17 Keutamaan Sedekah Menurut Al-Qur’an dan Hadits

17 Keutamaan Sedekah Menurut Al-Qur’an dan Hadits – Pada kesempatan kali ini, dutadakwah akan membahas mengenai sedekah. Sudah tidak asing lagi jika kita mendengar istilah sedekah.Sedekah merupakan bukti iman dan ketaatan manusia pada Allah SWT. Sedekah itu tidak dipaksakan, akan tetapi panggilan hati dan jiwa untuk melakukannya dengan ikhlas dan membahagiakan hati orang lain.

Jika berbicara tentang sedekah itu luas. Karena sedekah tidak hanya berbentuk harta benda saja, akan tetapi halnya ibadah-ibadah fisik non materi. Misal menolong orang lain dengan tenaga maupun pikirannya, memberikan nafkah keluarga, senyum, memberikan ilmu, berdizikir, bahkan melakukan hubungan suami istri pun sedekah. Namun, agar lebih utama harta benda yang kita miliki pun juga harus disedekahkan kepada orang yang membutuhkan.

Nabi bersabda: “Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu.”(HR. Bukhari).

“Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah.” (HR. At-Tirmidzi).

Allah SWT memberikan banyak balasan kepada orang-orang yang gemar dan suka bersedekah. Nah untuk mengetahui keutamaan-keutamaan sedekah, marilah kita simak penjelasan berikut ini:

17 Keutamaan Sedekah Menurut Al-Qur’an dan Hadits

Adapun keutamaan bersedekah menurut Al-Qur’an dan Hadits adalah sebagai berikut:

1. Dilipat Gandakan Pahala Oleh Allah SWT.

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

Baca Juga :  Beberapa Keistimewaan Di balik Shalat Malam

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al-Hadid: 18)

Dalam Hadits Qudsi, dikatakan yang artinya: “Barang siapa berniat untuk bersedekah, kecepatan Allah membalasnya lebih dari gerakan sedekahnya.”

Dalam Al-qur’an surat Al-Baqarah ayat 261, Allah SWT berfirman yang artinya: “Perumpamaan orang-orang yang mendermakan (shodaqoh) harta bendanya di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipat gandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (anugrahNya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqoroh: 261)

2. Mendapatkan Naungan Pada Hari Akhir

Salah satu jenis manusia yang akan mendapatkan naungan kelak pada hari akhir adalah orang yang gemar bersedekah. Dan ia menyembunyikan dari tangan kirinya. Nabi Saw bersabda yang artinya:

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, maka ia menyembunyikan amalnya itu sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari)

3. Menghapuskan Dosa-Dosa

Nabi Saw bersabda: “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi).

Namun bukan berarti dosa-dosa begitu saja terhapuskan tanpa diiringi dengan taubat dan perbuatan yang baik. Seperti perbuatan maksiat, memperoleh harta dari cara yang tidak halal. Tentu tidak akan menghapuskan dosa-dosa yang dimiliki.

4. Dapat Memisahkan Diri Dari Neraka

Bersedekah tidak hanya dengan harta, jika memiliki makanan, pakaian, apapun itu yang bermanfaat untuk orang lain. nabi Saw bersabda: “Bersedekahlah kamu sekalian, karena sesungguhnya sedekah itu pemisah dari neraka.”

Nabi bersabda: “Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma.”(Muttafaqun ‘alaih).

5. Memadamkan Panasnya Alam Kubur

Nabi SAW bersabda: “Sesungguhnya sedekah itu benar-benar akan dapat memadamkan panasnya alam kubur bagi penghuninya, dan orang mukmin akan bernaung dibawah bayang-bayang sedekahnya.” (HR. At-Thabrani).

6. Memanjangkan Umur

Dalam sebuah hadits dikatakan: “Sesungguhnya didalam sedekah itu ada lima perkara yaitu menjadi obat penyakit, Sedekah itu bisa menambah harta kekayaan mereka, Allah akan menghindarkan bahaya dari mereka, Mereka akan melewati jembatan shiratal mustaqim seperti halilintar yang menyambar, dan Mereka akan masuk kedalam surga tanpa dihisab dan disiksa.

Nabi Muhammad Saw bersabda: “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.” (HR. Thabrani).

7. Amalan Yang Tidak Putus Sampai Mati

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, bahwa Nabi SAW bersabda: “Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya, kecuali tiga perkara yaitu: Shodaqoh jariyah, anak yang sholeh yang memohonkan ampunan untuknya (Ibu dan bapaknya) dan ilmu yang berguna setelahnya.”

