Penting Mengetahui Batasan Aurat Laki-Laki

Penting Mengetahui Batasan Aurat Laki-Laki – Pada kesempatan ini Duta Dakwah akan menjelaskan tetang Aurat Laki-laki. Yang mana dalam pembahasan ini tentang batasan-batasan aurat sesama laki-kali, aurat laki-laki dengan wanita lain dan aurat antara suami dihadapan istri dengan pembahasan secara jelas dan singkat. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Penting Mengetahui Batasan Aurat Laki-Laki

Aurat adalah sesuatu yang tidak boleh dilihat oleh orang lain. Sering kita dengar pembahasan mengenai aurat wanita. Namun mungkin sedikit atau jarang sekali kita mendengar pembahasan aurat para lelaki. Sering kita lihat bagaimana sebagian pria menampakkan paha atau membuka aurat lainnya. Lalu manakah batasan aurat pria yang terlarang dilihat oleh orang lain? semoga Allah memudahkan dalam membahas hal ini.

Aurat Antar Sesama Lelaki

Aurat sesama lelaki baik dengan kerabat atau orang lain adalah mulai dari pusar hingga lutut. Hal ini berlaku antar sesama laki laki baik dengan saudara, teman, atau orang lain. Jika memperlihatkan bagian tubuh di dalam batasan aurat tersebut termasuk perbuatan dosa sebab tidak menjalankan perintah Allah untuk menutup aurat sesuai syariat islam.

Sebagaimana dalam keterangan Hadits Ahmad Nomor 21456

Artinya : “Dari Muhammad bin Jahsy ipar Nabi Shallallahu’alaihiwasallam bahwa Nabi Shallallahu’alaihiWasallam melintasi Ma’mar di halaman masjid seraya duduk memeluk lutut dan membuka ujung lutut, lalu Nabi Shallallahu’alaihiWasallam bersabda kepadanya; “Tutupilah lututmu hai Ma’mar karena lutut itu aurat.”

Untuk itu sebagai umat muslim kiranya agar lebih hati-hati dalam menjaga aurat kita terhadap orang lain.

Baca Juga :  √ Tata Cara Sholat Tasbih, Doa, Niat dan Panduannya (Lengkap)

Aurat Lelaki dengan Wanita Lainnya

Ulama Syafi’iyah berpendapat bahwa wanita tidak boleh melihat aurat lelaki dan juga bagian lainnya tanpa ada sebab. Hal ini berdasarkan keumuman firman Allah Ta’ala,

Artinya : “Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya.” (QS. An Nuur: 31)

Sebagaimana dalam Hadits Tirmidzi Nomor 2702

Artinya : “Dari Nabhan bekas budak Ummu Salamah, bahwa ia telah menceritakan kepadanya, bahwa ia pernah berada di sisi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan Maimunah, Ummu Salamah berkata; Ketika kami berada di sisi beliau, Ibnu Ummi Maktum dating dan menghadap kepada beliau, yaitu setelah kami diperintahkan untuk berhijab, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Berhijablah kalian berdua darinya, ” maka aku bertanya; “Wahai Rasulullah, bukankah dia buta, dia tidak dapat melihat dan tidak mengetahui kami?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Apakah kamu berdua buta?” Bukankah kamu berdua dapat melihatnya?.” Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.

Aurat Lelaki di Hadapan Istri

Tidak ada perbedaan pendapat di kalangan fuqoha bahwa tidak ada batasan aurat antara suami istri. Semua bagian tubuhnya halal untuk dilihat satu dan lainnya, sampai pun pada kemaluan. Karena menyetubuhinya saja suatu hal yang mubah (boleh). Oleh karena itu melihat bagian tubuh satu dan lainnya –terserah dengan syahwat atau tidak, tentu saja dibolehkan.

Sebagian ulama ada yang berpendapat bahwa dimakruhkan untuk memandang kemaluan satu dan lainnya. Namun hadits yang digunakan adalah hadits yang dho’if. Hadits tersebut adalah,

Artinya : “Jika salah seorang dari kalian mendatangi isterinya hendaklah dengan penutup, dan jangan telanjang bulat.” Hadits Ibnu Majah Nomor 1911

Demikian ulasan tentang Penting Mengetahui Batasan Aurat Laki-Laki. Semoga dapat memberikan manfaat dan tambahan ilmu pengetahuan untuk kita semua.

Baca Juga :  Beberapa Manfaat Dari Mengucapkan Hamdalah
Penting Mengetahui Batasan Aurat Laki-Laki
5 (100%) 1 vote[s]