√ Tata Cara Ibadah Haji Umroh Do’a Arab & Latin (Lengkap) IV

Tata Cara Ibadah Haji Umroh Do’a Arab & Latin (Lengkap) IVPada kesempatan kali ini Duta Dakwah. akan menuliskan Do’a-do’a dalam perjalanan Haji dan Umroh mulai keluar dari rumah sampai dengan niat Umroh Wajib.

Tata Cara Ibadah Haji Umroh Do’a Arab & Latin (Lengkap) IV

Untuk lebih jelasnya mengenai Do’a-do’a tersebut diatas, mari kita ikuti uraian berikut ini:

Mukodimah

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَى أَفْضَلِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى أٰلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ

Segala Puji bagi Allah SWT, Shalawat dan salamnya semoga tetap tercurah ke haribaan Nabi Agung Muhammad saw, keluarga dan shahabatnya semua, Amiin…

Do’a Ringkas Dalam Perjalanan Haji

Do’a-do’a ini kami rangkai mulai dari keluar rumah sampai dengan kepulangannya

Do’a keluar rumah:

بِسْمِ اللهِ ءَامَنْتُ بِاللهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لَاحَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Bismalahi amantu billahi, Tawakaltu’alallohi Lahaula wala quwata ila bilahil ‘aliyil’adzim

Artinya: Dengan nama Allah aku beriman kepad Allah,aku berserah diri kepada Allah tidak ada daya dan kekuatan melainkan atas pertelongan Allah yang maha tinggi lagi maha agung.

Do’a setelah berada di atas kendaraan:

بِسْمِ اللهِ مَجْرَىهَا وَمُرْسَهَا اِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرُ رَّحِيْمٌ

Bismilahi majreha wamursaha ina robbi laghofu-rurrohiym.

Artinya: Dengan nama Allah diwaktu berangkat dan berlabuh, sesungguhnya Tuhan benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Do’a Sewaktu kendaraan mulai berangkat :

بسم الله الرّحمن الرّحيم. الله اكبر، الله اكبر، الله اكبر سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَا لَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّا اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Subhanal ladzi sakhoro lana hdza wama kuna lahu mukriniyna wa ina ila robbina lamunqolibun

Baca Juga :  √ Apakah Zakat Harta Dikeluarkan Setiap Tahun? Ini Jawabannya

Artinya:Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Allah Maha Besar Allah Maha Besar Allah Maha Besar Maha Suci Allah yang telah menggerakkan untuk kami kendaraan ini kepada kami padahal kami tidak kuasa menggerakkannya. Dan sesungguhnya hanya kepada Tuhan, kami pasti akan kembali.

Do’a ketika tiba di tempat:

اللَّهُمَّ اِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ اَهْلِهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَاَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ اَهْلِهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا

Allohumma ini as-aluka khoiroha wakhoiro ahliha wakhoiro mafiha wa-a’udzu bika min syarriha wasyari ahliha wasyari ma fiha

Artinya: Ya Allah saya mohon kepadaMu kebaikan negeri ini dan kebaikkan penduduknya serta kebaikkan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepadaMu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya.

Apabila dalam Perjalanan haji kita masuk Gelombang Pertama, tentu kita akan ke Madinah dulu untuk ambil Arba’in, dan jika kita masuk ke Gelombang kedua, maka ke Madinahnya nanti setelah selesai haji. Nah sekarang kita anggap saja masuk Gelombang Pertama, berarti kita ke Madinah dulu.

Do’a masuk kota Madinah:

اللَّهُمَّ هَذَا حَرُمُ رَسُوْلِكَ فَاجْعَلْهُ لِيْ وِقَايَةً مِنَ النَّارِ وَأٰمَانَةً مِنَ الْعَذَابِ وَسُوْءِ الْحِسَابِ

Allohuma haza haromu rosulika faj’alhu li wiqoyatan minanar, wa-amanatan minal-‘azab wasu-ilhisab.

Artinya: Ya Allah, negeri ini adalah tanah haram RosulMu Muhamad,SAW, maka jadikanlah penjaga bagiku dari neraka, aman dari siksa dan buruknya hisab.

Do’a masuk Masjid Nabawi :

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاغْفِرْلِيْ ذُنُوْبِيْ وَافْتَحْلِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Allohumma sholi ‘ala sayidina Muhammad wa’ala ali sayidina Muhammad waghfirli dzunubiy waftahli abwaba rohmatik.

Artinya:  Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan atas penghulu kami Muhamad,SAW. dan keluarganya. Ampunilah dosaku dan bukakanlah untukku pintu-pintu rahmatMu.

Ibadah Umroh

Stelah selesai kegiatan di Madinah sesuai waktu yang telah dijadwalkan oleh Penyelenggara, maka untuk selanjutnya kita akan melaksanakan ‘Umroh wajib ke al-harom. Keberangkatan dari Madinah menuju Makkah Al-Mukarromah tergantung jadawal, misal jadwalnya besok pagi setelah sholat dzhuhur jama’ah akan bertolak ke Makkah untuk menunaikan ‘ibadah umroh wajib. Jika demikian maka setelah sholat shubuh jama’ah sudah melaksanakan Mandi sunanh untuk Ihrom Umroh. Bagi Jama’ah ibu-ibu sebaiknya tidak usah sholat dzuhur di Masjid Nabawi karena kebiasaan ibu-ibu aga lambat, jadi sholatnya di hotel saja, dan bagi bapak-bapak boleh sholat di Masjid Nabawi asal yakin tidak terlambat dan pada waktu sholat dzuhur di Nabawi bapak-bapak sudah berpakaian Ihrom tapi masih memakai celana dalam. Ba’da dzuhur setelah jama’ah kumpul, dan semua peralatan sudah masuk ke dalam bagasi mobil, selanjutnya jama’ah siap berangkat menuju Makkah namun itu tidak langsung ke Makkah, nanti akan mampir di Abyar Ali atau Bir Ali, di Bir Ali semua jama’ah turun menuju masjid Bir Ali, tempatnya masing-masing laki dan perempuan terpisah, di situ bagi yang tidak punya wudhu harus berwudhu dulu, Ingat bagi bapak-bapak harus sudah lepas smua pakaian yang berjahit termasuk pakaian rangkapan dalam dan selanjutnya menunaikan sholat Tahiyatal Masjid dua roka’at dilanjutkan sholat sunah Ihrom Umroh dua roka’at:

