√ Doa Keluar Rumah, Arab, Indonesia dan Terjemahnya

Posted on

Doa Keluar Rumah, Arab, Indonesia dan Terjemahnya Melelui kesempatan ini Duta Dakwah akan menerangkan Doa Keluar dan masuk Rumah Tulisan Arab, Indonesia dan Terjemahannya.

Sudah sama-sama kita ketahu bahwa Doa adalah Otaknya Ibadah, dengan banyak berdoa serasa hidup kita tenang dan tentram.

Doa Keluar Rumah, Arab, Indonesia dan Terjemahnya

Doa itu sangat penting bagi kita sebagai seorang muslim dan kita dianjurkan untuk banyak-banyak berdoa dalam segala aktivitas. Untuk lebih jelasnya secara rinci mari kita ikuti saja uraian kami berikut ini:

Mukodimah

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ

الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ اَنْعَمَ عَلَيْنَا بِنِعْمَةِ الْاِيْمَانِ وَالْاِسْلَامِ وَهَدَىنَا عَلَى الدِّيْنِ الْاِسْلَامِ صَلَاةُ اللهِ وَسَلَامُهُ عَلَى خَيْرِ الْأَنَامِ وَءَالِهِ وَصَحْبِهَ اَجْمَعِيْنَ، أمَّا بَعْدُ

Kaum Muslimin muslimat Rahimakumullah, Segala Puji milik Allah yang wajib kita memuji-Nya. Dengan ni’mat dari Allah yang kita ni’mati selama ini mari kita senantiasa sedapat mungkin mensyukurinya

Loading...

Pada setiap hari keumumannya kita suka meniggalakam rumah dengan tujuan yang tentunya berbeda-beda, oleh karenanya alngkah baiknya meski keluar rumah itu hanya sekedar mau ke pasar yang tidak terlalu jauh, alangkah baiknya kita selalu membiasakan berdoa.

Arti Doa

Doa artinya permohonan yang diajukan dari makhluq kepada Kholiqnya, ya’ni permohonan hamba yang tidak ada daya dan kekuatan apapun kecuali hanya karena pertolongan dari Allah SWT ia mengajukan permohonanya kepa Allah dalam segala urusan.

Allah Subhanahu wa ta’al memerintah kita berdoa sebagaimana Firmannya:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ (غافر،٦٠

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman: “Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. (QS. Ghofir, 60)

Baca Juga :  √ Bacaan Ziarah Kubur Kedua Orang Tua Singkat (Indonesia)

Dan dalam Kitab Tankihul-qaul Bab Doa Nabi s.a.w bersabda:

وَقَالَ النَّبِيُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: الدُّعَاءُ مُخُّ الْعِبَادَةِ (رواه الترمذي عن أنس، وهو حديث صحيح

Artinya: Bersabda Nabi Sollallahu ‘alaihi wa sallama: “Doa itu adalah merupakan initisarinya ‘ibadah” (HR. al-Thabrani dari Anas, Hadits ini Shohih)

Dengan demikian kami anggap penting dalam hal berdoa dan doa tidak boleh dianggap sepele.

Keluar Rumah

Yang dimaksud dengan keluar rumah adalah setiap masing-masing kita keluar dari rumah hendak kemana pun kita itu sangat dianjurkan berdoa, apalagi kalau kita mau bepergian jauh tentu sangat diutamakan, sebab tidak ada jaminan setiap kita keluar dari rumah pasti selamat kalau tidak adanya perlidungan dan pertolongan Allah SWT. Maka sudah semestinya sebagai seorang mukmin dalam barbagai aktivitasnya senantiasa berpasrah kepada Allah Ta’ala yang wajib kita sembah dan kita mintai pertolongan-Nya

Ada yang perlu kita perhatikan dan menjadi pertimbangan bahwa Allah SWT sangat mencintai orang yang selalu melazimkan berdoa sebagaimana sabda nabi berikut ini:

وقال صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:  إنَّ الله تَعَالى يُحِبُّ المُلِحِّينَ في الدُّعَاءِ (رواه الحكيم وابن عدي والبيهقي عن عائشة، وهو حديث ضعيف

Artinya: Dan Bersabda Nabi s.a.w. : “Sesungguhnya Allah SWT dia mencintai orang-orang yang selalu konsisten dalam berdoa” (Kutipan dari Kitab Tankihul-Qaul Bab Doa) HR. AL-Hakim, Ibnu ‘Ady dan Al-Baihaqi dari Aisyah r.a. dan hadits itu dho’ip.

