Bacaan Doa Nabi Ibrahim yang Dapat Anda Ketahui

Posted on

Bacaan Doa Nabi Ibrahim yang Dapat Anda Ketahui – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Doa Nabi Ibrahim. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan beberapa bacaan doa Nabi Ibrahim baik untuk menerima keturunan yang saleh atau untuk negeri yang aman. Untuk lebih jelasnya simak artikel Duta Dakwah mengenai Doa Nabi Ibrahim berikut ini.

Bacaan Doa Nabi Ibrahim yang Dapat Anda Ketahui

Nabi Ibrahim adalah salah satu manusia yang dikasihi oleh Allah SWT. Beliau diangkat menjadi nabi dan sosok panutan bagi seluruh umat muslim di dunia.

Bahkan, sholawat dan slam dalam sholat pun ditujukan kepada Nabi Ibrahim setelh Nabi Muhammad SAW. Banyak keutamaan yang terdapat pada Nabi Ibrahim yang membuat Allah SWT begitu menyayangi Ibrahim.

Nbi Ibrahim merupakan nabi ke 6 dari urutan 25 nabi Allah yang dijelaskan dalam Al – Qur’an. Perilaku terpuji, tahan ujian dan sikap sabar beliau menjadikan doa nabi Ibrahim sangat makbul. Doa ini bahkan disebutkan dalam al – Qur’an agar dapat diterapkan oleh seluruh umat Islam sampi kiamat nanti.

Nabi Ibrahin juga disebut dengan bapaknya para nabi, sebab kedua anaknya juga menjadi nabi Allah SWT. Meraka yaitu nabi Ismail dan nabi Ishaq, dimana dari keturunan kedua anak Ibrahim nabi Allah berikutnya hadir untuk umat manusia.

Doa Nabi Ibrahim

Seluruh nabi yang telah diutus oleh Allah adalah manusia pilihan yang tingkat ibadahnya sangat tinggi. Begitu pun dengan nabi Ibrahim, doa shoat dan ibadah lainnya yang dilakukan nabi Ibarahim memiliki kualitas dan kuantitas yang tidak perlu diragukan.

Baca Juga :  Doa Nabi Yusuf Arab, Latin, Terjemah dan Manfaatnya

Ada sebuah kejadian dalam hidup Nabi Ibrahim sampai-sampai menjadi asal mula terjadinya hari raya Agama Islam yakni hari raya Idul Adha. Hal ini menunjukkan bahwa nabi Ibrahim adalah sosok manusia yang dimulyakan dan diagungkan oleh Allah.

Berikut ini beberapa doa nabi Ibrahim yang selalu beliau panjatkan kepada Allah SWT, dan dapat Anda amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Doa Nabi Ibrahim Meminta Keturunan Shaleh

Doa ini terdapat dalam QS. As-Shaffat ayat 100 yang mana berisi tentang permohonan beliau kepada Allah untuk dikaruniai seorang anak. Istrinya yakni Hajar al-Qibthiyah al-Misthiyah yang keduanya telah berusia sangat tua.

Nabi Ibrahim dan istrinya yang telah tua belum juga dikaruniai seorang keturunan. Oleh karena itu beliau selalu memohon doa kepada Allah supaya dapat diberikan keturunan.

Bacaan Doa Nabi Ibrahim untuk Meminta Keturunan

رَبِّ هَبْ لِى مِنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Rabbi hab li minas-saalihiin

Artinya :“Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang shaleh.”

Dengan memanjatkan doa terus menerus kepada Allah SWT. Walaupun harus bersabar selama bertahun-tahun, nabi Ibrahim tetap yakin dan khusuk berdoa kepada Allah. Sampai tiba saatnya, Allah mendengarkan dan mengabulkan doa nabi Ibrahim.

Nabi Ibrahim dikaruniai anak pada saat usia beliau sekitar 109 tahun. Dalam doa beliau, nabi memohon diberikan keturunan yang shaleh agar dapat meneruskn perjuangan dakwah beliau.

Doa Nabi Ibrahim supaya Anak Keturunannya Shaleh

Walaupun nabi Ibrahim merupakan seorang nabi yng dimuliakan oleh Allah, namun tidak menjadi jaminan anak cucunya akan memperoleh hidayah dari Allah. Hanya keimanan mereka yang akan menjadi penentu mereka mendapat hidayah, pertolongan dan ampunan Allah.

Nabi Ibrahim banyak sekali mencontohkan doa untuk anak cucu agar mereka menjadi shaleh. Supaya keturunnnya selalu mengerjakan shalat, menjalankan perintah Allah dan meninggalkan segala larangan-Nya.

Baca Juga :  Ibadah Sunah Di Musim Haji, Do’a Arab Latin & Terjemah VII

Sebagaimana terkandung dalam QS. Ibrahim ayat 40-41, yang merupakan doa beliau agar keturunannya menjadi orang yang shaleh.

