√ Pengertian Ukhuwah al-Islamiyah Hak dan Kewajibannya

Pengertian Ukhuwah al-Islamiyah Hak dan Kewajibannya. Kali ini Duta Dakawah seusai menyampaikan Materi Pesantren Kilat di SMKN 1 Simpang Pematang bertempat di Balai Desa Simpang Mesuji dengan mengambil Tema l-Ukhwah al-Islamiyah selanjutnya kami akan mengulas di Media ini.

Pengertian Ukhuwah al-Islamiyah Hak dan Kewajibannya.

Ulasan Materi ini akan kami bahas secara singkat, sederhana dan spesifik, unntuk lebih jelasnya sebaiknya ikut ulasan kami berikut ini.

Mukodimah

بسم الله الرّحمن الرّحيم  السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ ، فَلَا عُدْوَانَ إِلَّا عَلَى الظَّالِـمِيْنَ ؛ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيْنَ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، أَمَّا بَعْدُ

Segala Puji Bagi Allah, shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan ke haribaan Nabi besar Muhammad s.a.w. Bapak Kepala Sekolah SMKN 1 Simpang Pematang, Bapak-Ibu Dewan Guru dan Panitia Pelaksana Pesantern Kilat yang kami hormati, Siswa Siswi serta para snatri Pesantern Kilat SMKN 1 Simpang Penatang yang kami banggakan. Baiklah kita simak bersama uaraian singkat berikut ini.

Pengertian Ukhwah

Kata  al-Ukhuwah adalah bahasa arab (الأُخُوَّة) yang mepunyai arti dalam bahasa indonesianya adalah “Persudaraan” dan jika kita hanya berbicara “al-Ukhuwah” berarti hanya mempunyai arti “Persaudaraan atau bersudara” Lantas Pertanyaannya, dengan siapakah kita bersaudara dan menjalin Persaudaraan?, Oleh karena itu mestinya ada kata sambungannya sekalipun yang dimaksudkan dengan al-Ukhuwah adalah Persaudaraan sesame muslim, karena kalimatnya sudah berbantuk Ma’rifat.

Al-Islamiyah

Maksud dari “al-Islamiyah” ( الإسلامية ) jiak huruf Yak dalam kalimat itu Yak Nasbiyah maka bisa diartikan secara luas yaitu “Bangsa Islam” artinya tidak melihat latar belakang dan perbedaan organisasi, apapun organisasinya selama ia masih bertasyahud dengan ucapan “LA-ILAH ILLALLAH MUHAMMADUR RASULULLAH maka berarti dia adalah islam, terlepas mereka Mukmin atau tidak. Jadi apabila kita sebut: Ukhuwah al-Islamiyah itu berarti maksudnya adalah : “Menjalin Paersaudaraan antar muslim karena ke-islamannya, bukan karena factor-faktor yang lain.

Baca Juga :  Hukum Tidak Membayar Hutang Dalam Islam Ruh Tidak Diterima

Hak dan Kewajiban

Hak dan Kewajiban dalam persaudaraan se-iman sebagaiman Allah berfirman:

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Artinya: Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah kepada Allah, supaya kamu mendapat rahmat. (al-Hujarat, 10)

Firman Allah Ta’ala dalam surat al-Anfal :

فَاتَّقُواْ اللّهَ وَأَصْلِحُواْ ذَاتَ بِيْنِكُمْ

“Maka bertaqwalah engkau semua kepada Allah dan damaikanlah antara sesamamu sendiri.” (al-Anfal: 1)

Masih banyak ayat-ayat lain yeng menerangkan perihal tersebut, dan dari ayat-ayat ini telah membrikan pengertian kepada kita bahwa sesama muslim se-iman tidak boleh sampai terjadi silang sengketa secara berkelanjutan bahkan sapai terjadi pertikaian, dan jadi jika terjadi keretakan atau pertikaian, maka segera adakan ishlah sebab mereka bersudara, dan mereka pihak yang bertikai mempunyai hak ishlah, sementara muslim yang lainnya mempunyai kewajiban untuk mengishlah. Dalam hal ini Allah Berfirrman dalam surat Ali Imron :

وَاعْتَصِمُواْ بِحَبْلِ اللّهِ جَمِيعاً وَلاَ تَفَرَّقُواْ، أل عمران :  أل عمران :103

Artinay: Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, (Ali-Imron : 103)

Dari Abu Hurairah r.a., katanya: “Rasulullah s.a.w. bersabda:

وَعَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قال، قال رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم : كُلُّ سُلَامَى مِنَ النَّاسِ عَلَيْهِ صَدَقَةٌ كُلَّ يَوْمٍ تَطْلُعُ فِيْهِ الشَّمْسُ يَعْدِلُ بَيْنَ الْاِثْنَيْنِ صَدَقَةٌ، وَيُعِيْنُ الرَّجُلَ فِيْ دَابَّتِهِ فَيَحْمِلُهُ عَلَيْهَا أَوْ يَرْفَعُ لَهُ عَلَيْهَا مَتَاعَهُ صَدَقَةٌ، وَالْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ، وَبِكُلِّ خُطْوَةٍ تَمْشِيْهَا إِلَى الصَّلَاةِ صَدَقَةٌ، وَيُمِيْطُ الْأَذَى عَنِ الطَّرِيْقِ صَدَقَةٌ، مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ، : نقلتها من رياض الصالحين باب الإصلاح، صحيفة، 85

“Setiap seruas tulang dari seluruh manusia itu harus memberikan sedekahnya pada setiap hari yang matahari terbit pada hari itu. Mendamaikan dengan cara yang adil antara dua orang adalah sedekah, menolong seseorang pada kenderaannya lalu mengangkatnya diatas kendaraannya itu atau mengangkatkan barang-barangnya ke sana, itupun sedekah, ucapan yang baik juga sedekah dan setiap langkah yang dijalaninya untuk pergi shalat juga merupakan sedekah, menyingkirkan benda-benda yang berbahaya dari jalan termasuk sedekah pula.” (Muttafaq ‘alaih) Hadits tersebut saya nukil dari Kitab Riyadhus Sholihin. Dan masih banyak hadits-hadts lain yang tidak kami uraikan disini.