Memang Hadits ini dibilang dho’ip, akan tetapi memperhatikan ma’nanya sangat baik di’amalakan karena berhubungan erat dengan hadits-hadits shohih tentang perintah berdoa.

Dikesempatan ini kami tidak menerangkan tentang sholat sunnah sebelum bepergian atau sholat sunnah saffar, kali ini kita hanya menerangkan doa keluar rumah dan doa masuk rumah yang sudah barang tentu setiap hari akan kita ‘amalkan karena banyak kemungkinan diantara kita akan keluar dan masuk rumah pada setiap harinya untuk menjalankan tugas kita masing masing seperti ke kantor, toko, kebun dan sebagainya.

Doa keluar rumah tulisan arab

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، بِسْمِ اللهِ ءَامَنْتُ بِاللهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لَاحَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Doa keluar rumah tulisan Indonesia

Bismillahir rohmanir rohiim; Bismalahi amantu billahi, Tawakaltu’alallohi Lahaula wala quwata ila bilahil ‘aliyil’adzim.

Terjemah Doa Keluar rumah

Dengan nama Alllah yang maha pengasih lagi maha penmyayang, “Dengan nama Allah aku beriman kepada Allah, aku berserah diri kepada Allah tidak ada daya dan kekuatan melainkan atas pertelongan Allah yang maha tinggi lagi maha agung”.

Ta’awudz Doa Keluar rumah  tulisan Arab

Ta’awudz ini di bawah ini, Jika diperlukan alangkah baiknya disambungkan dengan lafadz doa di atash atau boleh juga mendahuluka Ta’awudz ini lalu mengucapkan Bismillahi Tawkkaltu dst..:

Baca Juga :  √ Tata Cara Ibadah Haji Umroh Do’a Arab & Latin (Lengkap) IV

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

Ta’awudz Doa Keluar rumah tulisan Indonesia

Allahumma inniy a-’udzu bika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw adzlima aw udzlama, aw ajhala aw yujhala ‘alayya.

Terjemah Ta’awudz Doa Keluar rumah

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari: aku tersesat, atau aku disesatkan, atau aku tergelincir, atau aku digelincirkan, atau aku mendzolimi, atau aku didzolimi, atau kebodohanku atau dibodohi atasku.

Adab berdoa keluar rumah

  1. Arahkan Pandangan ke atas (ke langit)
  2. Angkat kedua belah tangan setengah dada
  3. Bacakan doa keluar rumah sampai selesai
  4. Mengusap muka setelah selesai doa
  5. Langkahkan kaki sebelah kanan terlebih dulu sambil berucap dengan khusyu’: “Bismalahi amantu billahi, Tawakaltu’alallohi Lahaula wala quwwata ila bilahil ‘aliyil’adzim.”

Masuk Rumah

Pulang dari Kantor, Pasar, Toko, Kebun dan lain sebagainya tentu ada tatak ramanya, tidak asal begitu saja langsung masuk rumah tanpa salam, walaupun itu rumah sendiri dan sedang tidak ada orang di dalamnya.

Sebagai seorang muslim yang senantiasa menjalankan apa yang dicontohkan oleh Rosulullah s.a.w. ketika keluar rumah dan masuk rumah dengan melakukan adab-adab yang dianjurkan.

Islam sudah mengatur segala urusan mulai dari urusan yang terbesar sampai dengan yang terkecil, tidak ada satu titik pun yang tidak diatur dalam islam, dan kalau kita tahu maka sudah barang tentu semua itu menjadi ladang pahala untuk bekal kita ketika jaga.  Termasuk saat memasuki rumah juga ada adabnya yang sudah dicontohkan dan dianjurkan oleh Rosulullah s.a.w.