Bacaan Doa Nabi Ibrahim supaya Anak Keturunannya Shaleh

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

Rabbij’alni muqimas-salati wa min żurriyyati rabbana wa taqabbal du’a. Rabbanagfir li wa liwālidayya wa lil-mu`minina yauma yaqumul-hisāb.

Arinya : “Ya tuhanku, jadikanlah aku sebagai orang yang mendirikan shalat dan juga keturunanku. Ya Tuhanku, terimalah doaku. Ya Tuhan kami, ampunilah aku, kedua orang tuaku dan orang-orang mukmin di hari perhitungan.”

Dengan doa ini sangat efektif untuk melembutkn hati anak yang susah diatur, nakal dan keras kepala. Anda dapat mengamalkan doa ini setelah selesai melaksanakan sholat wajib sambil mengingat wajah anak Anda. Doakan mereka dengan sepenuh hati agar Allah berkenan melembutkan dan mengubah perangai nak yang jelek.

Sesungguhnya, doa Nabi Ibrahim ini dapat Anda amalkan untuk anak cucu yang ada sekarang ataupun nanti. Doakan kebaikan dan iman yang teguh kepada Allah untuk semua anak cucu kita nantinya. Berharap mereka mendapatkan hidayah dan selalu berada dalam lindungan Allah.

Selain berdoa untuk dirinya sendiri dan anak cucunya, Nabi Ibrahim juga mendoakan seluruh umat mukmin di hari penghitungan kelak.

Doa Nabi Ibrahim agar Negeri Aman

Selain beliau berdoa untuk dirinya sendiri dan anak cucunya, beliau juga mendoakan agar negeri yang ditempatinya menjadi negeri yang aman dan makmur.

Tidak ada lagi penyembah berhala dan seluruh masyarakatnya hanya menyembah Allah. Sebuah negeri yang damai dengan rezeki melimpah dan tidak kekurangan apapun. Doa ini terdapat di dalam QS. Al Baqarah ayat 126.

Bacaan Doa Nabi Ibrahim agar Negeri Aman

وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَذَا بَلَدًا آمِنًا وَارْزُقْ أَهْلَهُ مِنَ الثَّمَرَاتِ مَنْ آمَنَ مِنْهُمْ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِر

Wa iz qāla ibrāhimu rabbij’al hāzā baladan āminaw warzuq ahlahu minas-samarāti man āmana min-hum billāhi wal-yaumil-ākhir.

Baca Juga :  11 Do'a Rasulullah Saw Untuk Diamalkan Setiap Hari (Lengkap)

Artinya : “Dan ingatlah ketika Nabi Ibrahim berdoa “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini negeri yang aman dan limpahkanlah penduduknya rezeki dari buah-buahan, yakni orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir di antara mereka.”

Doa Nabi Ibrahim supaya Amal Kebaikan Diterima Allah

Doa yang satu ini dipanjatkan oleh nabi Ibrahim saat beliau dan anaknya yakni Ismail sedang membangun Baitullah.

Bacaan Doa Nabi Ibrahim supaya Amalnya diterima Allah

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنتَ السَّمِيعُ الْعَلِي

Rabbana taqabbal minna innaka ‘antas sami’ul ‘alim

Artinya : “Ya Tuhan kami terimalah amal dari kami, sesungguhnya Engkau-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah 127)

Didalam kandungan doa tersebut, nabi memuji Allah dengan menyebutkan Asmaul Husna yakni As Samiul dan Al Alim.

As Sami’u berarti bahwa Allah mendengar setiap doa-doa yang kita panjatkan. Meskipun jumlah manusia ada milyaran, namun Dia tidak akan melewatkan satu pun doa yang kita ucapkan.

Sedangkan Al Alim adalah sifat Allah yang maha mengetahui. Sebagai manusia biasa, kita tidak bisa tahu isi hati manusia lainnya. Namun Allah bisa mengetahuinya. Oleh sebab itu, niatkan setiap ibadah Anda hanya karena Allah dan hapus niat-niat lainnya.

Doa Nabi Ibrahim yang terakhir adalah agar supaya amal kebaikan yang kita lakukan di dunia ini dapat diterima oleh Allah. Amal baik, perbuatan terpuji, dan semua aktivitas amal ibadah lain yang kita lakukan pasti ingin diterima dan mendapatkan ganjaran berupa pahala.

Bacaan Doa Nabi Ibrahim yang Dapat Anda Ketahui

Demikian penjelasan materi mengenai; Bacaan Doa Nabi Ibrahim yang Dapat Anda Ketahui, semoga materi ringkas ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih atas kebersamaannya semoga berkenan, wallahul musta’an.