Bacaan Doa Tata Cara Niat Sholat Ghaib Jenazah Untuk Mayit

Bacaan Doa Tata Cara Niat Sholat Ghaib Jenazah Untuk Mayit – Pada kesempatan ini Duta Dakwah akan membahas tentang Sholat Ghaib. Sudah menjadi kewajiban bagi setiap muslim bisa memberikan hal terbaik bagi muslim yang lainnya, seperti salah satunya ketika ada seorang mayit yang harus di urusi.

Meskipun hukumnya adalah fardhu kifayah atau bisa dikatakan gugur apabila sudah dikerjakan minimal oleh satu orang. Bila secara sengaja sama sekali tak ada yang menunaikannya maka status dosa akan menimpa umat islam secara umum.

Akan tetapi sudah menjadi tuntunan dan ajaran yang telah dilaksanakan oleh baginda Rasulullah SAW yang di syariatkan kepada hambanya. Dimana dalam proses pengurusan mayit dan ataupun bacaan penting lainnya seperti dari bacaan asmaul husna tersebut terdiri dari beberapa hal dimulai dari memandikan, mengkafani, mensholatkan dan menguburkannya. Semua itu adalah bagian dari tata cara mengurus mayit menurut syariat islam.

Bacaan Doa Tata Cara Niat Sholat Ghaib Jenazah Untuk Mayit

Tentu dalam segi pelaksanaannya terutama dalam hal sholat terdapat perbedaan dengan sholat-sholat lainnya pada tata cara pelaksanaannya. Dimana pada sholat mayit tersebut terdiri dari 4 takbir dan pada setiap takbir dilanjutkan dengan doa-doanya. Tidak rukuk dan sujud begitu juga tidak ada tahiyyat dalam pelaksanaan sholat mayit tersebut.

Meski sudah mengetahuinya secara bersama tentang tata cara dan bagaimana sholat jenazah itu. Namun tidak salahnya untuk saling mengingatkan semua hal yang berhubungan dengan mayit. Terlebih lagi masalah ini sudah menjadi kewajiban bagi setiap umat muslim yang tentunya menjadi bagian aktivitas dari amalan ibadah pada waktu pengurusan mayit tersebut.

Baca Juga :  5 Hikmah Puasa Sunnah Dalam Islam

Bila kita melihat tentang rukun-rukun yang harus dilaksanakan dalam sholat jenazah meliputi niat, 4 kali takbir, berdiri bagi yang mampu, membaca surat Al-Fatihah, membaca sholawat atas Nabi SAW. sesudah takbir kedua, doa untuk se jenazah sesudah takbir ketiga dan salam. Sebagaimana yang telah dijelaskan dan diterangkan dalam kitab-kitab fiqih pada umumnya.

Bacaan Niat Sholat Ghaib

Pertama, niat.

Niat wajib digetarkan dalam hati. Apabila dilafalkan secara lisan akan berbunyi:

Untuk jenazah laki-laki

Untuk jenazah perempuan

Niat sholat ghaib untuk jenazah yang diketahui identitasnya

Usholli alalmayyiti (-perempuan) alghooibi arba’a takbiroti fardhol kifayati (makmuman) lillahi ta’ala

Artinya : “Aku niat sholat atas mayit (….) empat kali takbir fardu kifayah karena Allah Ta’ala.”

Niat sholat ghaib untuk jenazah yang tidak diketahui identitasnyaUsholli ala man sholla alaihi arba’a takbiroti fardhol kifayati (makmuman) lillahi ta’ala

Artinya : “Aku sholat ghoib atas mayyit yang disholati imam empat kali takbir fardu kifayah makmum karena Allah Ta’ala.”

Takbir Pertama Bembaca Surat al-Fatihah

Takbir Kedua Membaca Sholawat

Membaca bacaan Shalawat ketika sedang tahiyat. Yaitu membaca shalawat atas Nabi Muhammad SAW seperti dibawah ini.

Takbir Ketiga Membaca Do’a

Membacakan doa untuk si Jenazah, seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW pada hadist berikut:

Artinya : “Ya Allah, ampunilah dia (mayat), berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempatkanlah dia di tempat yang mulia, luaskanlah kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkanlah dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau mebersihkan baju putih dari kotoran. Berilah dia rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga yang lebih baik daripada keluarganya di dunia, istri yang lebih baik dari istrinya (atau suaminya) dan masukkan dia ke surga, jagalah dia dari siksa kubur dan neraka.”

Baca Juga :  Bagaimana Ketika Shalat Tidak Hafal Surat Al-Fatihah?

Takbir Keempat Membaca Do’a

Artinya : “Ya Allah janganlah kami tidak Engkau beri pahalanya, dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya, dan berilah ampunan kepada kami dan kepadanya.”

Keenam, mengucapkan salam secara sempurna.

Setelah sholat ghaib selesai dilaksanakan kemudian membaca bersama-sama Surat Al Fatihah, kemudian imam membaca do’a sholat ghaib sebagai berikut :

Allaahumma shalli’alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa aali sayyidinaa muhammad. allahumma bihaqqil faatihati i’tiq riqabanaa wariqaaba haadzal mayyiti (kalau perempuan haadzihil mayyitati) minan naari. allahumma anzilirrahmata wal maghfirata alaa haadzal mayyiti (kalau perempuan haadzihil mayyitati) waj’al qabrahu (ha) raudlatan minal jannati walaa taj’alhu (ha) hufratan minan niraani, washallallaahu alaa khairi khalqihi sayyidana muhammadin wa alaa allihi washahbihii ajma’iin, wal hamdu lillahirabbil aalamiin.

Artinya: “Ya Allah, curahkanlah rahmat atas junjungan kita Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad. Ya Allah, dengan berkahnya surat Al Fatihah, bebaskanlah dosa kami dosa mayit ini dari siksaan api neraka.”

Ya Allah, curahkanlah rahmat dan berilah ampun kepada mayit ini. Dan jadikanlah kuburnya taman yang nyaman dari surga dan janganlah Engkau menjadikan kuburnya itu lubang jurang neraka. Dan semoga Allah memberi rahmat kepada semulia-mulia makhluk-Nya yaitu junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarganya serta sahabat-sahabatnya sekalian, dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam.”

Sedangkan doa untuk anak-anak adalah:

اَللَّهُـمَّ اجْعَلهُ فَرْطًا لِأَبَوَيْهِ وَسَلَفًا وَذُخْرًا وَعِظَةً وَاعْتِبَارًا وَشَفِيْعًا وَثَقِّلْ بِهِ مَوَازِنَهُمَا وَاَفْرِغِ الصَّبْرَ عَلَى قَلْبِهِمَا وَلاَ تَفْتِنْهُمَا بَعْدَهُ وَلَاتَحْرِمْهُمَا اَجْرَهُ

Demikian Bacaan Doa Tata Cara Niat Sholat Ghaib Jenazah Untuk Mayit. Semoga dapat bermanfaat dan memberikan tambahan ilmu pengetahuan untuk kita semua. Terima kasih.