√ Lafadz Niat Zakat Fitrah, Doa Arab, Latin & Terjemahnya

Lafadz Niat Zakat Fitrah, Doa Arab, Latin & Terjemahnya – Berikut ini Duta Dakwah akan mengulas lengkap mengenai Doa zakat fitrah untuk diri sendiri, doa zakat fitrah untuk keluarga, niat zakat fitrah, doa menerima zakat fitrah, doa zakat fitrah untuk suami dan istri secara lengkap dan singkat. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Lafadz Niat Zakat Fitrah, Doa Arab, Latin & Terjemahnya

Zakat fitrah adalah zakat jiwa. Islam sendiri sudah memberikan definisi zakat fitrah dengan jelas, yaitu zakat yang wajib dikeluarkan oleh tiap muslim terlepas dari banyaknya kekayaannya, umurnya, jenis kelaminnya serta posisinya dalam masyarakat.

Zakat fitrah ini wajib bagi semua orang yang masih hidup tak terkecuali bayi yang baru lahir, dan orang tersebut harus memenuhi semua rukun zakat fitrah yang salah satunya adalah melafadzkan niat zakat fitrah.

Seluruh amal ibadah harus melibatkan niat. Bukan hanya ibadah wajib tapi juga ibadah sunnah. Niat merupakan bagian dari penentu sah atau tidaknya suatu amalan. Tak terkecuali pada pelaksanaan zakat fitrah yang wajib ditunaikan oleh setiap individu Muslim, baik laki-laki, perempuan, dewasa, anak-anak, merdeka, atapun hamba sahaya.

Niat adalah iktikad tanpa ragu untuk melaksanakan sebuah perbuatan. Meski niat adalah urusan hati, melafalkannya (talaffudh) akan membantu seseorang untuk menegaskan niat tersebut. Talaffudh berguna dalam memantapkan iktikad karena niat terekspresi dalam wujud yang konkret, yaitu bacaan atau lafal. Berikut beberapa lafal niat zakat fitrah dalam bahasa Arab:

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ * بسم الله الرّحمن الرّحيم : نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ نَّفْسِيْ فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى

A’udzu billahi minasyaithonir rojim, Bismillahir rohmanir rohim, Nawaitu An Ukhrija Zakaatal Fithri ‘An Nafsii Fardlol Lillaahi Ta’ala.

Artinya: Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk, Dengan menyebut nama Allah yang maha Pengasih lagi maha Penyayang. “Saya Niat mengeluarkan Zakat Fitri dari diri saya sndiri, fardhu karena Allah Ta’ala.

Niat Zakat Fitrah untuk Istri

اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ * بسم الله الرّحمن الرّحيم : نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ زَوْجَتِيْ فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى

A’udzu billahi minasyaithonir rojim, Bismillahir rohmanir rohim, Nawaitu An Ukhrija Zakaatal Fithri ‘An Zaujatiy Fardlol Lillaahi Ta’ala.

Artinya: Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk, Dengan menyebut nama Allah yang maha Pengasih lagi maha Penyayang. “Saya Niat mengeluarkan Zakat Fitri dari istri saya fardhu karena Allah Ta’ala.

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki-laki

اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ * بسم الله الرّحمن الرّحيم : نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ وَلَدِيْ ……… فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى

A’udzu billahi minasyaithonir rojim, Bismillahir rohmanir rohim, Nawaitu An Ukhrija Zakaatal Fithri ‘An Waladi, …………. Fardlol Lillaahi Ta’ala.

Artinya: Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk, Dengan menyebut nama Allah yang maha Pengasih lagi maha Penyayang. “Saya Niat mengeluarkan Zakat Fitri dari anak saya bernama: ……….. fardhu karena Allah Ta’ala.

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan

اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ * بسم الله الرّحمن الرّحيم : نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ بِنْتِيْ ……… فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى

A’udzu billahi minasyaithonir rojim, Bismillahir rohmanir rohim, Nawaitu An Ukhrija Zakaatal Fithri ‘An Bintiy, …………. Fardlol Lillaahi Ta’ala.

