Bacaan Niat Sholat Subuh Arab, Latin Beserta Artinya

Posted on

Bacaan Niat Sholat Subuh Arab, Latin Beserta Artinya – Pada kesempatan ini Duta Dakwah akan membahas mengenai Sholat Subuh. Yang mana dalam pembahasan kali ini akan menjelaskan tentang bacaan niat sholat subuh baik secara arab latin beserta artinya. Untuk lebih jelasnya simak artikel Duta Dakwah mengenai Sholat Subuh berikut ini.

Bacaan Niat Sholat Subuh Arab, Latin Beserta Artinya

Sholat subuh termasuk kedalam salah satu dari sholat wajib yang harus dikerjakan tiap harinya bagi umat Islam. Dimana sholat subuh memiliki beragam keistimewaan dalam pelaksanaannya, salah satunya yaitu pembacaan doa qunut. Selain itu juga, pada sholat subuh juga menandakan bahwa awal dari aktifitas umat muslim.

Sebab keadaannya sebagai salah satu dari sholat wajib 5 waktu, maka tidak ada alasan bagi umat muslim untuk tidak mengetahui bagaimana bacaan niat sholat subuh, doa dan tata cara shoat subuh. Adapun batas waktu sholat subuh yang  ditentukan yaitu dari terbitnya fajar shodik sampai menjelang terbitnya matahari. Rakaat dari sholat subuh berjumlah 2 rakaat.

Sama halnya dengan sholat wajib lainnya, sholat subuh bisa Anda lakukan secara sendiri ataupun secara berjamaah. Perlu kalian ketahui pula dengan melakukan atau mengamalkan sholat subuh secara berjamaah dapat mendatangkan pahala yang lebih besar tentunya.

Baca Juga :  Hukum Sholat di Pesawat, Pertanyaan dan Jawaban Lengkap I

Berikut ini merupakan bacaan niat sholat subuh serta tata cara sholat subuh yang wajib diketahui oleh umat muslim.

Bacaan Niat Sholat Subuh Arab dan Latin

Bacaan Niat Sholat Subuh Arab, Latin Beserta Artinya

Anda wajib mengetahui mengenai bacaan niat sholat subuh sebelum Anda mengerjakan atau menunaikannya. Bacaan niat sholat subuh sebagai seorang imam dan sebagai makmum tentunya berbeda. Begitu pula saat melakukan sholat subuh secara sendiri ataupun secara berjamaah. Berikut ini bacaan niat sholat subuh yang wajib Anda hafalkan, yaitu:

Niat Sholat Subuh Sendiri

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

Ushallíí fardash Shubhí rak’ataíní mustaqbílal qíblatí adaa’an líllaahí ta’aalaa.

Artinya: “Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu Shubuh sebanyak dua raka’at dengan menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala.”

Niat Sholat Subuh Menjadi Imam

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا لله تَعَالَى

Ushállii fardásh Shubhi rák’átaini mustáqbilal qibláti imaáman lillaáhi ta’áalaa.

Artinya: “Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu Shubuh sebanyak dua raka’at dengan menghadap kiblat, sebagai imam, karena Allah Ta’ala.”

Niat Sholat Subuh Menjadi Makmum

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لله تَعَالَى

Ushàllíi fardhàsh Shubhi ràk’ataini mustàqbilal qiblàti makmuumàn lillaahi tà’aalaa.

Artinya: “Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu Shubuh sebanyak dua raka’at dengan menghadap kiblat, sebagai makmum, karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Sholat Subuh

Seusai Anda membaca bacaan niat sholat subuh, berikut mengenai tata cara sholat subuh setelah sebelumnya mensucikan diri dengan berwudhu.

  • Melakukan Takbiratul Ikhram yang dilakukan berdiri sambil mengucapkan takbir “Allahu Akbar”. Adapun pandangan mata agar melihat menuju arah tempat sujud. Dengan tangan disedekapkan pada posisi tangan kanan diatas tangan kiri.
  • Dilanjutkan membaca doa Iftitah, adapaun membaca Doa Iftitah dalam sholat hukum bacaannya yakni Sunnah.
  • Selanjutnya Membaca surat Al-Fatihah.
  • Membaca salah satu surat dari Al-Quran
  • Melakukan gerakan Ruku’ dengan tuma’ninah
  • Kemudian melakukan gerakan I’tidal dengan disertai tuma’ninah.
  • Melakukan gerakan Sujud dengan disertai tuma’ninah
  • Duduk diantara dua sujud dengan disertai tuma’ninah
  • Sujud lagi sambil membaca bacaannya.
  • Setelah itu berdiri untuk mengerjakan rakaat kedua. Gerakan rakaat kedua sama halnya dengan rakaat pertama hanya saja terdapat tambahan doa saat kamu melakukan I’tidal.
  • Pada rakaat kedua, saat I’tidal Anda dianjurkan untuk membaca doa qunut.
  • Setelah selesai membaca Doa Qunut, lalu dilanjutkan dengan mengucapkan takbir (Allaahu Akbar) tanpa mengangkat kedua tangan.
  • Kemudian Sujud
  • Duduk diantara dua sujud dengan disertai tuma’ninah
  • Sujud lagi sambil membaca bacaannya.
  • Kemudian tahiyat akhir sambil membaca bacaanya.
  • Setelah salam, artinya Anda telah selesai menunaikan semua tata cara sholat subuh.
Baca Juga :  Niat Sholat Sunnah Sebelum Subuh Dalil & Pahalanya (Lengkap)

Bacaan Doa Qunut pada Sholat Subuh

Doa qunut merupakan salah satu pembeda antara sholat subuh dengan sholat wajib lainnya. Dengan bacaan doa qunut yang merupakan bacaan sunnah. Sehingga bila dilakukan maka umat muslim akan memperoleh pahala namun bila tidak dilakukan juga tidak apa-apa. Doa qunut ini dibaca dalam kondisi sholat masih berdiri pada gerakan itidal.

Adapun bacaan Doa Qunut sebagai berikut:

Bacaan Doa Qunut Arab

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ . وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ . وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ . وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ . وَقِنِيْ شَرَّ مَاقَضَيْتَ . فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ . وَاِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ. وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ. تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ. فَلَكَ الحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ. أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bacaan Doa Qunut Latin

Allaáhummáhdinii fii mán hadáiit, wa aáfinii fii mán aáfaiit, wa táwallanii fi mán tawalláiit, wa báarik lii fiimaá a’tháiit. Wa qinii syárra máa qadháiit. Fa innáka taqdhii wa laá yuqdháa ‘aláiik. Innahu láa yádzillu máw waálaiit.

Wa láa ya’izzu mán ‘aadáiit. Tabáarakta rábbanáa wa tá’aálait. Fa lákal-hámdu ‘aláa máa qádhaiit, Astaghfiruká wa atuubu iláik wa shállallahu ‘ala sáyyidina muhámmadin nabiyyil ummuyyi wá ‘aláa aalihii wa sháhbihii wa sállam.

Bacaan Doa Qunut terjemah

Artinya: “Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Baca Juga :  Memandikan Jenazah : Mayit Laki-laki Dewasa Lengkap

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.”

Demikian penjelasan mengenai Bacaan Niat Sholat Subuh Arab, Latin Beserta Artinya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.