Doa Bertemu Saudara Muslim Pembahasan Lengkap

Posted on

Doa Bertemu Saudara Muslim Pembahasan Lengkap – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Doa bertemu Saudara Muslim. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan bacaan doa ketika bertemu saudara muslim dengan pembahasan secara lengkap. Untuk lebih jelasnya simak artikel Duta Dakwah mengenai Doa Bertemu Saudara Muslim berikut ini.

Doa Bertemu Saudara Muslim Pembahasan Lengkap

Mungkin bagi kita yang sering bertemu dengan teman terutama sesame saudara muslim. Pasti akan mengucapkan salam saat berjumpa. Dengan seseorang mengucapkan salam tentunya yang mendengarkan wajib untuk menjawab salamnya.

Dalam islam mengucapkan salam saat bertemu dengan saudara muslim hukumnya sunah. Adapun untuk menjawab salam hukumnya wajib. Oleh karena itu penting untuk mengetahuinya, berikut ini penjelasannya.

Adab Ketika Bertemu Saudara Muslim

Seluruh umat muslim yang ada di dunia ini merupakan saudara. Sesame saudara dianjurkan agar saling menghormati dan mendoakan.

Apa yang Anda lakukan saat bertemu dengan saudara?

Tentunya, Anda akan mengucapkan salam atau menyapa mereka. Semisal dengan mengucapkan selamat pagi, selamat siang tau selamat malam. Hal tersebut merupakan suatu tindakan yang umunya dan sering kali dilakukan kebanyak orang.

Bila menyapa orang yang kita temui dengan berbagai bentuk sapaan merupakan kebiasaan yang sudah umum dilakukan. Maka dalam Islam memberikan ungkapan sapaan yang lebih dari biasanya.

Baca Juga :  Do'a Minum Air Zamzam dan Keutamaannya

Ucapan tersebut yaitu ucapat salam atau sering kita sebut dengan doa salam.

Tidak sekedar saapan, salam merupakan sebuah doa, perdamaian, ungkapan dan kasih sayang.

Sebagaimana Nabi Muhammad telah bersabda, yakni:

لَا تَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا وَلا تُؤْمِنُونَ حَتَّى تَحَابُّوا أَفَلا أَدُلُّكُمْ عَلَى شَيْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ أَفْشُوا السَّلامَ بَيْنكُم

Artinya : “Kamu tidak akan masuk surge sampai kamu beriman, dan kamu tidak beriman sampai kamu saling mencintai. Maukah kamu aku tunjukkan suatu perbuatan yang bisa membuatmu saling mencintai, yaitu sebarkanlah salam di antara sesamamu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Salam merupakan syiar yang umum. Salam juga merupakan sapaan doa yang menyatukan hati tiap umat Islam. Dengan salam menjadi kode etik pergaulan antara sesame muslim.

Siapapun dia, berada dimanapun dan kapanpun juga maka salam merupakan sapaan pemersatu kaum muslimin di seluruh dunia.

Sebagaimana Allah berfirman dalam QS. Al Hajj ayat 32, yakni :

وَ مَنۡ یُّعَظِّمۡ شَعَآئِرَ اللّٰہِ فَاِنَّہَا مِنۡ تَقۡوَی الۡقُلُوۡبِ

Artinya : “…Dan, barang siapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati.”

Slam juga bukan suatu kebiasaan Arab, namun salam adalah murni dari Islam. Sebelum kedatangan Islam, tiap orang Arab tidak mengenal salam seperti yang sudah kita pahami saat ini.

Bila mereka menyapa, mereka akan mengatakan “Shabaahun Nuur” (selamat pagi0 atau “Massaun Nuur” (selamat malam).

Selanjutnya akan di jwab dengan “ Shabahul khair” atau ‘Masaaul khair’. Setelah kedatangan Islam, sapaan ala Arab itu tidak hilang begitu saja.

Sapaan itu tetap menjadi sapaan khas dalam Bahasa Arab. Sedangkan sapaan yang sesuai dengan Syariat Islam yaitu dengan mengucapkan salam dan saling mendoakan.