Adab Masuk Rumah

  1. Mengucapkan Salam meskipun di rumah sedang tidak ada orang
  2. Mengetuk pintu dengan tidak terlalu keras jika ada orang di dalam rumah
  3. Berdoa meski dengan bahasa daerah
  4. Mendahulukan kaki kanan

Bacaan salam masuk rumah sendiri

Ada dua bacaan salam ketika masuk rumah sendiri:

Pertama: jika kita masuk ke rumah sendiri sedangkan di dalam rumah sedang kosong tidak ada orang, maka kita masih dianjurkan membaca salam sebagaimana dinuqil dari kitab Tankihul-Qaul Bab Salam:

وَقَالَ النَّوَوِيُّ: يُسْتَحَبُّ إِذَا دَخَلَ بَيْتَهُ أَنْ يُسَلِّمَ، وَإِنْ لَمْ يَكُنْ فِيْهِ أَحَدٌ، وَلْيَقُلْ السَّلَامُ عَلَيْنَا، وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ، وَكَذَا إِذَا دَخَل مَسْجِدًا أَوْ بَيْتَا لِغَيْرِهِ لَيْسَ فِيْهِ أَحَدٌ يُسْتَحَبُّ أَنْ يُسَلِّمَ، وَأَنْ يَقُوْلَ: السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادَ اللهِ الصَّالِحِيْنَ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الْبَيْتِ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Artinya: Imam An Anawawi berkat: Disunahkan ketika masuk ke rumahnya agar mengucapkan salam, meskipun di dalam rumah tidak ada siapa-siap, dan sebaiknya ucapkan lafadz: “Assalamu ‘alaina wa ‘ala ‘ibadillahis sholihin”. Demikian juga ketika masuk masjid atau rumah yang lainnya yang di dalamnya sedang tidak ada seseorang pun, ia dianjurkan bersalam, dan ia agar mengucapakan: “Assalamu ‘alaina wa ‘ala ‘ibadillahis sholihin, Assalamu ‘alaikum ahlal-baiti wa rohmatulahi wa barokatuh”

Kedua: Jika Masuk kerumah sendiri dan di dalamnya ada orang, maka itu juga dianjurkanmengcapkan salam seperti biasa.

Baca Juga :  √ Bacaan Ziarah Di Kuburan Almarhum Ayah Singkat (Indonesia)

Bacaan Salam Masuk Rumah yang sedang tidak ada orangnya tulisan arab

السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادَ اللهِ الصَّالِحِيْنَ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الْبَيْتِ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bacaan Salam Masuk Rumah yang sedang tidak ada orangnya tulisan indonesia

Assalamu ‘alaina wa ‘ala ‘ibadillahis sholihin, Assalamu ‘alaikum ahlal-baiti wa rohmatulahi wa barokatuh

Terjemahan Salam:

“Semoga Keselamatan tetap atas kami semua dan semoga pula keselamatan tetap atas hamba-hamba Allah yang Sholih, Adapun Keselamtan, Kasih sayang Allah dan keberkahan-Nya semoga tetap atas kalian keluarga rumah ini”

Doa Keluar Rumah
Doa Keluar Rumah

Doa masuk rumah tulisan arab

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Doa masuk rumah tulisan indonesia

“Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa”

Terjemah doa masuk rumah

 “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Rob kami, kami bertawakkal”

Demikian uraian tentang Doa Keluar Rumah, Arab, Indonesia dan Terjemahnya Mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua. Jika dalam uraian kami ini banyak hal yang kurang tepat dan tidak sesuai dengan nurani pembaca, maka abaikan saja uraian ini. Terima kasih atas kunjungannya dan mohon ma’af atas segala kekeliruannya, Ghofarollahu liy wa lakum.

بِاللهِ التَّوْفِيْقُ وَالْهِدَايَةُ و الرِّضَا وَالْعِنَايَةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