Doa Menyambut Bulan Ramadhan Beserta Artinya (Lengkap)

Doa Menyambut Bulan Ramadhan Beserta Artinya (Lengkap) – Baiklah pada kesempatan kali ini, Dutadakwah akan membahas mengenai doa menyambut bulan Ramadhan. Bulan ramadhan adalah bulan yang sangat mulia, suci dan bulan yang penuh dengan keberkahan, bulan yang sangat dirindukan serta dinanti-nantikan oleh seluruh umat Islam di dunia.

Karenanya bulan Ramadhan memiliki banyak hikmah serta keutamaan yang Allah SWT telah janjikan kepada hamba-Nya. Kita sebagai umat Muslim tentunya akan sangat antusias untuk menyambut kedatangan bulan suci ramadhan, dan yang terpenting adalah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan serta meningkatkan amal ibadah, mengingat bulan ramadhan hanya datang setahun sekali dan memiliki hikmah dan keutamaan di dalamnya.

Untuk mengetahui Doa menyambut bulan suci Ramadhan, simak penjelasannya berikut ini:

Doa Menyambut Bulan Ramadhan Beserta Artinya (Lengkap)

Sebagai seorang muslim, alangkah baiknya menyambut bulan suci ramadhan dengan penuh rasa syukur dan berdo’a kepada Allah SWT karena kita masih diberikan kesempatan untuk bertemu bulan yang penuh dengan keberkahan yakni bulan suci Ramadhan, untuk menjalankan ibadah puasa dan memperbanyak amal ibadah.

Adapun doa menyambut bulan suci Ramadhan adalah:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِى رَمَضَانَ

Allaahumma baarik lanaa fii Rajabi wa Sya’baana, wa baarik lanaa fii Romadhoona

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban. serta berkahilah kami dalam bulan Ramadhan.”

Doa menyambut bulan suci Ramadhan diatas di baca sejak bulan Rajab, yang diambil dari hadist riwayat Ahmad Nomor 2346 dan 2387.

Adapun doa lain untuk menyambut bulan suci Ramadhan adalah

اَللّٰهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

Allaahumma sallimnii ilaa romadhoona wa sallim lii romadhoona wa tasallamhu miniii mutaqobbalaa

Baca Juga :  √ Bacaan Sholawat Nariyah Arab, Latin, Terjemah & Keutamaannya

Artinya: “Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.” (Latha-if al-Ma’arif, 148)

Doa Menyambut Bulan Ramadhan Beserta Artinya (Lengkap)
Doa Menyambut Bulan Ramadhan Beserta Artinya (Lengkap)

Perlu kalian ketahui bahwasanya, tidak ada doa khusus untuk menyambut bulan suci Ramadhan yang diajarkan Rasulullah dan para sahabatnya, namun para sahabat dan para ulama setelahnya menyambut bulan suci Ramadhan dengan penuh suka cita serta kegembiraan. Mereka mengungkapkannya dengan kata-kata yang mengandung doa serta kebaikan dan harapan.

Demikianlah penjelasan mengenai Doa Menyambut Bulan Ramadhan Beserta Artinya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih 🙂