Tata Cara Sholat Doa Istikhoroh Waktu Dan Manfaatnya

Tata Cara Sholat Doa Istikhoroh Waktu Dan Manfaatnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Sholat Itikhoroh. Yang meliputi tata cara sholat istikhoroh doa dan manfaatnya dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silahkan simak ulasan Dutadakwah.co.id dibawah ini dengan seksama.

Tata Cara Sholat Doa Istikhoroh Waktu Dan Manfaatnya

Memohon petunjuk dan pertolongan kepada Allah SWT. terhadap semua permasalahan hidup dan kehidupan yang menimpa ini adalah bagian terpenting dan terbaik untuk lebih memastikan langkah selanjutnya. Maka dalam hal ini Islam sendiri telah menganjurkan salah satu amalan penting yang senantiasa mampu memberikan jalan dan titik terang dalam memutuskan mengambil tindakan untuk kedepannya.

Amalan tersebut adalah sholat istikhoroh, yang berarti meminta untuk ditunjukkan pilihan yang sesuai dan tepat dengan tuntunan agama. Sebagaimana yang telah diterangkan dalam sebuah hadits Rasulullah SAW. diriwayatkan dari Jabir ibnu Abdillah RA.:

Artinya : “Jika diantara kalian hendak melakukan perkara/urusan, maka rukuklah (shalatlah) dua rakaat kemudian berdoa…” (HR. Bukhori).

Maka dari itu kiranya penting kita sebagai umat islam untuk lebih selektif dan perspektif dalam menentukan pilihan mulai dari jodoh, karir dan semua hal dalam kehidupan ini yang membutuhkan kepastian. Selain bisa menentukan apa yang harus dikerjakan dan dilakukan kedepannya. Sholat istikhoroh adalah salah satu sunnah baginda Rasulullah SAW. yang senantiasa dituruti dan diamalkan oleh semua umatnya.

Adapun tata cara pelaksanaannya mulai dari niat, doa dan amalan sholat istikhoroh itu sendiri tidak jauh berbeda dengan sholat-sholat sunnah lainnya. Hanya saja ada anjuran dan keunggulan khusus dalam waktu pelaksanaan sholat istikhoroh tersebut. Dengan melalui pengamalannya itu, upaya kita dalam mendapatkan petunjuk Allah SWT melalui amalan sholat istikhoroh itu bisa lebih jelas lagi.

Baca Juga :  Pengertian Dan Dasar Menikah Menurut Islam

Sebagaimana yang telah diriwayatkan dalam keterangan hadits tersebut yang mana didalamnya terdapat kata “al-amr” yang berarti perkara atau urusan yang mengandung makna umum. Dengan demikian berbagai perkara wajib tidak perlu di istikhorohi. Sebab kita tidak punya pilihan lain, yakni yang wajib harus dilakukan dan yang haram harus ditinggalkan. Tidak perlu istikharah apakah akan mengerjakan shalat atau tidak misalnya.

Berikut doa sholat istikhoroh

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilhan yang tepat kepadamu dengan ilmu pengetahuan-Mu dan aku mohon kekuasaan-Mu (untuk mengatasi persoalanku) dengan kemahakuasaan-Mu. aku memohon kepada-Mu sesuatu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau Mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal ghaib. Ya Allah apabila mengetahui bahwa urusan ini (orang yang mempunyai hajat hendaknya menyebut persoalannya) lebih bai dalam agamaku dan akibatnya terhadap diriku sekseskanlah untuk ku, mudahkan jalannya, kemudian berilah berkah. akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, perekonomian dan akibatnya kepada diriku. maka singkirkan persoalan tersebut dan jauhkan aku dari padanya. Takdirkan kebaikan untukku di mana saja kebaikan itu berada. Kemudian berilah kerelaan-Mu kepadaku.”

Demikianlah tentang Tata Cara Sholat Doa Istikhoroh Waktu Dan Manfaatnya. Semoga ulasan tersebut dapat memberikan manfaat sehingga dapat memberikan petunjuk kepada kita semua. terima kasih.

Tata Cara Sholat Doa Istikhoroh Waktu Dan Manfaatnya
5 (100%) 1 vote