Baca Juga :  11 Manfaat Membaca Al-Qur'an Setiap Hari Yang Luar Biasa

Hak-hak Muslim

Hak-hak muslim di sini banyak sekali dan kami tidak dapat menuliskan semuanya. Adapun di antaranya adalah sebagaimana diterangkan dalam hadits:

حُقُوْقُ الْمُسْلِمِ هِيَ أَنْ تُسَلِّمَ عَلَيْهِ إِذَا لَقَيْتَهُ وَتُجِيْبَهُ إِذَا دَعَاكَ وَتَشْمِتَهُ إِذَا عَطَسَ وَتَعُوْدَهُ إِذَا مَرَضَ وَتَشْهَدَ جَنَازَتَهُ إِذَا مَاتَ وَتَبُرَّ قَسَمَهُ إِذَا أَقْسَمَ عَلَيْكَ وَتَنْصِحَ لَهُ إِذَا اِسْتَنْصَحَكَ وَتَحْفِظَهُ بِظَهْرِ الْغَيْبِ إِذَا غَابَ عَنْكَ وَتُحِبَّ لَهُ مَا تُحِبَّ لِنَفْسِكَ وَتَكْرَهَ لَهُ مَا تَكْرَهَ لِنَفْسِكَ هُوَ أَنْ يُسَلِّمَ عَلَيْهِ إِذَا لَقَيهُ فَذَكَرَ عَشْرَ خِصَالِ أَخْرَجَهُ الشَّيْخَانِ، ورد جميع ذلك في إخبار وآثار (نقل عن إحياء علوم الدين مختصرا)

Hak-hak orang muslim adalah agar kamu memberi salam apabila berjumpa dengannya, kamu mendatangi undangannya apabila ia mengundangmu, kamu membaca do’a baginya apabila bersin, kamu mengunjunginya apabila ia sakit, kamu mengantarkan jenazahnya apabila ia meninggal dunia, kamu berbuat baik kepada sumpahnya apabila ia bersumpah kepadamu, kamu menasihatinya apabila ia meminta nasihat kepadamu, kamu memeliharanya di belakang kepergiannya apabila ia pergi darimu  , kamu menyukai baginya apa yang kamu sukai bagi dirimu sendiri dan membenci baginya apa yang kamu benci bagi dirimu sendiri.(HR. Bukhori & Muslim) Semuanya itu telah disebutkan dalam hadits-hadits dan atsar-atsar.

Pengertian Ukhuwwah al-Islamiyah Hak dan Kewajibannya

10 Hak Muslim yang harus dipenuhi

Dari hadits tersebut bisa kita simpulakan bahwa hak muslim yang wajib dipenuhi oleh muslim sedikitnya ada sepuluh  yaitu:

  1. Kita harus mengucapkan salam kepada sesame muslim setiap kali bertemu bahkan stiap akan berpisah
  2. Kita harus memenuhi Undangan saudara kita muslim apabila ia mengundang kita
  3. Kita  harus membaca do’a untuk saudara kita muslim yang bersin
  4. Kita harus menejenguk saudara kita yang muslim ketika ia sakit
  5. Kita harus mengantarkan jenazah saudar kita yang muslim ke kuburan
  6. Kita harus berbuat baik terhadap sumpahnya saudara kita muslim apabila ia telah bersumpah
  7. Kita harus bisa memberi Nasihat kepada saudara kita muslim yang meminta nasihat
  8. Kita harus ikut menjaga keamanan segala kepemilkannya di saat saudara kita muslim sedang bepergian
  9. Kita harus mengukur diri menghargai kesukaan saudara kita muslim
  10. Kita harus membenci baginya apa yang kita benci bagi diri kita sendiri
Baca Juga :  Hari Yang Dilarang Melakukan Puasa Dalam Islam Beserta Dalilnya Lengkap

In Syaa Allah yang dimaksudkan dengan “Kita harus membenci baginya apa yang kita benci bagi diri kita sendiri” maksudnya ialah: sesuatu yang kita tidak sukai maka jangan paksakan orang lain harus suka, artinya jika kita tidak suka tentu orang lain juga tidak suka.

Saudaraku yang budiman, jika kita membaca tentang hak-hak muslim sebagaimana yang sudah kami baca dalam Kitab “IHYA ULUMUDDIN” itu sangat banyak, namun walau hanya sebagian kecil saja yang kami sampaikan dalam artikel ini, lalu kemudian bisa mengaplikasikannya dalam keseharian kita, maka In Syaa Allah Persaudraan Islam kita akan terjalin harmonis.

Demikianlan Materi Ukwah al-Islamiyah yang dapat kami nsampaikan. Terimakasih atas segala perhatian dan mohon ma’af atas  segala kekurangan.

بِاللهِ التَّوْفِيْقُ وَالْهِدَايَةُ و الرِّضَا وَالْعِنَايَةُ ثُمَّ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ

Demikian ulasan : Pengertian Ukhuwah al-Islamiyah Hak dan Kewajibannya. mudah-mudahan memberikan manfaat untuk kita semua.Terimakasih

√ Pengertian Ukhuwah al-Islamiyah Hak dan Kewajibannya
5 (100%) 16 vote[s]