√ Bacaan Dua Kalimat Syahadat, Artinya dan Penjelasannya

Bacaan Dua Kalimat Syahadat, Artinya dan Penjelasannya – Pada kesempatan ini Duta Dakwah akan membahas tentang Dua Kalimat Syahadat. Yang mana dalam pembahasan Dua Kalimat Syahadat ini kami bahas sesingkat-singkatnya.

Bacaan Dua Kalimat Syahadat, Artinya dan Penjelasannya

Untuk lebih jelasnya pembahasan singkat ini silahkan simak ulasan berikut ini:

Materi Pembahasan

بسم الله الرّحمن الرّحيم السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ ، فَلَا عُدْوَانَ إِلَّا عَلَى الظَّالِـمِيْنَ ؛ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ،سَيِّدِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ

Segala Puji Bagi Allah, shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi besar Muhammad s.a.w., Syahadatain atau Dua Kalimat Syahadat dalah Rukun Islam yang nomor satu. Seseorang belum dikatakan Muslim jika belum berikrar dengan mengucapkan Dua Kalimat Syahadat, oleh karena itu amat sangat penting setiap muslim-muslimat agar dapat memahami arti dari Dua kalimat Syahadat.

Setiap Muslim yang sudah ‘aqil baligh diwajibkan membaca Dua kalimat Syahadat sehari semalam dalam kedaan suci dari hadats besar dan kecil sedikitnya Sembilan kali, jika tidak berarti ia berdosa. Adapun Sembilan kali bacaan dua kalimat syahadat tersebut yang kami maksudkan adalah bacaan “TASYAHUD” pada waktu shalat fardhu dalam sehari semalam.

Lain dari yang kami sebutkan di atas, tak jarang pula kami menemukan dimasyrakat umum para calon pengantin ketika disuruh membaca Dua Kalimat Syahadat oleh Penghulu atau naib Penghulu, mereka banyak yang kesulitan, kalaupuntoh bisa tapi sangat disayangkan bacaannya sering terjadi salah, oleh karena itu maka Duta Ddakwah di sini akan sedikit menjelaskan bacaan yang benar. Berikut ini Tulisan Syadatain Arab dan Indonesia:

Baca Juga :  √ Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Bagi Nabi & Rasul serta Artinya

Bacaan Dua Kalimat Syahadat Arab & Indonesia

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ   وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

ASYHADU ALA-ILAHA-ILLALLAH. WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR ROSULULLAH

Artinya: Aku bersaksi Bahwa Tidak ada Tuhan Kecuali Allah. Dan Aku Bersaksi Bahwa Nabi Muahmmad itu adalah Utusan Allah.

Terjemahan ini hanya sesuai arti dari Teks yang di baca, adapun maksud dari kata: “ILAHA” itu artinya Tuhan, pengertian Tuhan itu adalah setiap apapun yang disembah, sekalipun itu benda mati misalnya batu, jika batu tersebut disembah berarti batu itu Tuhan. Kayu disembah, berarti Kayu juga Tuhan. Jadi kalau bicara Tuhan itu bisa banyak sebab segala sesuatu apapun itu jika didewa-dewakan diyaqini secara ‘aqidah misalanya mengi’tiqadkan sesuatu dengan yaqin tanpa bersandar kepada Allah maka berarti telah menuhankan kepada sesuatu tersebut. Contoh: “Aku Sakit Kalau aku tidak diobati si Fulan pasti aku mati” keyakinan yang seperti ucapan tersebut itu artinya telah menuhankan kepada “si Fulan” sedangkan di dalam islam hal semacam itu tidak boleh tertjadi.

Maksud yang sebenarnya

Adapun Makna dari Dua Kalimat Syahadat yang sebenarnya, yakni dari bacaan:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ   وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

ASYHADU A LA-ILAHA ILLALLAH. WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR ROSULULLAH

Dalam makna yang dimaksudkan adalah : Aku bersaksi Bahwa Tidak ada Tuhan yang hak wajib disembah Kecuali Allah. Dan Aku Bersaksi Bahwa Nabi Muahmmad itu adalah Utusan Allah.

Bacaan Dua Kalimat Syahadat yang salah:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدُ رَّسُوْلُ اللهِ

ASYHADU ALA-ILAHA-ILLALLAH. WA ASYHADU ANNA MUHAMMADUR ROSULULLAH

Kalau mau dibaca: MUHAMMADUR ROSULULLAH itu tidak menggunakan huruf Anna dan ini tidak digunakan pada Dua Kalimat Syahadat, tapi digunakan pada kalimat Tahlil Yaitu:

Baca Juga :  Pengertian 6 Rukun Islam Dan 5 Rukun Iman Serta Penjelasannya

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ مُحَمَّدُ رَّسُوْلُ اللهِ

LA-ILAHA-ILLALLAH. MUHAMMADUR ROSULULLAH

Artinya: Tidak ada Tuhan yang hak wajib disembah Kecuali Allah. Dan Adapun Nabi Muhammad itu adalah Utusan Allh

Dan kalau dibaca : لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ مُحَمَّدً رَّسُوْلُ اللهِ (LA-ILAHA-ILLALLAH. MUHAMMADAR ROSULULLAH) ini juga bacaan yang salah

Bacaan Tahlil dan Dua Kalimat Syahadat yang benar adalah:  أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

ASYHADU A LA – ILAHA –ILLA LLAH. WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR ROSULULLAH

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ مُحَمَّدُ رَّسُوْلُ اللهِ   LA-ILAHA-ILLALLAH. MUHAMMADUR ROSULULLAH

Demikian Pembahasan singkat yang kami ketengahkan, Terimakasih atas segala perhatian dan mohon ma’af atas segala kekurangan.

بِاللهِ التَّوْفِيْقُ وَالْهِدَايَةُ و الرِّضَا وَالْعِنَايَةُ ثُمَّ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ

Demikian ulasan : Bacaan Dua Kalimat Syahadat, Artinya dan Penjelasannya mudah-mudahan memberikan manfaat bagi yang memerlukan.Terimakasih