√ Inilah 3 Amalan Yang Setara Dengan Ibadah Haji Beserta Dalilnya

Inilah 3 Amalan Yang Setara Dengan Ibadah Haji Beserta Dalilnya – Islam selalu memberikan banyak hal yang dapat dilakukan untuk menambah bekalnya kelak di akhirat. Salah satunya adalah dengan melaksanakan ibadah haji, tetapi tidak semua orang mampu melaksanakan ibadah haji. Ketidakmampuan tersebut dikarenakan adanya beberapa faktor, bisa karena ketidakmampuannya dalam materi, juga fisik.

Nah pada kesempatan kali ini Dutadakwah akan memberikan penjelasan mengenai amalan yang setara dengan ibadah haji beserta dalilnya. Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Inilah 3 Amalan Yang Setara Dengan Ibadah Haji Beserta Dalilnya

Siapa yang tidak menginginkan pergi ke tanah suci, semua orang islam pasti menginginkan hal tersebut. Akan tetapi tidak semua orang bisa melaksanakan ibadah yang satu ini, karena ada beberapa faktor. Allah berfirman dalam Al-Qur’an:

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنْ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلا

Artinya: “Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, Yaitu (bagi) orang yang sanggup Mengadakan perjalanan ke Baitullah” (QS. Ali Imron: 97)

Namun bagi seseorang yang belum bisa beribadah ke tanah suci, jangan pernah bersedih, karena sesungguhnya Allah SWT dengan segala kekasih sayang-Nya memberikan pahala yang besar bagi setiap hamba-Nya yang mau melaksanakan amal sholeh dengan ikhlas dan terus menerus. Adapun amalan sholeh yang dapat dilaksanakan diantaranya adalah

1. Sholat Lima Waktu Berjama’ah

Seperti halnya yang dijelaskan dalam Al-Mu’jam Al-Kabir. Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, Nabi Muhammad bersabda:

Baca Juga :  √ Bacaan Sholawat Nariyah Arab, Latin, Terjemah & Keutamaannya

مَنْ مَشَى إِلَى صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ فِي الجَمَاعَةِ فَهِيَ كَحَجَّةٍ وَ مَنْ مَشَى إِلَى صَلاَةٍ تَطَوُّعٍ فَهِيَ كَعُمْرَةٍ نَافِلَةٍ

Artinya: “Siapa yang berjalan menuju shalat wajib berjama’ah, maka ia seperti berhaji. Siapa yang berjalan menuju shalat sunnah, maka ia seperti melakukan umrah yang sunnah.”

2. Melaksanakan Sholat Isyraq

Cara melaksanakan sholat isyroq adalah dengan melaksanakan sholat subuh berjama’ah, dilanjutkan dengan berdzikir hingga matahari terbit setinggi tombak (kira-kira 15 menit setelah matahari terbit) dan menyempurnakannya dengan melaksanakan sholat sunnah dua raka’at (sholat dhuha diawal waktu).

Dari Umamah radhiyallahu ‘anhu, Nabi bersabda:

مَنْ صَلَّى صَلاةَ الصُّبْحِ فِي مَسْجِدِ جَمَاعَةٍ يَثْبُتُ فِيهِ حَتَّى يُصَلِّيَ سُبْحَةَ الضُّحَى، كَانَ كَأَجْرِ حَاجٍّ، أَوْ مُعْتَمِرٍ تَامًّا حَجَّتُهُ وَعُمْرَتُهُ

Artinya: “Barangsiapa yang mengerjakan shalat shubuh dengan berjama’ah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan shalat Sunnah Dhuha, maka ia seperti mendapat pahala orang yang berhaji atau berumroh secara sempurna.”

3. Menghadiri Majlis Ilmu Di Masjid

Menghadiri majlis ilmu di masjid juga dapat memperoleh ganjaran yang besar jika niat hanya karena Allah SWT.

 Inilah 3 Amalan Yang Setara Dengan Ibadah Haji Beserta Dalilnya
Inilah 3 Amalan Yang Setara Dengan Ibadah Haji Beserta Dalilnya

Dari Umamah radhiyallahu ‘anhu, Nabi bersabda:

مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ لا يُرِيدُ إِلا أَنْ يَتَعَلَّمَ خَيْرًا أَوْ يُعَلِّمَهُ، كَانَ لَهُ كَأَجْرِ حَاجٍّ تَامًّا حَجَّتُهُ

Artinya: “Siapa yang berangkat ke masjid yang ia inginkan hanyalah untuk belajar kebaikan atau mengajarkan kebaikan, ia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna hajinya.”

Demikianlah penjelasan mengenai Inilah 3 Amalan Yang Setara Dengan Ibadah Haji Beserta Dalilnya. Semoga dapat bermanfaat dan juga menambah wawasan. Terimakasih 🙂