√ Cara Mencari Arah Kiblat Menentukan Sholat

Cara Mencari Arah Kiblat Menentukan Sholat – Pada kesempatan ini Duta Dakwah akan menjelaskan tentang penentuan arah kiblat baik secara offline maupun online sesuai kaidah islam. Dengan penjelasan dan keterangan secara singkat. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Cara Mencari Arah Kiblat Menentukan Sholat

Dalam menjalankan ibadah sholat diharuskan untuk menghadap kiblat, untuk dapat mengetahuinya dibutuhkan sebuah alat yang mampu mendeteksi arah kiblat seperti salah satunya dengan menggunakan kompas arah kiblat. Kini keberadaannya mudah dan gampang sekali karena sudah tersedia di beberapa media canggih seperti handphone dan gadged lainnya. Dengan aplikasi yang dibuat, maka penggunaannya itu adalah alternatif terbaik bagi umat islam.

Sedangkat manfaat dasar dari penggunaan alat ini selain untuk mengetahui waktu, arah dam juga jadwal sholat, secara pelaksanaannya itu bisa lebih dipastikan beberapa derajat mata angin yang mengarah kepada kiblat tersebut. Segingga dengan menggunakan alat kompas pencari arah kiblat di indonesia terutama bisa berpengaruh pada pelaksanaan ibadah sholat itu sendiri. Sebab sudah menjadi ketentuan dari syarat sah sholat, dalam arti jika tidak menghadap kearah kiblat maka sholatnya itu dihukumi tidak sah.

Untuk itu dalam pengoptimalan menggunakan media harus diperlukan, agar mengetahui kepastian melihat arah kiblat. Apalagi sekarang sudah tersedia beberapa GPS google net untuk memudahkan dalam menentukan arah kiblat sesuai dengan letak sebuah daerah tersebut. Baik seperti kota, desa bahkan bagi yang timur atau barat dari kota mekkah maupun dari arah sebaliknya. Semua itu bisa dipakai secara manual dan otomatis oleh siapa pun sebagai aplikasi khusus yang digunakan umat islam di rumah.

Baca Juga :  √ Lafadz Niat Zakat Fitrah, Doa Arab, Latin & Terjemahnya

Ketetentuan dari pencarian untuk mengetahui dan menentukan ainul kiblat ka’bah sebagai kiblatnya umat islam terutama untuk melaksanakan ibadah sholat. Merupakan bagian terpenting dari segi pelaksanaan dan pengamalannya, sebab selain sudah di syariatkan dan diperintahkan, mengarah kiblat pada waktu shalat adalah termasuk pada syarat sahnya sholat.

Sebagaimana dijelaskan dalam Q.S Al-Baqarah ayat 144 :

فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ

Artinya : Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram.”

Dan dalam Hadits Bukhori menerangkan,

إِذَا قُمْتَ إِلَى الصَّلَاةِ فَاَسْبِغِ الْوُضُوْءَ، ثُمَّ اسْتَقْبِلِ الْقِبْلَةَ فَكَبِّرْ

Artinya : “Apabila kamu hendak shalat, maka berwudhulah dengan sempurna, kemudian menghadap ke kiblat, lalu bertakbirlah.”

Cara menentukan arah kiblat secara manual dengan kompas

Kompas mesti berada di bidang datar. apabila jarum kompas menunjuk kearah yang sesuai medan magnet, maka tarik garis searah utara serta selatan.

Selanjutnya buatlah garis tegak lurus memotong garis utara serta selatan, di mana garis tersebut menunjukkan arah barat hingga timur. Apabila arah barat kiblat sudah diketahui maka buatlah garis sesuai nilai perhitungan arah kiblat dengan deklarasi magnetik, sebab sistem kerja kompas ialah gaya gravitasi bumi dan medan magnet.

Dari cara seperti tadi adalah menggunakan kompas biasa, sedangkan ada satu jenis kompas yang berspesifikasi khusus untuk menentukan arah kiblat yaitu Kompas Arah Kiblat.

Cara mengetahui arah kiblat secara manual

Cara untuk mengetahui arah qiblat bisa dilakukan dengan secara manual dari rumab sebagai beikut:

  1. Dengan mengetahui lokasi rumah terhadap posisi Ka’bah
  2. Memanfaatkan posisi matahari
  3. Menggunakan jam matahari
  4. Menggunakan jam tangan
  5. Menggunakan kompas
  6. Menggunakan teknologi aplikasi arah kiblat

Aplikasi penunjuk arah kiblat secara online

Cara Untuk mengetahi arah qiblat dengan aplikasi atua secara online itu sebagai berikut:

  1. Find Qiblat Pro
  2. Islamic compass Qibladirection
  3. Visual Qiblah
  4. Muslim Pro: Waktu Sholat Quran
  5. Kompas arah Kiblat dan sholat
  6. Arah Kiblat
  7. Kiblat Visual
  8. Cari arah Kiblat
  9. 100% Kiblat & Sholat
  10. Qiblat Compass
Baca Juga :  √ Rukun Haji, Syarat, Wajib dan Panduannya (Lengkap) II

Dari berbagai macam cara menentukan arah kiblat ini, kita bisa lebih mudah dalam mengerjakan ibadah sholat dan juga tidak perlu bingung akan arah mana kita akan sholat. Dengan menggunakan kompas araha kiblat setidaknya bisa menetukan posisi kita saat akan mengerjakan sholat dan akan menghadap ke arah kiblat.

Demikian ulasan tentang Cara Mencari Arah Kiblat Menentukan Sholat. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita semua. Terimakasih.