Artinya: Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk, Dengan menyebut nama Allah yang maha Pengasih lagi maha Penyayang. “Saya Niat mengeluarkan Zakat Fitri dari anak perempuan saya bernama: ……….. fardhu karena Allah Ta’ala.

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ * بسم الله الرّحمن الرّحيم : نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنِّيْ وَ عَنْ مَّنْ تَلْزَمُنِيْ نَفَقَتُهُمْ شَرْعًا فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى

A’udzu billahi minasyaithonir rojim, Bismillahir rohmanir rohim, Nawaitu An Ukhrija Zakaatal Fithri ‘Aniy wa ‘an man Talzamuniy Nafaqotuhum Syar’an Fardlol Lillaahi Ta’ala.

Artinya: Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk, Dengan menyebut nama Allah yang maha Pengasih lagi maha Penyayang. “Saya Niat mengeluarkan Zakat Fitri dari diri saya sndiri dan dari orang orang yang nafkah mereka itu kewajbanku menurut syara’ fardhu karena Allah Ta’ala.

Niat Zakat Fitrah untuk Orang yang Diwakilkan

اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ * بسم الله الرّحمن الرّحيم : نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ …………. فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى

A’udzu billahi minasyaithonir rojim, Bismillahir rohmanir rohim, Nawaitu An Ukhrija Zakaatal Fithri ‘An …………. Syar’an Fardlol Lillaahi Ta’ala.

Artinya: Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk, Dengan menyebut nama Allah yang maha Pengasih lagi maha Penyayang. “Saya Niat mengeluarkan Zakat Fitri dari atas nama ………………………. fardhu karena Allah Ta’ala.

Doa Menerima Zakat Fitrah

اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ * بسم الله الرّحمن الرّحيم آجَرَكَ اللهُ فِيْمَا اَعْطَيْتَ، وَبَارَكَ فِيْمَا اَبْقَيْتَ وَجَعَلَهُ لَكَ طَهُوْرًا

AAJAROKALLAAHU FIIMAA A’THOITA WABAAROKA FIIMAA ABQOITA WAJA’ALAHU LAKA THOHUURON

Baca Juga :  Hukum Khitan Bagi Perempuan Dalam Islam Beserta Dalilnya

Artinya: Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk, Dengan menyebut nama Allah yang maha Pengasih lagi maha Penyayang. “Semoga Allah memberikan pahala kepadamu pada barang yang engkau berikan (zakatkan) dan semoga Allah memberkahimu dalam harta-harta yang masih engkau sisakan dan semoga pula menjadikannya sebagai pembersih (dosa) bagimu

Apabila yang mengantarkannya orang satu untuk atas namanya dan untuk atas nama orang-orang banyak yang bukan menjadi tanggungannya untuk menfakahi mereka maka dalam do’a sebaiknya di tambah yaitu:

اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ * بسم الله الرّحمن الرّحيم آجَرَ اللهُ لَكَ وَلَهُمْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَفِيْمَا أَعْطَوْا، وَبَارَكَ لَكَ وَلَهُمْ فِيْمَا اَبْقَيْتَ وَفِيْمَا أَبْقَوْا وَجَعَلَهُ لَكَ وَلَهُمْ طَهُوْرًا

A’udzu billahi minasyaithonir rojim, Bismillahir rohmanir rohim, AAJAROLLAAHU LAKA WA LAHUM FIIMAA A’THOITA WA FIMA A’THAU WABAAROKA LAKA WA LAHUM FIIMAA ABQOITA WA FIMA ABQAU WAJA’ALAHU LAKA WALAHUM THOHUURON.

Artinya: Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk, Dengan menyebut nama Allah yang maha Pengasih lagi maha Penyayang. “Semoga Allah memberikan pahala kepadamu jug kepada mereka pada barang yang engkau berikan dan yang diberikan oleha mereka (zakatkan) dan semoga Allah memberkahimu juga memberkahi mereka dalam harta-harta yang masih engkau sisakan dan yang masih tersisa pada mereka dan semoga pula menjadikannya sebagai pembersih (dosa) bagimu dan bagi mereka.