Baca Juga :  13 Adab Bertetangga Dalam Islam Beserta Dalilnya Lengkap

Niat Sholat Ihrom Umroh

أُصَلِّى سُنَّةً لِإِحْرَامِ الْعُمْرَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى اللهُ أَكْبَرْ

Usholli Sunnatal-li-ihromil-‘Umroti Rok’ataini Lillahi Ta’ala Allahu Akbar

Artinya: Saya niat Sholat Sunnah untuk menunaikan Ihrom  Umroh dua rok’at karena Allah ta’ala Allahu Akbar

Bacaannya sama seperti sholat sunah biasa apa saja yang bisa. Jika tidak bisa melafadzkan Usholi boleh berucap dengan bahasa masing-masing sebelum Takbirotul-Ihrom, dan pada sa’at berbarengan dengan Takbirotul-Ihrom maka hatinya harus mengucapkan: “Saya niat Sholat untuk menunaikan Ihrom  Umroh dua roka’at karena Allah Ta’ala”

Selanjutnya jama’ah kumpul dan naik lagi ke Mobil, cek semuanya jika semua sudah lengkap, maka pembimbing siap mamandu niat Umroh.

Niat ‘Umroh.

لَبَيْكَ اللَّهُمَّ عُمْرَةً

Labbayka Allohumma ‘umrotan.

Artinya: Aku sambut panggilanMu Ya Allah untuk ber umroh.(berhaji)

Dan sambung langsung dengan Talbiyah, Sholawat, Do’a Robbana Atina serta Do’a Ihrom:

Bacaan Talbiyat :

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لَاشَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، اِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لَاشَرِيْكَ لَكَ.

Labbayka Allohuma Labbayk  Labbayka la-syari kalaka labbayk, inal-hamda wanni’mata laka walmulk la-syarikalak.

Artinya: Aku datang memenuhi panggilanMu Ya Allah, Aku datang memenuhi panggilanMu, Aku datang memenuhi panggilanMu, tidak ada sekutu bagiMu, Aku datang memenuhi panggilanMu, sesungguhnya puji, ni’mat dan segenam kekuasaan adalah milikMu, tidak ada sekutu bagiMu.

Solawat & Do’a :

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اللَّهُمَّ إنِّيْ أسْئَلُكَ رِضَاكَ  وَالْجَنَّةَ وَأعُوْذُ بِكَ مِنْ سَخَطِكَ وَالنَّارِ رَبَّنَا ءَاتِنَافِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِيْ الْأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allohumma sholi ‘ala sayidina Muhammad wa’ala ali sayidina Muhammad, Allohumma iniy as-aluka ridhoka waljannata wana’udzubika min sakhotika wanar Robbana atina fidunia hasanah wafil-akhiroti hasanata waqina ‘adzabannar.

Baca Juga :  Dalil Waktu Afdhol Sholat Dhuha Jumlah Rakaat Lengkap

Artinya:Ya Allah berikan rahmat dan keselamatan atas penghulu kami Nabi Muhamad dan atas keluarganya. Ya Allah sesungguhnya aku bermohon kepadaMu keridhoanMu dan surga. Dan aku berlindung padaMu daripada murkaMu dan siksa neraka.  Wahai Tuhan kami brilah kami kebaikkan di dunia dan kebaikkan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka.

Tata Cara Ibadah Haji Umroh Do’a Arab & Latin (Lengkap) IV

Do’a Ihrom

اللَّهُمَّ اِنِّيْ اُحَرِّمُ نَفْسِيْ مِنْ كُلِّ مَا حَرَّمْتَ  عَلَى الْمُحْرِمِ فَارْحَمْنِيْ يَاأرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allohumma ini uharimu nafsiy mingkuli ma haromta ‘alalmuhrimi farhamniy ya-arhamar rohimiyn.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku mengharamkan diriku dari segala yang Engkau haramkan kepada orang yang ber ihrom karena itu rahmatilah aku ya Allah yang maha pemberi rahmat.

Selanjutnya terus bertalbiyah sampai ngantuk karena perjalanan Madinah Makkah cukup jauh, dan setibanya di Kota Makkah maka baca do’a masuk Kota Makkah atau kalao tidak hapal maka baca do’anya nanti saja setelah menempati kamar masing-masing, untuk lebih mudah membaca Do’a masuk Kota Makkah klik aja ini: Do’a Haji dan Umroh, Arab, Latin & Terjemah (Lengkap) V

Demikian ulasan tentang : Tata Cara Ibadah Haji Umroh Do’a Arab & Latin (Lengkap) IV  Semoga dapat memberikan manfaat untuk calon Jama’ah Haji. Kami Duta Dakwah Mengucapkan Terimakasih atas Kunjungannya. Jazakumullahu Khoiran Katsiro.

بِاللهِ التَّوْفِيْقُ وَالْهِدَايَةُ و الرِّضَا وَالْعِنَايَةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ

√ Tata Cara Ibadah Haji Umroh Do’a Arab & Latin (Lengkap) IV
5 (100%) 34 vote[s]