Tulisan Bacaan Sholawat Nariyah Arab Latin Arti Dan Keutamaannya

Tulisan Bacaan Sholawat Nariyah Arab Latin Arti Dan Keutamaannya – Pada kesempatan ini Duta Dakwah akan menjelaskan tentang Sholawat Nariyah. Yang mana terdiri dari sejarah sholawat nariyah, teks tulisan bacaan sholawat nariyah arab, latin dan artinya, serta fadhilah atau keutamaan sholawat nariyah. Dengan pembahasan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Tulisan Bacaan Sholawat Nariyah Arab Latin Arti Dan Keutamaannya

Baginda Rasululullah SAW adalah sosok seorang pemimpin umat, sebagai wujud cinta kita terhadap sosok beliau. Hendaknya kita selalu senantiasa membacakan sholawat kepadanya dan ke keluarga serta sahabatnya. Dengan makna hakikat dari kandungan sholawat adalah rohmat yang senantiasa Allah SWT. berikan kepada hambanya ketika hamba tersebut membacakan bacaan sholawat.

Terdapat nilai dari pada sanjungan dan pujian terhadap kemuliaan dari pada akhlak seorang Nabi dengan lantara lantunan indah sholawat seperti yang ada pada baitan sholawat nariyah. Di mana secara pemaknaan arti kandungan dari pada lafadz yang ada pada sholawat nariyah adalah memohon kepada Allah SWT. dengan wasilah atau perantara kemuliaan Baginda Rasulullah SAW.

Walaupun tidak sedikit yang berpendapat bahwa itu adalah perkara bid’ah tau tidak ada dalil Rasulnya. Bahkan lebih parah lagi ada golongan yang menghukumi itu adalah salah satu bagian dari syirik. Namun bila kita kaji secara mendalam baik dari segi lafadz ataupun dari berbagai unsur yang ada dalam sholawat sendiri tidak ada perbuatan syiriknya.

Sejarah Sholawat Nariyah

Nah disinilah sangat penting mengkaji secara mendalam tentang arti dan tujuan dari pada rangkaian sebuah kalimah, janagan hanya mengartikan secara harfiyah saja. Sehingga menimbulkan kesalahpahaman dan perpecahan bagi umat. Selama pengamalan daripada pelaksanaan sebuah ibadah itu tidak keluar dari koridor agama, maka itu di hukumi sah saja. Apalagi sholawat yang diucapkan secara pengucapan dan penghayatan itu sangatlah di anjurkan oleh agama.

Baca Juga :  Bagaimana Proses Penciptaan Manusia Menurut Islam

Karena ini apa yang dibuat oleh para ulama sebagai pewaris tahta dari perjuangan Rasul yang merupakan bagian terpenting dalam cara mendekatan dan mengenal diri terhadap sang kholiq bagi semua umat. termasuk dari makna yang terkandung dalam rangkaian sholawat nariyah lebih mengutamakan sisi martabat kemulyaan seorang Nabi sebagai perantara untuk meraih keistimewaaan di hadapan Allah SWT.

Penting kita mengetahui salah satu pengarang dari pada sholawat nariyah ini adalah ulama besar yang bernama Syaikh Ibrahim At-Taaziy Al-Maghribi sebagaimana yang dikatakan oleh al-Habib Mundzir bin Fuad Al-Musawa dalam penjelasannya. Adapun teks bacaan sholawat nariyah sendiri sebagaimana diketahui seperti kutipan dibawah ini :

Bacaan Sholawat Nariyah Versi ArabSholawat Nariyah Latin

Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman. Taman ‘ala sayyidina Muhammadi lladzi tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhobihil hawaaiju wa tunna lu bihiro ‘ibu wa husnul khotima wa yustaqol ghomawu biwajhihil kariim wa ‘ala aalihi washohbihi fii kulli lamhatin wa hafasim bi’adadi kulli ma’lu mi laka ya robbal ‘aalamiin.

Versi Arti Sholawat Nariyah

“Ya Allah Tuhan Kami, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan yang sempurna atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, ditunaikan segala macam hajat, tercapai segala keinginan dan khusnul khotimah, dicurahkan rahmat dengan berkah pribadinya yang mulia. Kesejahteraan dan keselamatan yang sempurnah itu semoga Engkau limpahkan juga kepada para keluarga dan sahabatnya setiap kedipan mata dan hembusan nafas, bahkan sebanyak pengetahuan Engkau, Ya Tuhan semesta alam.”

Faedah atau keutamaan sholawat nariyah

  1. Ketika dibaca setiap hari sebanyak 11 kali, maka rizki akan turun dari langit dan tumbuh dari bumi. (Syaikh Muhammad at-Tanusi).
  2. Ketika dibaca setiap selesai shalat sebanyak 11 kali, maka rizkinya tidak akan terputus dan akan memperoleh derajat yang tinggi. (Imam Ad-Dainuri).
  3. Ketika dibaca setelah sholat subuh sebanyak 41 kali, maka apa yang diinginkannya akan terwujud.
  4. Ketika dibaca sehari sebanyak 100 kali, maka harapannya akan terwujud, bahkan lebih dari yang diangankannya.
  5. Ketika dibaca sehari sebanyak 313 kali dengan niat membuka tabir rahasia, maka ia akan melihat segala hal yang menjadi harapan-harapannya.
  6. Ketika dibaca setiap hari sebanyak 1.000 kali, maka baginya perkara yang tidak bisa dibayangkan oleh siapa pun (ma la ain ra’at wa la udzun sami’at wa la khathr fi qalb basyar/yang tak terindera mata, tak terdengar telinga, dan tak terbesit di hati manusia).
Baca Juga :  Bacaan Shalawat Nariyah Beserta Latin, Terjemahan & Keutamaannya

Kemudian di lain kesempatan, Al-Qurthubi, sebagaimana yang juga ditegaskan oleh Ibnu Hajar al-Asqalani, memberikan satu bilangan khusus untuk membaca sholawat nariyah ini, yaitu sebanyak 4.444 kali.

Ketika sholawat nariyah dibaca sebanyak 4444 kali dan disertai dengan tawasul kepada Nabi SAW, maka segala harapan (bahkan yang besar pun) akan terwujud. Juga akan dihindarkan dari seluruh cobaan (bala’). Wallahu a’lam.

Demikian ulasan tentang Tulisan Bacaan Sholawat Nariyah Arab Latin Arti Dan Keutamaannya. Semoga dapat bermanfaat dan memberikan ilmu pengetahuan untuk kita semua. Terimaksih.

Tulisan Bacaan Sholawat Nariyah Arab Latin Arti Dan Keutamaannya
5 (100%) 1 vote