Kultum Ramadhan Tentang Fadhilah Puasa Ramadhan

Posted on

Kultum Ramadhan Tentang Fadhilah Puasa Ramadhan – Saudaraku para pembaca rohimakumullah. Pada Materi Kultum Sebelumnya kami sudah menyampaikan materi mengenai; Kultum Ramadhan Tentang Pintu Surga dan orang yang memasukinya dan pada halaman berikut ini Duta Dakwah akan menyampaik materi bertemakan: Kultum Ramadhan Tentang Fadhilah Puasa Ramadhan yang In Syaa Allah kami ssampaikan secara singkat.

Kultum Ramadhan Tentang Fadhilah Puasa Ramadhan

Para pembaca yang kami banggakan, Bulan Ramdhan adalah bulan sucinya Ummat Islam. Dan di dalamnya terdapat berbagai keutamaan atau beberapa Fadhila yang Allah berikan. Dan untuk lebih jelasnya sebaiknya silahkan antum baca saja mteri Kultum Duta Dakwah dibawah ini dengan baik.

Materi Kultum Tentang Fadhilah Puasa Ramdhan.

بسم الله الرّحمن الرّحيم  السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ

الْحَمْدُ لِلَّهِ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ ﷺ وَعَلَى أٰلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ أَرْسَلَهُ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ

Kaum Muslimin wal-Muslimat yang dirahmati Allah SWT, Mari kita senantiasa Memuji Allah dan Syukur kepadaNya atas segala rahmat dan nikmatNya yang senatiasa Allah Anugerahkan kepada kita, shalawat teriring salam semoga tetap tercurahkan ke haribaan nabi agung Muhammad s.a.w.

Hadirin Rahimakumullah melalui kesempatan ini kami akan sampai Materi Kultum Tentang diantara Fadhilah-fadhilah Puasa Ramadhan.

Sebagaimana yang sudah kami sampaikan pada Materi Kultum sebelumnya bahwa: Amat banyak sekali Fadhilah atau keutamaan-keutamaan puasa Ramadhan yang begitu sangat memanjakan kita jika kita tergolong orang beriman yang gemar melakukan beragam kebaikan, teramat sangaat jika kita lakukaa pula di bulan suci ramadhan.

Baca Juga :  Kultum Ramadhan : 35 Materi Terbaru 2021 M / 1442 H

Orang Berpuasa akan dijauhkan dari Api Neraka

Hamba Allah beriman, ketika ia menunaikan ibadah pusa dibulan suci ramadhan satu hari maka Allah akan menjauhkannya dari api neraka sejauh perjalanan tujuhpuluh tahun sebagaimana sabda Rasulullah:

  (وَعَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنهُ قَالَ، قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم : مَا مِنْ عَبْدٍ يَصُوْمُ يَوْماً فِيْ سَبِيْلِ اللَّهِ إِلَّا بَاعَدَ اللَّهُ بِذَلِكَ الْيَوْمِ وَجْهَهُ عَنِ النَّارِ سَبْعِيْنَ خَرِيْفاً، (مُتَّفّقٌ عَلَيهِ

Dari Abu Said r.a., katanya: “Rasulullah s.a.w. bersabda: “Tiada seorang hamba pun yang berpuasa sehari dengan niat fi-sabilillah – yakni semata-mata menuju kepada ketaatan kepada Allah, melainkan Allah akan menjauhkan wajahnya – yakni dirinya -kerana puasanya tadi, sejauh perjalanan tujuh puluh tahun dari neraka.” (Muttafaq ‘alaih)

Orang Berpuasa akan diampuni dosanya

Lain dari pada itu juga akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu, sbada Rasulullah:

وَعَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ قَالَ : مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَاباً غَفَرَ لَهُ مَا تَقَدَّم مِنْ ذَنْبِهِ، مُتَّفّقٌ عَلَيهِ

Dari Abu Hurairah r.a. bahawasanya Nabi s.a.w. bersabda: “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kerana didorong oleh keimanan dan mengharapkan keredhaan Allah, maka diampunkanlah untuk dosa-dosanya yang terdahulu.” (Muttafaq ‘alaih)

Semoga saja kita semua juga tergolongkan pada hambaNya yang diampuni segala dosa kita yang terdahulu bahkan yang terkemudian amiin…

Pintu Surga dibuka, Pintu Neraka ditutup dan Setan dirantai

Kaum Muslimin yang berbahagia, di bulan yang muliya ini Syaitan-syaitan diborgol, Pintu Neraka digembok dan pintu Surga dibuka sebagaimana Rasulullah s.a.w. bersabda:

وَعَنْهُ رَضِيَ اللَّهُ عَنهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ قَالَ : إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ، وَغُلِقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ، وَصُفِدَتِ الشَّيَاطِيْنُ، مُتَّفّقٌ عَلَيهِ

Dari Abu Hurairah r.a. pula bahawasanya Rasulullah s.a.w. bersabda: “Apabila bulan Ramadhan telah datang, maka dibukalah pintu-pintu syurga, ditutuplah pintu-pintu neraka dan diikatlah semua syaitan.” (Muttafaq ‘alaih)

Baca Juga :  Delapan Asnaf Mustahiq Zakat Yang Perlu Kita Ketahui

Jama’ah yang saya hormati dan yang berbahagia, itulah di antara muliayanya bulan Ramadhan, mudah-mudahan kita semua mendapat pertolongan Allah SWT sehingga kita bisa memaksimalkan Ubudiyah kita dibulan yang suci ini Amiin.

Demikian kiranya yang dapat kami sampaikan, wa fi akhiri kalamiy hadza khudz ma shofa wa da’ ma kadar. Terimakasih atas segala perhatian dan mohon ma’af atas segala kekeliruan.

بِاللهِ التَّوْفِيْقُ وَالْهِدَايَةُ وَالْعَفْوُ مِنْكُمْ وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ

Demikian ulasan Materi tausiyah singkat tentang; Kultum Ramadhan Tentang Fadhilah Puasa Ramadhan – Semoga materi ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua. Kultum ini bersambung klagi ke tema  Kultum Ramadhan Tentang Dermawan dan melakukan kebaikan. Kami mengucapkan Terimakasih atas kunjungannya semoga berkenan lahir dan batin.