Baca Juga :  Bacaan Doa Setelah Shalat Witir Lengkap Beserta Latin Terjemahan

8. Menambah Harta Kekayaan

Ketika kita hendak bersedekah, jangan takut untuk berkurang hartanya. Karena sedekah itu meluaskan, melapangkan, dan membuka pintu rezeki. Nabi Saw bersabda: “Tidak akan berkurang rezeki orang yang bersedekah, kecuali bertambah, bertambah dan bertambah.”

Dalam Al-qur’an surat saba ayat 39, Allah SWT berfirman: “Apapun harta yang kalian infakkan maka Allah pasti akan menggantikannya, dan Dia adalah sebaik-baik pemberi rezeki.”

9. Mengobati Penyakit

Atas izin Allah SWT bersedekah dapat menyembuhkan berbagai penyakit hati. Sebab sedekah dapat membersihkan hati, pikiran, dan atas seizin Allah SWT maka akan diringankan dan menyembuhkan penyakit-penyakit yang gemar bersedekah. Rasulullah Saw bersabda: “Obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan bersedekah.”

10. Meringankan Sakratul Maut

Dari Hasan Rasulullah SAW menyebut kematian, kesusahannya dan kepedihannya, lalu beliau bersabda yang artinya: “Kematian itu kadarnya tiga ratus pukulan dengan pedang.” Dengan bersedekah insyaAllah akan sangat membantu dalam meringankan sakaratul maut.

11. Meredakan Amarah Allah SWT

Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Sedekah meredakan kemarahan Allah dan menangkal atau mengurangi kepedihan sakaratul maut.”

12. Penerang Alam Kubur

Ikhlas dalam bersedekah dapat memberikan penerangan di alam kubur. Amalan yang satu ini tidak lagi diragukan balasannya dari Allah SWT.

13. Sebagai Pembela dan Syafa’at Bagi yang Bersedekah Kelak Di Akhirat

Tidak ada yang mampu dan bisa menolong kita kelak di akhirat kecuali amalan-amalan yang pernah kita buat selama di dunia. Sedekah dapat menjadi pembela dan memberikan kelak syafaat di akhirat.

14. Menghindarkan dari Segala Bala’ (Marabahaya)

Rasulullah saw bersabda: “Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah”.
Dari nabi SAW bersabda: “Asshodaqotu tasuddu sab’iina baaban minas suu-i” artinya: “Shodaqoh itu menutup tujuh puluh pintu kejahatan”.

Sedekah itu penyubur pahala, penolak bala’, menahan kejahatan dan musibah serta rezeki yang dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Baca Juga :  Doa Ketika Mendengar Suara Petir Beserta Latin Terjemahan Lengkap

15. Melewati Jembatan Shiratal Mustaqim dengan Cepat

Jembatan shiratal mustaqim itu bagaikan rambut terbelah menjadi tujuh yang tajamnya melebihi silet, lebih tajam dari pedang, licin dan berduri. Jembatan ini berujung pada surga dan dibawahnya adalah neraka. Tidak sedikit manusia yang bisa melewatinya seperti halilintar, kedipan mata. Oleh karena itu perbanyaklah bersedekah karena bersedekah salah satu amalan yang dapat menyelamatkan manusia kelak pada hari akhir.

16. Masuk Ke dalam surga Tanpa Hisan dan Siksa

Dalam hal ini sedekah yang dimaksud adalah sedekah yang penuh dengan ikhlas , tidak diumbarkan dengan sifat kesombongan, dan niat karena Allah SWT. InsyaAllah akan membukakan pintu surga bagi yang gemar bersedekah karena Allah.

17. Memberikan Keberkahan Pada Harta

Hal ini sejalan dengan apa yang Rasulullah tuturkan sebagaimana yang diriwayatkan Imam Muslim sebagai berikut: “Tidaklah sedekah mengurangi harta, dan seorang hamba pemaaf pasti akan Allah tambahkan berupa kewibaan untuknya.” (HR. Muslim)

Yang dimaksud harta tidak akan berkurang dengan sedekah mencakup dua hal. Sebagaimana yang dituturkan dalam syarh sahih muslim, Imam Nawawi menjelaskan bahwa kedua hal itu adalah hartanya diberkahi oleh Allah Swt dan dihindarkan daripada bahaya, dan meskipun secara dzat harta berkurang tetapi pengurangan itu sebanding dengan pahala yang didapat dan belipat ganda.

Demikianlah penjelasan mengenai 17 Keutamaan Sedekah Menurut Al-Qur’an dan Hadits. Semoga artikel ini senantiasa menjadikan kita agar lebih semangat lagi untuk bersedekah dan semoga bermanfaat ya. Terimakasih 🙂

17 Keutamaan Sedekah Menurut Al-Qur’an dan Hadits
5 (100%) 4 votes