√ Kisah Nabi Isa AS, Dengan Berbagai Macam Mujizatnya

Posted on

Kisah Nabi Isa AS, Dengan Berbagai Macam Mujizatnya – Pada kesempatan ini Duta Dakwah akan membahas tentang Kisah Nabi Isa AS. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan kisah nabi Isa yang di angakat oleh Allah ke langit sebab raja pilatus dengan secara singkat dan jelas. untuk lebih jelasnya silakan simak Artikel berikut ini.

Kisah Nabi Isa AS, Dengan Berbagai Macam Mujizatnya

Nabi Isa adalah salah satu nabi Allah yang diutus sebelum Nabi Muhammad SAW. Di dalam al Quran disebutkan bahwa Nabi isa AS sengaja dikirim oleh Allah khusus untuk berdakwah kepada kaum Bani Israil. Dan di beri amanah untuk membawa kitab, yakni kitab injil.

Kaum Bani Israil sendiri merupakan kaum yang dibawa oleh Nabi Musa AS pergi dari Mesir dengan cara membelah laut merah saat di buru oleh raja firaun. Setelah kejadian ini, para kaum bani isroil membangun sebuah negri yang di sebut dengan negri palestina.

Awal mulanya kaum Bani Israil merupakan umat yang mengikuti ajaran yang lurus dan benar dari kitab Taurat. Akan tetapi dengan berjalannya waktu demi waktu, tidak sedikit dari kaum Bani Israil yang melupakan ajarannya. Dengan meninggalkan ketaatan ber ibadah, suka berzina,mabuk mabukan, dan menindas orang yang lebih lemah. Maka dari itu Allah mengirim Nabi Isa AS untuk menuntun kaum bani isroil supaya kembali ke jalan yang di ridhoi Allah, lantaran mujizat-mujizat yang di berikan kepada Nabi Isa AS.

Kisah Nabi Isa AS Menghidupkan Seekor Burung

Nabi Isa AS tumbuh di mesir sampai umur 12 tahun, kemudian hijrah ke Yerusalem , saat usia muda Nabi Isa adalah pemuda yang santun, jujur, bijak, dan taat pada Allah. Pada usia ke 30 tahun, datanglah malaikat Jibril guna menyampaikan kitab Injil kepada Isa di Bukit Zaitun. Dari situlah kemudian Nabi Isa AS memantapkan hati untuk berdakwah ke jalan Allah

Dengan berbekal ajaran kitab Injil, Nabi Isa mulai mengajarkan kepada orang-orang kaum bani israil di yarusalem dan mendapatkan respon yang sangat baik. Akan tetapi, beberapa penguasa besar di Yerusalem tidak menyukai kedatangan Nabi Isa AS. Maka dari itu, mereka mulai menebar fitnah dan sindiran-sindiran terhadap Isa AS.

Baca Juga :  √ Kisah Nabi Adam Alaihissalam yang Turun Dari Surga
Loading...

Kemudian fitnah yang di tebarkan oleh penguasa kafir sampai juga ke telinga Raja Herodes. Saat itu pula nabi Isa di panggil untuk menghadap raja Herdoes untuk pertanyan-pertanyaan yang sudah di siapkan oleh raja Herdoes. Kemudian Nabi Isa pun di tantang oleh raja Herdoes untuk menunjukan mujizat-mujizat tuhannya yang di berikan kepada Nabi Isa AS.

Nabi Isa pun menjawab dengan sangat bijak dan penuh keyakina agar sang raja mengumpulkan semua rakyatnya di alun-alun. saat semuanya telah hadir, Nabi Isa AS langsung membuat sebuah patung burung dari bahan tanah liat. Di hadapan semua orang Nabi Isa pun berkata, “Atas izin Allah, akan aku hidupkan patung burung ini.” Kemudian Nabi Isa langsung meniup patung burung yang sudah di buatnya tadi, tanpa berlama lama patung burung tadi langsung hidup dan terbang .

