan keesaan dan kekuasaan Allah SWT.

Dengan membaca ayat kursi ini maka akan mempengaruhi keimanan hidup kita. Yang mana dengan membacanya akan menjadikan sebagai amalan baik serta dapat diamalkan oleh seorang ibu yang sedang hamil.

Baca Juga :  Tata Cara Berwudhu yang Baik dan Paling Utama dalam Islam

Bacaan ayat ini bisa Anda panjatkan sebagai doa pada pagi dan sore hari atau sebagai doa setelah sholat wajib. Ayat kursi juga dapat dipanjatkan sebagai doa sebelum tidur.

Seusi membaca ayat kursi maka Anda akan memperoleh ketenangan dalam hati dan tidak merasa cemas yang berlebihan. Anda juga akan mendapatkan perlindungan dari godaan setan yang terkutuk.

Sebab salah satu manfaat dari membaca ayat Kursi yakni dijauhkannya dari godaan setan yang terkutuk.

Membaca Surat Al-Fatihah

Surat Al Fatihah merupakan surat pertama dalam Al Quran yang tentunya terdapat keutamaan yang luar biasa. Salah satu keutamaan tersebut yaitu sebagai penyembuh dari berbagai penyakit.

Surat ini umumnya diamalkan sebagai doa setelah sholat wajib yakni dengan membacanya sebanyak tujuh kali. Bagi ibu yang hamil, membaca surat fatihah dapat dijadikan sebagai doa untuk ibu hamil.

Setelah membaca surat ini selanjutnya Anda tiupkan pada kedua telapak tangan dan usapkan pada bagian perut. Hal ini agar rasa sakit yang dialami oleh ibu hamil dapat mereda.

Membaca Ayat Terakhir Surat Al-Baqarah

Saat sedang hamil sangatlah rentan akan terjadi sesuatu hal yang berbahaya pada janin, terlebih saat hamil muda.

Ayat terakhir dapat surat Al Baqarah yakni 286, mengandung permohonan ampun dan mohon perlindungan dari Allah SWT. Dengan membaca ayat ini maka dapat menjaga sang ibu dan anak dalam kandungan.

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Artinya :

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau menghukum kami jika kami telah lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau berikan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami.”

Baca Juga :  Sholawat Nabi : Teks Arab, Indonesia Terjemah & Keutamaannya

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau berikan kepada kami beban apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.” (QS. Al-Baqarah ayat 286).

Bacaan ayat terakhir dari surat ini sangatlah ampug dalam menjaga ibu hamil dari apapun. Dengan mengamalkan ayat ini pada sore hari atau sebelum tidur akan dapat mendapatkan penjagaan dari sesuatu yang berbahaya.

Membaca surat Al-Hasyr

Saat sedang hamil dianjurkan agar mengamalkan banyak kebaikan, salah satunya yaitu dengan membaca surat Al Hasyr.

Anda dapat membacanya seusai mengerjakan sholat maghrib sebanyak tujuh kali. Selanjutnya ditiupkan pada telapak tangan dan usapkan pada perut yang sedang hamil.

Namun bila sang suami yang membacanya, seusai membaca surat al Hasyr bisa langsung ditiupkan pada perut istrinya.

Keutamaan dari surat al Hasyr yaitu sebagai penyembuh dari berbagai penyakit dan dijauhkan dari godaan setan yang terkutuk. Dengan mengamalkannya maka Anda akan senantiasa terbebas dari segala bahaya dan dijauhkan dari godaan setan.

Membaca surat Ali-Imran

Bagi ibu hamil diutamakan membaca surat ali Imran ayat 35, yakni:

رَبِّ إِنِّي نَذَرْتُ لَكَ مَا فِي بَطْنِي مُحَرَّرًا فَتَقَبَّلْ مِنِّي ۖ إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Rabbi inni nazartu laka mā fi baṭni muḥarraran fa taqabbal minni, innaka antas-sami’ul-‘alim.

Artinya : “Ya Tuhanku (Allah), sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang shaleh dan berkhidmat (di Baitul Maqdis). Karena itu terimalah (nazar) itu dari padaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Demikian penjelasan mengenai Doa Untuk Ibu Hamil Bacaan Arab, Latin dan Artinya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.