√ Persamaan Mukjizat, Irhas, Karomah, Ma’unah, & Perbedaannya

Persamaan Mukjizat, Irhas, Karomah, Ma’unah, & Perbedaannya – Mukjizat, Irhas, Karomah dan  Maunah kesemuanya itu milik Allah SWT yang Allah berikan kepada hamba-hamba-Nya yang di kehendakiNya, dan untuk mengetahui persamaan dan perbedaannya antara Mukjizat, Irhas Karomah dan Maunah, maka kali ini Duta Dakwah akan mengulasnya untuk berbagi.

Persamaan Mukjizat, Irhas, Karomah, Ma’unah, & Perbedaannya

Untuk lebih terangnya dan jelasnya mari kita ikuti saja pembahsannya berikut ini:

Persamaannya Mukjizat, Irhas, Karomah dan Maunah

Adapun di antra persamaan Mukjizat, Irhas, Karomah dan Maunah ialah sebagai berikut:

  • Mukjizat, Irhas, Karomah dan Maunah, semua itu bisa terjadi karena sama-sama kehendak Allah SWT.
  • Mukjizat, Irhas, Karomah dan Maunah, itu sama-sama suatu kejadian yang menyalahi kebiasaan yang sangat luar biasa dan sulit di terima oleh akal sehat.
  • Mukjizat, Irhas, Karomah dan Maunah, ia terjadi secara langsung tidak ada rencana dan tidak bisa dipelajari serta tidak bisa dikalahkan oleh apapun.
  • Mukjizat, Irhas, Karomah dan Maunah, itu sama-sama diberikan oleh Allah kepada hamba-Nya yang Allah kehendaki untuk mengatasi permasalahannya yang sulit serta menolong hamba-Nya yang patuh kepada-Nya.

Perbedaan Mukjizat, Irhas, Karomah dan Maunah

Adapun perbedaan Mukjizat, Irhas, Karomah dan Maunah, di antaranya ialah sebagai berikut:

  • Mukjizat dan Irhas itu dianugerahkan Allah kepada para Nabi Allah, para Utusan Allah, Irhas muncul pada para calon nabi sedangkan Mukjizat muncul pada para Nabi dan Rasul, Kromah atau Keramat adalah anugerah Allah untuk para Auliya atau para walitullah, sedangkan Ma’unah adalah anugerah Allah untuk manusia pada umumnya.
Baca Juga :  √ Sholat Taubat, Niat, Doa, Waktu, Cara, Dalil & Keutamaannya

Princian Mukjizat Irhas Karomah dan Ma’unah

Untuk mengetahui rincian dalam perbedaan antara Mukjizat Irhas Karomah dan Ma’unah kami uraikan sebagai berikut:

Mukjizat

Mukjizat dianugerahkan oleh Allah hanya untuk An-biya-i wal-Mursaliyn (yakni para nabi Allah dan utusan-Nya) yang telah dipilih dan diangkat oleh Allah SWT., juga sebagai bukti kenabian dan kerasulannya sekaligus untuk melemahkan orang-orang yang kafir dan berniat buruk.

Irhas

Irhash juga sama seperti mukjizat. Hanya saja ia muncul sebelum jadi nabi atau sebelum masa kenabian (bi’tsah) itu adalah sebagai permulaan atau pengantar dari tanda-tanda kenabian, seperti terjadinya dibelahnya dada nabi Muhammad SAW ketika beliau masih kanak-kanak, kemudian seperti kemanapun beliau pergi ia selalu diikuti awan, lalu ketika nabi Isa AS masih bayi beliau dapat berbicara, dan masih banyak contoh-contoh lain yang terjadi pada para calon nabi.

Karomah / Keramat

Karomah juga sama seperti mukjizat. Hanya saja kalau karomah, Allah tunjukkan melalui orang-orang saleh dan para auliya. Misalnya karomah Syekh Abdul Qadir Al-Jailani yang banyak kita dapatkan dalam buku-buku manakibnya.

Persamaan Mukjizat, Irhas, Karomah, Ma'unah, & Perbedaannya

Ma’unah

Ma‘unah atau pertolongan itu terjadi pada manusia biasa sebagai wujud pertolongan Allah kepada mereka, untuk menolong dan melindungi mereka dari bahaya yang akan menimpanya dan hal itu muncul pada perkara yang umum pula seperti orang sakit yang tak kunjung sembuh dan sudah putus asa, tapi tiba-tiba hanya melalui mimpi saja misalnya dia sembuh. Derajat ma‘unah ini tidak bisa untuk mencapai irhash maupun mukjizat meskipun ia merupakan  perkara di luar nalar atau di luar kebiasan orang pada umumnya.

Itulah rincian persamaan dan perbedaan Mukjizat, Irhas, Karomah dan Maunah. Meskipun sekarang ini kenyataannya masih ada orang-orang yang selalu mengatakan suatu keanehan, mereka menganggap sebagai mukjizat yang datang dari Allah. Contoh ada orang saki di rumah sakit, menurut dokter sudah tidak mungkin sembuh bahkan tinggal nunggu hitungan menit saja ia akan meninggal, namun kemudia diluar dugaan ternyata orang tersebut sembuh, maka ada sebagian di antara mereka yang menyebutnya mukjizat, sebetulnya itu bukan mukjizat, itulah yang dinamakan ma’unah.

Baca Juga :  √ Bacaan Sholawat Nariyah Arab, Latin, Terjemah & Keutamaannya

Demikian uraian singkat kami tentang Persamaan Mukjizat, Irhas, Karomah, Maunah, & Perbedaannya, mudah-mudahan bermanfa’at dan semoga menambah wawasan ilmu pengetahuan kita.