Dengan adanya peristiwa tersebut, tidak sedikit orang-orang yang tadinya tidak percaya menjadi percaya akan adanya tuhan yang hak di sembah yakni Allah SWT. Akan tetapi dengan adanya peristiwa tersebut para pembesar kafir bukanya taubat malah semakin membenci dan memusuhi Nabi Isa AS.

Kisah Nabi Isa AS Menyembuhkan Orang Sakit

Salah satu dari mujizat-mujizat yang dimiliki oleh Nabi Isa AS ialah Nabi Isa mampu menyembuhkan orang-orang yang sedang mengalami penyaki kusta. Saat itu pula belu ada obat untuk mengatasi penyakit kusta. Padahal penyakit kusta identik dengan kematian.

Karena semakin hari semakin banyak orang yang mengidap penyakit ini, Nabi Isa pun berdoa meminta pertolongan kepada Allah agar rakyat di Yerusalem diberi kesembuhan. Allah pun menjawab doa dari Nabi Isa AS lantaran dengan memberikan mujizat kepada Nabi Isa, yakni bisa menyembuhkan orang sakit atas izin Allah hanya dengan metode sentuhan.

Dengan berbekal mu’jizat yang di berikan kepada nabi Isa. Beliaupun sering kesana kemari untuk mengobati orang-orang kaum Bani isroil ang sakit, sampai ahirnya berita ini sampai di kota-kota lain. Alhasil, banyak orang-orang berbondong-bondong datang ke rumah nabi isa guna untuk meminta obat, dan mereka mulai memeluk atau mengikuti ajaran nabi  isa AS.

Kisah Nabi Isa AS Menghidupkan Orang Mati

Suatu ketika pada saat Nabi Isa AS sedang berjalan di suatu desa, Nabi Isa meliihat seorang laki-laki dari kaum bani israil yang menangis tersedu-sedu di kuburan. Kemudian Nabi Isa AS menghampiri lelaki tersebut, dan bertanya, wahai saudaraku, kenapa kau menangis tersedu-sedu di sini.?

Baca Juga :  Kisah Nabi Sulaiman AS Dan Mu’jizatnya Yang Menginspirasi

Kemudian lelaki itupun menjawab pertanyaan Nabi isa, aku menangis karna aku baru saja di tinggalkan oleh istriku. Kemudian Nabi isa pun kembali bertanya, “apakah kamu akan merasa senang jikalau istrimu kembali padamu.? Lelaki itupun langsung menjawab, tentu saja aku akan sangat senang dan bahagia. Jikalau istriku bisa hidup kembali, apakah kau bisa menghidupkan kembali istriku.?

Kemudian nabi Isa berdiri di salah satu makan dan berdoa meminta pertolongan kepada Allah agar di hidupkan lagi mayat istri lelaki tadi. Kemudian atas izin Allah munculah dari sebuah makam seorang lelaki yang sangat hitam wajahnya. Lalu lelaki hitam tadi mengatakan “laa ila haillallah Isa rosulullah.”

Karena bukan orang yang di maksud atau di tuju oleh lelaki yang menginginkan istrinya hidup, kemudian lelaki hitam tadi kembali lagi ke asalnya. Kemudian dengan secara tiba-tiba, tanah makam istri yang di maksud itu pun terbelah dan muncul seorang wanita. Nabi isa pun menanyai wanita tersebut, “Apakah engkau wanita yang di maksud lelaki ini.?”

Wanita itupun menganggukan kepalanya, kemudian Nabi Isa menyuruh lelaki tersebut membawa pulang istrinya. Lelaki itupun senangnya bukan main karna istri tercintanya telah hiidup kembali.

Setelah beberapa hari kemudian, Nabi Isa pun kembali mendatangi desa tersebut. Kemudian suami dari istri yang telah hidup kembali menemui nabi isa, Lelaki itupun bercerita kepada Nabi Isa bahwasanya istrinya telah cinta kepada seorang pemuda kemudian di bawa kabur.

