Doa Tolak Bala (Arab Latin) Beserta Terjemahan Yang Harus Diketahui

Posted on

Doa Tolak Bala (Arab Latin) Beserta Terjemahan Yang Harus Diketahui – Setiap manusia pasti tidak menginginkan musibah datang kepada dirinya. Meskipun demikian, musibah datang sebagai ujian yang diberikan oleh Allah SWT.

Kita sebagai seorang Muslim dianjurkan untuk berikhtiar dan Berdo’a kepada Allah SWT untuk memohon keselamatan dari segala musibah yang terjadi maupun yang akan datang. Pada kesempatan kali ini Dutadakwah akan membahas mengenai do’a tolak bala beserta terjemahannya. Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Doa Tolak Bala (Arab Latin) Beserta Terjemahan Yang Harus Diketahui

Do’a tolak bala diperuntukkan agar kita terhindar dari segala macam musibah, bencana, malapetaka dan hal-hal buruk lainnya atas izin Allah Subhannahu wa Ta’ala.  Rasulullah Shollallahu ‘alahi wa sallam  menyebutkan bahwa sedekah dapat menolak atau mengurangi tingkat musibah yang seharusnya menimpa kepada kita. Hal ini juga biasa disebut dengan tolak bala.

Mukadimah

السّلام عليكم ورحمة الله وبركاته بِسْمِ اللهِ  الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، الحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، الصَّلَاةُ وَ السَّلامُ  عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ:  أَمَّا بَعْدُ

Puji dan Syukur senantiasa kita panjatkan ke hadhirat  Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah lah yang maha agung. Shalawat serta Salam semoga tetap tercurah ke haribaan Nabi Agung Muhammad Shollallahu ‘alaihi wa sallam. Pembaca yang dirahmati Allah Hadanallahu wa Iyyakum ajma’in Aamiin. Untuk kita ketahui bersama bahawa setiap kita tentunya ingin selalu terhindar dari bahaya dan segala mala petaka.

Baca Juga :  Bacaan Kalimat Bismillah Arab, Latin, Arti dan Keutamaannya

Oleh karean itu semua penting bagi kita selalu bermunajat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dalm setiap keadaan. Doa itu ibadah dan sangat dianjurkan. Dengan doa in syaa Allah semua bisa dirubah oleh dzat yang maha bisa merubah yaitu Allah Subhanahu wa Ta’ala. Pada halaman ini kami aka berikan materi mengenai doa tolak bala yang ringkas dan mudah dihafal.

Tolak bala dengan sedekah

Sedekah juga merupakan bagia dari salah satu amal saleh yang menjadi wasilah penolak bala. Sebagaimana diterangkan dalam salah satu haits nabi Muhamad Shollallahu ‘alaihi wa sallam sebagai berikut;

وقال صلى الله عليه وسلم: الصَّدَقَةُ تَرُدُّ البَلاَء وَتُطَوِّلُ العُمْرَ

Artinya; Bersabda Nabi Shollallhu ‘alaihi wa sallam; “Bersedekah itu bisa menolak bala dan menjadi wsilah panjang umur” (ini kami kutip dari Kitab Tankihuo qaul bab Fadhilah Shodaqoh)

Doa Tolak Bala

Ada banyak macam lafadz bacaan doa tolak bala salah satu di anataranya adalah seperti yang kami tulis di bawah ini. Adapun lafadz do’a untuk menolak bala adalah sebagai berikut, sebelum membaca doa ini sebaiknya seseorang tersebut dianjurkan untuk membaca surat al-fatihah terlebih dahulu.

اللَّهُمَّ بِحَقِّ الفَاتِحَةِ وَسِرِّ الفَاتِحَةِ، يَا فَارِجَ الهَمِّ يَا كَاشِفَ الغَمِّ، يَا مَنْ لِعَبْدِهِ يَغْفِرُ وَيَرْحَمُ، وَيَا دَافِعَ البَلَاءِ يَا اللهُ يَا رَحْمَنُ، وَيَا دَافِعَ البَلَاءِ يَا اللهُ يَا رَحِيْمُ

Artinya, “Ya Allah, dengan hakikat dan rahasia Al-Fatihah, wahai pemberi jalan keluar, wahai pembuka atas kegelisahan, waha Tuhan yang kepada hamba-Nya mengampuni dan menyayangi, wahai penolak bala ya Allah wahai pengasih, wahai penolak bala ya Allah wahai penyayang,” (Lihat Perukunan Melayu, ikhtisar dari karya Syekh M Arsyad Banjar, [Jakarta, Al-Aidarus: tanpa tahun], halaman 50).

Baca Juga :  13 Adab dan Sunnah Ketika Bangun Tidur

Bacaan Di Akhir Doa

Setelah membaca doa diatas, dianjurkan untuk menutupnya dengan shalawat sebagai berikut:

Tulisan arabnya

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلَامً عَلَى المُرْسَلِيْنَ، وَالحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

Tulisan Indonesianya

Wa Shollallahu ‘alaa sayidina Muhammadin wa ‘alaa alihi wa shohbihi ajma’in, Subhana robbika roobil ‘izsati ‘amma yashifun, wa salaamun ‘alla mursalina wal hamdu lillahi robbil ‘aalamin.

Artinya,”Semoga Allah memberikan shalawat untuk Sayyidina Muhammad, keluarga, dan semua sahabatnya. Maha suci Allah dari segala apa yang mereka sifatkan. Salam Allah untuk para rasul-Nya. Segala puji bagi Allah tuha semesta alam,” (Lihat Perukunan Melayu, ikhtisar dari karya Syekh M Arsyad Banjar, [Jakarta, Al-Aidarus: tanpa tahun], halaman 50).

Kita selalu berharap melalui doa tolak bala ini supaya Allah Subhanhu wa Ta’ala selalu menjaga kita dari marabahaya dan segala keburukan. Wallahu’alam.

Cara Perajtek Doa Tolak Bala

Adapu cara memperaktekkan doa tolak bala tersebut di atas adalha sebagai berikut;

اللَّهُمَّ بِحَقِّ الفَاتِحَةِ وَسِرِّ الفَاتِحَةِ

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَلرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. ماَلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ. إِيِّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ. اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ. صِرَاطَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّآلِّيْنَ

اللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سَيِّدِ اْلأوَّلِيْن وَاْلأَخِـرِيْنَ وَسَلِّمْ وَرَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْ كُلِّ صَحَابَةِ رَسُوْلِ اللهِ أَجْمَعِيْنَ. آمين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ يَا فَارِجَ الهَمِّ يَا كَاشِفَ الغَمِّ، يَا مَنْ لِعَبْدِهِ يَغْفِرُ وَيَرْحَمُ، وَيَا دَافِعَ البَلَاءِ يَا اللهُ يَا رَحْمَنُ، وَيَا دَافِعَ البَلَاءِ يَا اللهُ يَا رَحِيْمُ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلَامً عَلَى المُرْسَلِيْنَ، وَالحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

Do'a Tolak Bala (Arab Latin) Beserta Terjemahan Yang Harus Diketahui
Do’a Tolak Bala (Arab Latin) Beserta Terjemahan Yang Harus Diketahui

Nah itulah tadi penjelasan materi mengenai; Doa Tolak Bala (Arab Latin) Beserta Terjemahan Yang Harus Diketahui. Semoga materi singkat ini dapat bermanfaat dan berkah buat pembaca khususny umumny buat kita sekalian. Terimakasih atas kunjungannya wallahul muwaffiq.

Baca Juga :  Doa Sebelum Tidur dan Doa Setelah Tidur Arab dan Terjemah