Baca Juga :  Doa Melepas Pakaian Arab, Latin dan Artinya Serta Manfaatnya

Silahkan simak doa ketika bertemu saudara muslim dengan mengucapkan doa salam kepada saudara muslim supaya diberikan keselametan dan berkah oleh Allah SWT.

Doa Ketika Bertemu Saudara Muslim

Saat bertemu dengan saudara muslim, dianjurkan agar memberi salam. Berikut ini bacaan doa salam sesuai dengan syariat islam.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Artinya : “Semoga keselamatan terlimpah atas kalian, juga rahmat Allah dan berkah-Nya.”

Doa tersebut merupakan doa yang diucapkan saat bertemu saudara muslim. Bagi yang menerima ucapan salam itu dianjurkan untuk menjawabnya.

Berikut ucapan untuk menjawab salam dari sesame saudara muslim.

Bacaan Doa Untuk Menjawab Salam

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Wa’alalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakaatuh

Artinya: “Dan semoga keselamatan terlimpah juga atas kalian, juga rahmat Allah dan berkah-Nya.”

Hukum Mengucapkan dan Menjawab Salam

Dalam Islam, mengucapkan salam dan menjawab salam sangatlah dianjurkan. Berikut hokum mengucapkan salam dan menjawab salam antar sesame saudara muslim.

Hukum Mengucapkan Salam

Memberikan atau mengucapkan salam kepada sesame saudara muslim hukumnya yakni sunnah atau sangat dianjurkan.

Sedangkan memberikan atau mengucapkan salam untuk sekelompok orang hukumnya adalah sunnah kifayah.

Sunah kifayah artinya bila ada sebagian dari kelompok itu yang mengucapkan salam maka hal tersebut sudah cukup atau terwakilkan.

Hukum Menjawab Salam

Terdapat 2 hukum dalam menjawab salam, antara lain:

  • Menjawab salam ketika sendirian

Bila seorang muslim menerima ucapan salam dari sesame saudara muslim lain dan isedang dalam keadaan sendirian maka hukumnya wajib menjawab salam tersebut.

Sebab menjawab ucapan salam saat sendirian hukumnya afalah fardu ain.

  • Menjawab salam ketika berkelompok

Bila terdapat sekelompok orang muslim menerima ucapan salam dari saudara muslim lainnya. Maka hokum untuk menjawab salam itu adalah fadhu kifayah.

Baca Juga :  Menyembelih Hewan Qurban : Doa Dan Tata Caranya Yang Baik

Fardhu kifayah adalah bila ada sebagian orang sudah menjawab salam itu, maka telah cukup atau terwakilkan dan yang lain tidak apa-apa bila tidak membalas ucapan selamat.

Makna Assalamu’alaikum atau Doa Salam

Ada beberapa makna yang terdapat dalam doa salam, yakni  “Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh”.

Sebagai Ungkapan Saling Mencintai dan Menghormati

Saat seseorang mengucapkan salam kepada sesame saudara muslim artinya Anda sedang mendoakan saudara muslim itu supaya memperoleh kebaikan dan keselametan didunia dan diakhirat.

Semua Makhluk Bergantung Kepada Allah

Arti dari doa salam yaitu sebagai bentuk atau perwujudan penyerahan diri manusia kepada Allah SWT atas segala sesuatu yang terjadi di Alam Dunia ini.

Memberikan Rasa Aman

Saat Anda mengucpkan salam kepada sesame saudara muslim lainnya. Maka secara tidak langsung dia memberikan perlindungan dari segala peelakuan jahatnya kepada Anda.

Baik itu dalam perlakukan yang berupa lisan atau fisik dan menghormati harga diri juga hak hidup Anda.

Doa Bertemu Saudara Muslim Pembahasan Lengkap

Demikian penjelasan singkat mengenai Doa Bertemu Saudara Muslim Pembahasan Lengkap, semogamateri ini bermanfaat dan bagi para pembaca. Kami ucapka jazakumullah khoira jaza.