Inilah Hukum Tidak Membaca Doa Setelah Wudhu

Posted on

Inilah Hukum Tidak Membaca Doa Setelah Wudhu – Pada kesempatan ini Duta Dakwah akan membahas tentang Wudhu. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan tentang bagaimana hukum bagi seseorang seusai wudhu tidak membaca doa dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya silahkan simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Inilah Hukum Tidak Membaca Doa Setelah Wudhu

Dianjurkan bagi seseorang selesai berwudhu disunahkan membaca doa sambil menghadap ke arah kiblat dengan mengangkat kedua belah tangan.

Jika wudhu dilakukan dikamar mandi yang ada WC-nya, hendaknya dilakukan diluar kamar mandi tersebut. Hukum doa sesudah Wudhu adalah sunah, meskipun hukumnya sunah alangkah baik kita mengamalkannya.

Doa Sesudah Wudhu

Lafaz doa sesudah Wudhu sebagai berikut:

أَشْهَدُ اَنْ لاَإِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ, وَأَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَوَجْعَلْنَيْ مِن عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

“Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa Rasuluh. Allahumma j’alnii minat-tawwabiina, waj’alnii minal-mutathahiriina waj’alnii min ‘ibaadikash-shalihin.”

Loading...

Artinya : “Aku bersaksi Tiada Tuhan melainkan Allah Yang Tunggal, tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamb-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku orang yang ahli tobat, dan jadikanlah aku orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.”

Seberapa Penting Doa Sesudah Wudhu itu ?

Sebagaiman Rasulullah SAW bersabda;

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَتَوَضَّأُ فَيُحْسِنُ الْوُضُوءَ ثُمَّ يَقُولُ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ إِلَّا فُتِحَتْ لَهُ ثَمَانِيَةُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

Artinya : “Tidaklah seorang muslim berwudlu dan membaguskan wudlunya kemudian membaca; ASYHADU ANLAA ILAAHA ILLAALLHU WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ABDUHU WA RASUULUHU (Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak untuk disembah selain Allah. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya), kecuali akan dibukakan untuknya delapan pintu surga, ia masuk dari pintu mana saja yang ia suka. (Hadits Ibnu Majah Nomor 463).

Baca Juga :  √ Do’a Haji dan Umroh, Arab Latin & Terjemah (Lengkap) VI

Wudhu merupakan amalan yang dianjurkan dikerjakan sebelum sholat atau membaca Alquran. Ini dimaksudkan agar seseorang terjamin kesuciannya dari hadats maupun najis sebelum menyentuh al qur’an.

Terdapat anjuran melafalkan basmallah saat akan berwudhu. Demikian pula, sangat dianjurkan membaca doa usai berwudhu dimana dua amalan ini, banyak dipahami, tidak boleh dikerjakan di tempat kotor seperti kamar mandi yang terdapat tempat buang hajat atau kloset.

Sementara, banyak ditemui keluarga yang tidak memiliki tempat khusus wudhu di rumahnya. Sehingga mereka berwudhu di kamar mandi yang ada klosetnya. Lantas, bagaimana hukumnya membaca doa usai wudhu di kamar mandi, yang jelas tidak boleh ada lafal suci diucapkan di sana?

Persoalan ini menjadi pembahasan para ulama tempo dulu. Pendapat mereka dapat dijumpai dalam kitab Al Mawsu’atul Fiqhiyyah, yang merupakan eksiklopedia fikih.

Ibnu ‘Abidin mengatakan, “andaikan seorang berwudhu di kamar kecil, apakah dianjurkan baginya membaca bismillah dan kesunahan lainnya dari membaca doa wudhu demi menjaga kesunahan atau meninggalkannya mengingat tempatnya?”

Menurut Ibnu ‘Abidin, pendapat yang jelas adalah meninggalkan kesunahan karena kebanyakan ulama lebih memprioritaskan larangan dari perintah. Hal ini sesuai dengan pendapat ulama dari Mazhab Hanbali yang mengatakan bismillah wajib dalam wudhu’, sementara tetap berdzikir di dalam hati tidak dimakruhkan. Dan menurut ulama madzhab Maliki dimakruhkan dzikir di kamar kecil.

Berdasarkan pendapat di atas, sangat dianjurkan untuk tidak membaca doa usai wudhu di kamar mandi dan memang di sunnahkan. Ini untuk menghormati kesucian dari lafal doa tersebut.

Sementara demi mengejar keutamaan sunah dalam wudhu, dianjurkan untuk membaca lafal doa setelah keluar dari kamar mandi agar terhindar dari hadas kecil dan hadas besar.

Baca Juga :  √ Bacaan Niat Sholat Ghoib, Doa dan Tata Caranya

Demikian pembahasan tentang Inilah Hukum Tidak Membaca Doa Setelah Wudhu. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan menambah ilmu pengetahuan. Terimakasih.