Ajakan Sa’at Bedrdo’a

Kami mengajak kepada saudara-saudaraku yang mau dan sependapat, bahwa jika kita berdo’a biasakanlah awali dengan baca sholawat dan angkat tangannya, karena mengangkat tangan sa’at berdo’a itu adalah adabnya berdo’a, artinya orang yang berdo’a tidak mengangkat tangan bararti sama dengan orang memohon kepada Allah dengan cara yang tidak santun.

Baca Juga :  √ Bacaan Doa Menyembelih Hewan dan Tata Caranya (Lengkap)

Contoh misalnya kita Penerima Zakat, maka sebaiknya ketika kita berdo’a pada sa’at itu angkatlah kedua tangan menengadah ke langit dan sebaiknya menghadap kiblat kemudian baca seperti berikut:

اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ * بسم الله الرّحمن الرّحيم يَاذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ اللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سَيِّدِ اْلأوَّلِيْن وَاْلأَخِـرِيْنَ وَسَلِّمْ وَرَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْ كُلِّ صَحَابَةِ رَسُوْلِ اللهِ أَجْمَعِيْنَ. آمين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبَّ الْعَالَمِيْنَ يَامَّعْبُوْدُ حَمْدًا يُوَفِى نِعْمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَـرِيْمِ وَعَـظِيْمِ سُلْطَانِكَ. آجَرَكَ اللهُ فِيْمَا اَعْطَيْتَ، وَبَارَكَ فِيْمَا اَبْقَيْتَ وَجَعَلَهُ لَكَ طَهُوْرًا رَبَّنَا ءَاتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِي الأخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلآمٌ عَلَى الْمُـرْ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبّ العالمين

A’udzu billahi minasyaithonir rojim, Bismillahir rohmanir rohim, Ya dzal-jalali wal-ikrom, Allahumma sholi wa sallim ‘ala sayidina Muhammadin, sayidil-awwaliin wal-akhirin wa sallim wa rodhiyallahu ta’ala ‘ang kuli shohabati rosulillahi ajma-‘in, Amiin Ya Robbal’Aalamiin. Al-hamdu lillahi robbil-‘aalamiin ya Ma’bud, hamdan yuwafi ni’mahu, wa yukafi-u mazidah, ya robbana lakal-hamdu kama yambaghi li jalali wajhikal-kariim wa ‘adziimi sulthonik. AAJAROKALLAAHU FIIMAA A’THOITA WABAAROKA FIIMAA ABQOITA WAJA’ALAHU LAKA THOHUURON Robbana Atina fiddunia hasanah wa fil-aakhiroti hasanah wa qinaa ‘adzaaban-nar. Subhana robbika robbil-‘izzati ‘amma yashifun was salamun ‘alal-mursalin wal-hamdu lillahi robbil-‘alamiin.

Artinya: Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk, Dengan menyebut nama Allah yang maha Pengasih lagi maha Penyayang.Wahau Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Karunia, Ya Allah Berikanlah sholawata dan salam kepada Penghulu kami Nabi Muhammad SAW Pemimpin Pertama dan terakhir, ya Allah sampaikan salam dan semoga Allah Ta’ala meridhai dari setiap para sahabat Rasulullah semuanya. Amiin Ya Robbal ‘alamiin. Segala Puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam wahai Dzat yang di’ibadahi dengan pujian yang menggenapi rahmatnya dan memberinya lebih banyak penghargaannya. Ya Tuhan kami, hanya bagi-Mu segala puji seperti halnya keistimewaan Dzat-Mu yang mulia dan keagungan kerajaan-Mu. “Semoga Allah memberikan pahala kepadamu pada barang yang engkau berikan (zakatkan) dan semoga Allah memberkahimu dalam harta-harta yang masih engkau sisakan dan semoga pula menjadikannya sebagai pembersih (dosa) bagimu” “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka” Maha Suci Tuhanmu Yang mempunyai keperkasaan dari apa yang mereka katakan, Dan kesejahteraan dilimpahkan atas para rasul, Dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam.

Demikian ulasan singkat tentang Lafadz Doa Dan Niat Zakat Fitrah Arab Latin Dan Terjemah. Semoga dapat memberikan manfaat dan ilmu pengetahuan untuk kita semua. Terimakasih.

Baca Juga :  Niat dan Doa Shalat Istikharah Beserta Terjemahannya (Lengkap)