√ Mengenal Islam Rahmatan Lil ‘Alamin Di Era Modern

Mengenal Islam Rahmatan Lil ‘Alamin Di Era Modern – Pada pembahasan kali ini Dutadakwah akan membahas mengenai Islam dengan Rahmatan Lil ‘Alamin. Bagaimana sih Islam Rahmatan Lil Alamin di Era modern ini, yuk langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Mengenal Islam Rahmatan Lil ‘Alamin Di Era Modern

Kata Rahmatan Lil ‘Alamin jika dalam bahasa arab  رحمة للعالمين  yang tersusun dari tiga suku kata yakni kata  رحمة , kata ل , dan kata العالمين . Dimana artinya dapat kita uraikan sebagai berikut:

kata رحمة (rahmatan) dimaknai dengan “belas kasih” atau “kemurahan hati” , jika Islam dimaknai dengan rahmat pada teks tersebut berarti agama Islam atau orang Islam itu harus bermurah hati atau berbelas kasihan.

Kata ل (li) dalam kamus diantaranya dimaknai “bagi atau kepada”, kata ini dapat dimaknai dengan “bagi atau kepada” sehingga bermakna mengarahkan bentuk perbuatan, “belas kasih dan kemurahan hati” dari orang-orang Islam tersebut ditujukan kepada siapa objeknya.

Kata العالمين (al-‘alamin) menurut kamus merupakan semua ciptaan Allah Swt. baik itu yang ada di muka bumi atau di seluruh dunia, baik berupa manusia, hewan, ataupun yang lainnya.

Sehingga dapat kita pahami bahwa Islam Rahmatan Lil ‘Alamin adalah agama Islam yang pemeluknya adalah seorang muslim yang harus berbelas kasihan dan bermurah hati kepada seluruh makhluk ciptaan Allah SWT. Jika pemahaman kita sama, maka pemahaman kita ini berpijak pada makna teks.

Pemahaman Makna Rahmatan Lil ‘Alamin

وَمَآ أَرْسَلْنَٰكَ إِلَّا رَحْمَةً لِّلْعَٰلَمِينَ

Dan sesungguhnya Aku mengutus Nabi Muhammad sebagai rahmat bagi seluruh alam.

Baca Juga :  Rukun-Rukun Wudhu Beserta Penjelasannya Lengkap

Penjelasan: Dalam ayat tersebut terkandung unsur balaghah yakni Hasr ditandai dengan huruf nafi berupa ما (maa) dan diiringi oleh huruf istitsna’ إلا (illa). Dimana faedah dasarnya dari hasr adalah untuk  ta’kidu al-ma’na yang berarti menguatkan makna, sehingga pembaca atau pendengar diharapkan betul-betul sangat mempercayai serta memahami makna yang dimaksudkan, sehingga dalam jiwa tidak ada keraguan dalam memahami makna yang terkandung di dalamnya.

Beberapa diantara makna “Rahmatan Lil ‘Alamin” yang berkembang belakangan ini adalah

1. Islam sebagai Rahmatan Lil ‘Alamin bermakna orang Islam harus selalu berkasih sayang kepada siapapun dalam sisi kemanusiaan dan juga sosial, baik itu sesama muslim maupun non-muslim.

2. Islam Rahmatan Lil ‘Alamin bermakna orang Islam yang berarti orang Islam harus mampu memimpin dunia. Selain itu, menjaga dan menciptakan lingkungan yang Islami, agar ajaran Islam dapat berjalan dilingkungan dengan spirit keislaman.

3. Islam Rahmatan Lil ‘Alamin bermakna orang Islam harus bisa menciptakan kemashlahatan dimanapun ia berada.

4. Islam Rahmatan Lil ‘Alamin berarti orang Islam yang berusaha menegakkan ajaran Islam dimanapun ia berada. Dan seterusnya..

Mengenal Islam Rahmatan Lil 'Alamin Di Era Modern
Mengenal Islam Rahmatan Lil ‘Alamin Di Era Modern

Ayuk kita semua sebagai umat Islam sudah saatnya mengembalikan pemahaman makna “Rahmatan Lil ‘Alamin” pada tempatnya, bukan menurut keinginan atau kehendak hawa nafsu kita masing-masing. Semoga Allah SWT selalu senantiasa memberikan Rahmat dan Kasih Sayang-Nya kepada kita semua.. Aamiin.

Demikianlah penjelasan mengenai Mengenal Islam Rahmatan Lil ‘Alamin Di Era Modern. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