Inilah Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Bahasa Arab

Inilah Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Bahasa Arab – Pada kesempatan ini Duta Dakwah akan menjelaskan tentang Belajar Bahasa Arab. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan betapa pentingnya seseorang harus belajar bahasa arab dengan dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Inilah Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Bahasa Arab

Sebagaimana kita ketahui Al-Qur’an yang merupakan kitab suci Umat Islam menggunakan Bahasa Arab. Karena Al-Qur’an menggunakan bahasa arab tentu kita sebagai umat muslim diwajibkan untuk mempelajarinya agar kita mengetahui isi dan kandungan dalam Al-Qur’an.

Ibnu Taimiyah

Ibnu Taimiyah menyatakan bagaimana hukum tentang mempelajari bahasa Arab,Artinya: “Dan juga perlu dipahami bahwa bahasa Arab itu sendiri adalah bagian dari agama. Mempelajarinya adalah fardhu wajib. Karena untuk memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah itu wajib. Memahaminya tidaklah bisa kecuali dengan memahami bahasa Arab. Sedangkan kaedah menyatakan, ‘Sesuatu yang wajib yang tidak bisa terpenuhi kecuali dengannya, maka itu dihukumi wajib.’ Kemudian untuk mempelajarinya tadi, ada yang hukumnya fardhu ‘ain dan ada yang hukumnya fardhu kifayah.” (Iqtidha’ Ash-Shirath Al-Mustaqim, 1: 527)

‘Umar radhiyallahu ‘anhu juga pernah berkata,Artinya: “Pelajarilah faraidl, bahasa Arab dan sunnah sebagaimana kalian mempelajari Al Qur`an.” (Hadits Darimi Nomor 2726)

Mempelajari bahasa Arab -kata Ibnu Taimiyah- bertujuan agar faqih dalam ucapan. Sedangkan menurut beliau, mempelajari sunnah Nabi bertujuan supaya faqih dalam amalan. Sedangkan dalam diin itu terdiri dari ucapan dan amalan. Lihat bahasan Iqtidha’ Ash-Shirath Al-Mustaqim, 1: 527-528.

Baca Juga :  Inilah Hari-Hari Besar Islam dan Penjelasannya Lengkap

Ada beberapa alasan kenapa kita lebih baik menguasai bahasa Arab dari perkataan Ibnu Taimiyah rahimahullah:

  1. Bahasa arab adalah syiar Islam dan syiar umat Islam. Dan kita tahu bahwa bahasa merupakan sebaik-baiknya syiar.
  2. Sebagian fuqaha melarang berdoa dalam shalat dan juga berdzikir dengan bahasa non-Arab.
  3. Membiasakan diri dengan bahasa Arab akan berpengaruh amat kuat pada cara berpikir (logika), akhlak, dan agama.
  4. Membiasakan diri dengan bahasa Arab akan membuat kita serupa dengan sahabat, dan tabi’in. Sehingga kita bisa meniru cara berpikir, cara beragama dan akhlak mulia mereka.
  5. Mempelajari bahasa Arab adalah bagian dari agama.
  6. Untuk memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan baik wajib dengan mempelajari bahasa Arab. Walaupun ada yang sifatnya fardhu ‘ain dan fardhu kifayah.
  7. Belajar bahasa Arab akan membuat seseorang semakin baik (semakin faqih) dalam ucapan. (Disarikan dari Iqtidha’ Ash-Shirath Al-Mustaqim, 1: 519-528).

Demikian ulasan singkat tentang Inilah Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Bahasa Arab. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan untuk kitab semua. Terimakasih.

Inilah Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Bahasa Arab
5 (100%) 3 votes