Bacaan Kalimat Bismillah Arab, Latin, Arti dan Keutamaannya

Posted on

Bacaan Kalimat Bismillah Arab, Latin, Arti dan Keutamaannya – Pada kesempatan ini Dutadakwah akan membahas mengenai Kalimat Bismillah. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan mengenai bacaan kalimat bismillah baik arab, latin, arti berserta keutamaannya. Untuk lebih jelasnya simak artikel Duta Dakwah mengenai Kalimat Bismillah berikut ini.

Bacaan Kalimat Bismillah Arab, Latin, Arti dan Keutamaannya

Bamalah adalah ayat satu dari suratul fatiha menut dalam madzhab Syafi’i berbeda denga menurut dalma madzhab yang lain. Dalam pembahasan kali ini menjelaskan bacaan kalimat bismillah dalam bahasa arab, latin dan artinya serta keutamaan membaca kalimat bismillahirrahmanirrahim. Pada halaman i i kami tidak membahasnya dalam bacaan menuruit ahli nnahwu. Sebab kalau menurut ahli nahwu ada beberapa macam dalam cara membaca basmallah tersebut.

Bismillah

Bismillah atau lebih dikenal dengan sebutan kalimat basmalah merupakan suatu ucapan pembukaan yang selalu diucapkan oleh umat muslim.

Kalimat tersebut diucapkan sebelum melakuan aktivitas ibadah atau aktifitas lainnya. Seperti saat akan memulai shalat, berbuat kebaikan, membaca al Quran dan lainnnya.

Kalmia bismillah ini bahkan juga digunakan sebagai kalimat pembuka dalam pidato atau ceramah dihadapan public.

Bacaan Bismillah

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْ

Bismillahirrahmannirrahiim

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Pengertian Kalimat Bismillah atau Basmalah

Kalimat bismillah memiliki artian yakni dengan menyebut nama Allah. Kalimat ini memiliki versi lengkap sesuai dengan apa yang tertera dalam Al Quran yakni Bismillahir Rahmanir Rahim.

Baca Juga :  Doa Masuk Pasar : Arab, Indonesia, Dalil dan Fadilahnya

Dalam kalimat lengkapnya, kalimat dari bismillah berarti dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Kita akan menjelaskan satu persatunya dari kalimat bismillah tersebut.

Bismillah

Gabungan dari kata pertama yakni bismillah yang memiliki arti “dengan menyebut nama Allah”.

Kalimati ini sebagai bentuk penyerahan diri kita bahwa seluruh yang akan kita lakukan harus benar-benar di niati karena Allah semata. Kalimat ini menunjukkan sikap santun dan memuliakan Allah SWT.

Ar Rahman

Kalimat kedua yaitu Ar Rahman yang mana termasuk dari Asmaul Husna atau nama-nama baik Allah SWT. Ar Rahmn memiliki arti “Maha Pemurah atau Maha Pengasih”.

Perlu kita pahami tentang maknah dari Ar Rahman ini yakni bahwa Allah memberikan rahmatnya tanpa pandang bulu.

Semua orang yang menjalani kehidupan didunia ini diberikan rahmat oleh Allah tanpa pilih-pilih, baik orang beriman atau orang yang belum beriman.

Ar Rahim

Kalimat selanjutnya yaitu Ar Rahim yang mana juga termsuk kedalam Asmaul Husna. Kalimat ini memiliki arti bahwa Allah memiliki sifat “Maha Penyayang”.

Sifat penyayang yng dimiliki Allah ditujukan kepada orang yang dikehendaki-Nya. Orang pilihan itulah yang memperoleh hidayah dan iman di dalam hatinya. Sifat Ar Rahim Allah tidak berlaku bagi orang yang tidak mempercayai-Nya.

Dapat disimpulkan, bahwa kalimat Bismillah merupakan satu ucapan wajib bagi umat muslim sebelum memulai suatu hal. Kalimat ini juga adalah doa supaya apa yang akan dikerjakan memperoleh ridho dan berkah dari Allah SWT. Dengan kalimat Bismillah ini kita belajar untuk berserah diri dan menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT.

Keutamaan Membaca Kalimat Bismillah

Kalimat bismillah ini memang terbilang sederhana dan singkat, namun memiliki makna yang sngat dalam. Keberkahan selalu melingkupi orang yang senantiasa membisakan diri mengucapkan kalimat basmallah dalam memulai segala aktivitasnya.

Terdapat beberap manfaat serta keutamaan bismillah saat rutin membaca dan mengamalkannya di kehidupan sehari-hari, antara lain:

Baca Juga :  Doa Keluar Rumah : Arab, Indonesia dan Terjemahnya

Sunnah Nabi Muhammad

Sebagaiman Nabi Muhammad Shollallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita semua akan selalu senantiasa memulai segala hal dengan ucpan bismillah. Hal ini bisa kita temukan dari berbagai hdist shahih yang telah diriwayatkan oleh para sahabat beliau.

Salah satu sunah yang paling sering disebutkan yaitu membaca kalimat Bismillah saat hendak makan. Sebgaimana telah dicontohkan oleh Rasulullah dimana beliau hendak memasukan makanan ke dalam mulutnya.

Kata bismillah juga menjadi ungkapan yang selalu diucapkan saat Nabi akan melakukan aktivitas lain semisal menghafal Al Quran, pergi keluar rumah dan lainnya.

Seluruh aktifitas dunia dan akhirat yang beliau kerjakan selalu diawali dengan kata bismillah. Sebab dengan hal tersebut Rasulullah senantiasa dijaga dalam perlindungan Allah dan dijaga keselmatan beliau oleh Allah SWT.

Merupakan Bentuk Amal Ibadah

Sepertihalnya yang sudah disebutkan, kalimat bismillah adalah untaian doa. Saat kita mengucapkannya, bukan hanya pahala dari kalimat itu yang kita peroleh. Pekerjaan yang dilakukan setelahnya juga akan memiliki nilai ibadah.

Misalnya saat hendak makan. Makanan yang dimakan akan diberkahi sehingga kita memperoleh barokah dari makanan itu, rasa kenyang akan lebih lama, mengalir dengan baik dalam darah dan menjadi daging yang dapat bermanfaat untuk kebutuhan tubuh.

Mendapatkan Petunjuk Allah

Ungkapan basmalah merupakan slah satu cara memperoleh petunjuk dari Allah. Dengan ungkapan ini, kita memasrahkan apa yang akan terjadi selanjutnya. Kita berserah diri akan perihal yang akan dikerjakan.

Bila Anda merasa ragu dalam melakukan aktivitas, mka ucapkanlah kalimat bismillah itu. Dengan kalimat ini akan dapat membantu mengubah keraguan menjadi keyakinan sebab petunjuk dari Allah SWT.

Mendapat Cukup Rezeki

Saat Anda hendak pergi bekerj, janga lupa agar selalu berdoa dan mengucapkan kalimat bismillah. Allah akan mencukupkan rezeki Anda pada hari itu.

Baca Juga :  Asmaul Husna Latin, Arab Terjemah dan Keutamaannya

Anda tidak akan pernah kekurangan, sebab selalu memasrahkan diri kepada Allah dengan ungkapan basmallah. Anda akan memperoleh restu dan ridlo dari Allah atas apa yang telah Anda lakukan hari ini.

Mendapatkan Penjagaan dari Allah

Dengan menyebutkan nama Allah yang merupakan kalimat indah untuk meminta penjagan kepada Allah. Kalimat yang menunjukkan kepasrahan terhadap apa yang akan terjadi.

Selama kita tidak melakukan sesuatu hal yang dilarang oleh Allah, selama Anda menjaga diri dari kemaksiatan maka Allah akan senantiasa menjaga kita dalam hidayah-Nya.

Menjauhkan dan Mengusir Setan

Selain bacan surat al Fatihah dan yat kursi, kalmia bismillah juga sangat ampuh untuk menjaga dan melindungi diri kita dari godaan setan.

Dengan mengucapkan kalimat ini, segala aktifitas yang kita lakukan akan terbebas dari gangguan setan. Semosal sat akan makan, setan tidak akan ikut makan pada piring orang yang mengucapkan bismillah saat akan memulainya.

Dapat Menyembuhkan Penyakit

Ucapan basmalah yang dikatakan dengan sepenuh hati dan sepenuh keyakinan pada Allah dapat digunakan untuk menyembuhkan sebuah penyakit. Tentu saja, semua ini bisa terjadi atas ijin Allah semata.

Bacaan basmallah ini bisa juga dijadikan sebagai doa untuk orang sakit agar bisa segera sembuh. Semua penyakit akan dapat disembuhkan dan diangkat atas ridho dan kehendak Allah. Anda harus benar-benar yakin bahwa Allah akan memberikan kesembuhan atas penyakit yang dialami.

Begitu dalamnya makna dan keutamaan kalimat bismillah pasti akan membuat orang muslim semakin ingin merutinkannya.

Bacaan Kalimat Bismillah Arab Latin Arti dan Keutamaannya

Demikian penjelasan mengenai Bacaan Kalimat Bismillah Arab, Latin, Arti dan Keutamaannya, semoga materi ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan berkah serta mandapat ridho Allah Subhanahu wa Ta’ala. Terimakasih atas kunjungannya wallahul muwaffiq.