Tak lama kemudian Nabi Isa menemui istri dari lelaki tadi, setelah bertemu kemudian nabi isa memberi pertanyaan kepada wanita yang telah di hidupkan. “Apakah kamu istri lelaki ini?”

Kemudian wanita itupun menjawab pertanyaan Nabi Isa AS, “Bukan, saya bukan istrinya, saya adalah budak sang pangeran.” Sambil bersembunyi di balik lelaki tersebut.

Kemudian nabi Isa bertanya kembali untuk ke dua kalinya kepada perempuan tadi. “Apakah kamu orang yang kubangkitkan dari kematian?” wanita itupun Masih bersembunyi, dan memberikan jawaban dengan menggelengkan kepalanya. “saya adalah budak pangeran, lelaki itu pendusta!” Seketika itu pula sang wanita tergeletak jatuh dan sudah tak beryawa lagi.

Nabi Isa AS kemudian berkata, “Barang siapa yang ingin melihat orang kafir (yang) dihidupkan lalu beriman lihatlah lelaki (yang hitam). Dan barang siapa yang ingin melihat orang beriman dihidupkan, lalu mati dalam keadaan kafir, lihatlah wanita ini.”

Baca Juga :  Kisah Nabi Ibrahim As Saat Di Utus Menyembelih Nabi Ismail

Kisah Nabi Isa AS Dengan Berbagai Macam Mujizatnya

Kisah Nabi Isa AS Diangkat Ke Langit oleh Allah

Karena kisah dan mu’jizat Nabi Isa AS yang luar biasa hebatnya pengikut Nabi Isa pun semakin banyak.  Pada saat itu pula, Raja Pilatus yang baru saja naik tahta dihasut oleh musuh-musuh Nabi Isa. Dengan cara memprofokasi raja Pilatus supaya nabi Isa tersingkir.

Setelah raja Pilatus mempercayai para musuh-musuh Nabi Isa, kemudian raja Pilatus mengirim pasukan untuk mencari Nabi Isa AS. Raja pilatuspun mengadakan saembara yang isinya, barang siapa yang bisa menangkap atau mengetahui keberadaan nabi Isa akan beri sebuah hadiah yang sangat besar. Karena embel-embel hadiah yang sangat besar, salah satu murid Nabi Isa AS tergiur akan hadiah yang hanya semata saja, yang bernama yudas.

Kemudian Yudas membocorkan tempat persembunyian Nabi Isa kepada raja pilatus. Nabi Isa pun tertangkap dan dikurung sebelum Nabi isa di siksa dengan cara di salib. Akan tetapi Allah yang maha pengasih Dan mengetahui tidak bisa membiarkan kekasihnya di siksa.

Saat di perjalanan menuju tempat penyaliban di Golgota, Allah mengangkat Nabi Isa AS ke langit. Dan Allah mengubah wajah seorang Yudas sehingga mirip dengan Nabi Isa AS.

Kemudian Yudas pun ditangkap karna wajahnya yang di telah dirubah oleh allah persis Nabi Isa dan disalib sambil disaksikan orang-orang kafir Bani Israil. Yudas pun berteriak histeris dan mengatakan bahwa mereka salah menangkap orang. Akan tetapi tidak ada satu pun orang yang mempercayainya. Dan pada akhirnya yudas pun tewas di atas tiang salib tertusuk tombak.

Dan hingga saat ini yang kita yakini dan wajib kita yakini, bahwasanya Nabi Isa masih hidup dan dijaga oleh Allah di langit. Bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda, bahwa Nabi Isa AS akan di turunkan kembali ke bumi di akhir zaman, guna membantu para ummat muslim untuk melawan DAJJAL.

Demikianlah tentang Kisah Nabi Isa AS, Dengan Berbagai Macam Mujizatnya. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita.