Doa Menyambut Bulan Ramadhan Beserta Artinya

Posted on

Doa Menyambut Bulan Ramadhan Beserta Artinya – Baiklah para pembaca yang kami banggakan semoga Allah Ta’ala senantiasa merahmati kita semua aamiin. Pada kesempatan kali ini kami, Dutadakwah akan menuliskan materi mengenai doa menyambut bulan Ramadhan. Bulan ramadhan itu adalah bulan yang sangat mulia, suci dan bulan yang penuh dengan keberkahan. Bulan Suci Ramadhan ialah bulan yang sangat kita rindukan serta dinanti oleh seluruh umat Islam beriman di dunia.

Doa Menyambut Bulan Ramadhan Beserta Artinya

Karenanya bulan sudi Ramadhan memiliki banyak hikmah serta keutamaan yang Allah Subhanahu wa Ta’ala telah janjikan kepada hamba-Nya. Kita sebagai umat Muslim beriman tentunya akan sangat antusias untuk penyambutan datangnya bulan suci tersebut. Dan yang terpenting bagi kita muslim muslimat yang mukmin daa mukminat adalah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menjalankan ibadah puasa pada Ramadhan serta meningkatkan amal ibadah. Dan mengingat bulan suci ramadhan hanya datang dalam setahun sekali yang memiliki hikmah serta keutamaan di dalamnya, maka mari kita jangan sia siakan kesempatan ini.

Penjelasan Doa

Doa adala ibadah yang dianjurkan. Sebagai muslim yang mukmin sebaiknya dalam barebagai aktivitasny selalu ada doa tak terkecuali juga dengan akan datangnya ramadhan. Untuk mengetahui Doa penyambutan bulan suci Ramadhan, antum sebaiknya simak penjelasannya kami berikut ini:

Sebagai seorang muslim, alangkah baiknya penyambutan bulan suci ramadhan dengan penuh rasa syukur dan berdo’a kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, karena kita masih diberikan kesempatan untuk bertemu bulan yang penuh dengan keberkahan ini yakni bulan suci Ramadhan, untuk menjalankan ibadah puasa dan memperbanyak amal ibadah.

Baca Juga :  Ibadah Sunah Di Musim Haji, Do’a Arab Latin & Terjemah VII

Tulisan Doanya

Adapun tulisan doa menyongsong bulan suci Ramadhan ini kami tulis dengan tulisan arab dan indoesia ditambah juga denga artinya. Adapun maksud kami menulisnya seperti itu ialah agar lebih membantu saudara kami yang memerlukan tulisan sesuai dengan kemampuannya serta diperkuat denga arti doa agar lebih fokus. Adapun tulisan doanya adalah sebagai berikut;

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَ بَارِكْ لَنَا فِى رَمَضَانَ

Allaahumma baarik lanaa fii Rajabi wa Sya’baana, wa baarik lanaa fii Romadhoona

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban. serta berkahilah kami dalam bulan Ramadhan.”

Doa menyongsong bulan suci Ramadhan diatas di baca sejak bulan Rajab, yang diambil dari hadist riwayat Ahmad Nomor 2346 dan 2387.

Saudaruku semua yang seiman, lain dari itu semua juga tak kalah pentingnya kita secara pribadi masing masing kiranya berdoa kepada Allah Ta’a agar kita sampai kepada ramadhan, demikian juga ramadhan Allah bekenan mempertemukannya dengan kita. Oleh sebab itu jika saudara mau maka beredoalah secara pribadi dengan doa berikut ini;

Tulisan minta selamat sampai ke ramdhan untuk pribadi arab dan indonesia adalah seperti berikut ini;

اَللّٰهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَ سَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَ تَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

Allaahumma sallimnii ilaa romadhoona wa sallim lii romadhoona wa tasallamhu miniii mutaqobbalaa

Artinya: “Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.” (Latha-if al-Ma’arif, 148)

"Doa

Perlu antum semua ketahui bahwasanya, tidak ada doa khusus untuk penyambutan bulan suci Ramadhan yang diajarkan Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya, namun para sahabat dan para ulama setelahnya menyambut bulan suci Ramadhan ini dengan penuh suka cita serta kegembiraan. Mereka mengungkapkannya dengan kata-kata yang mengandung doa serta kebaikan dan harapan. Oleh karena itu semua kita pun tidak ada salahnya jika kita memanjatkan doa kepada Allah sebagaiman yang sudah kami tulis di atas.

Baca Juga :  Doa Sholat Dhuha : Niat, Tata Cara, Arabic danIndonesia

Demikianlah urian dan penjelasan materi mengenai; Doa Menyambut Bulan Ramadhan Beserta Artinya Semoga materi ini berkenan serta dapat bermanfaat untuk kita semua. Mohon abaikan saja jika materi ini tidak berkenan. Terimakasih kami ucapkan atas kunjungannya baarokallah. Wallahul muwaffiq.