√ Doa Keluar Rumah dan Doa Masuk Rumah Arab Latin (Lengkap)

Doa Keluar Rumah dan Doa Masuk Rumah Arab Latin (Lengkap) – Sebagai seorang muslim kita hendaknya selalu berdo’a kemanapun kita akan berpergian. Islam mengajarkan untuk selalu berdo’a dalam memulai atau melakukan sesuatu. Pada pembahasan kali ini Dutadakwah akan memberikan penjelasan mengenai doa keluar rumah dan masuk rumah. Do’a keluar rumah ini sangat dianjurkan dan disunnahkan oleh Rasulullah Saw. Selain berdo’a juga kita harus tau benar adab keluar rumah yang diajarkan Rasulullah saw. Untuk mengetahuinya langsung saja yuk kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Doa Keluar Rumah dan Doa Masuk Rumah Arab Latin (Lengkap)

Rasulullah Saw selalu mengajarkan kepada umatnya tentang dzikir, do’a dan juga adabnya. Termasuk do’a dan adab keluar rumah dan masuk rumah, berikut penjelasannya:

Adab dan Doa Keluar Rumah Yang Diajarkan Rasulullah Saw.

Berikut ini adalah Do’a dan adab keluar rumah.

1. Doa Keluar Rumah

a. Lakukan Sholat 2 Rakaat Sebelum Keluar Rumah

Sebelum pergi keluar rumah, hendaknya melaksanakan sholat sunnah 2 rakaat karena hal tersebut dapat membuat terhindar dari kecemasan. kesulitan dan juga bencana. Sebagaimana hadits yang artinya: “Jika kamu keluar dari rumah kamu dan melakukan sholat dua rakaat, maka akan melindungi kamu dari keburukan dan masalah di luar. Jika kamu memasuki rumahmu, lakukalah sholat dua rakaat, maka kamu akan terlindungi dari keburukan dan masalah di dalam.” HR. Al-Bazzar dalam sunannya.

Baca Juga :  √ Tata Cara Ibadah Haji Umroh Do’a Arab & Latin (Lengkap) IV
b. Membaca Doa keluar Rumah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

“Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah”

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

c. Mengangkat Pandangan Kelangit Ketika Membaca Doa Keluar Rumah

Sebaiknya mengangkat kepala keatas memandang langit dan membaca doa keluar rumah sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

“Allahumma inni a-’udzu bika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala ‘alayya”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari: aku tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau aku digelincirkan, atau aku mendhalimi, atau aku didhalimi, atau kebodohanku atau dibodohi.”

Note: Tidak masalah jika seorang muslim mengamalkan kedua doa tersebut diatas secara bersamaan. Hal ini dikatakan oleh Syaikh Prof. Dr. Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin.

d. Keluar Rumah dengan Mendahulukan Kaki Kanan Terlebih Dahulu

Nah kemudian setelah membaca do’a keluar rumah sesuai dengan sunnah Rasul, kemudian dapat keluar dengan mendahulukan kaki kanan. Sebab kaki kanan adalah untuk melakukan segala urusan yang baik.

Adab dan Doa Masuk Rumah Yang Diajarkan Rasulullah Saw.

Sebagai umat Islam yang senantiasa melaksanakan apa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Saw. ketika keluar dan masuk rumah juga melakukan adab yang telah dianjurkan.

Dalam Islam telah diatur dengan sedemikian rupa sempurna, bahkan dari hal terkecil hingga terbesarpun sudah dibahas dan dijelaskan dengan begitu sempurna. Oleh karena itu agama Islam disebut juga dengan agama yang sangat sempurna karena segala sesuatunya telah diatur dan tertuang dalam kitab suci Al-Qur’an. Nah tentu juga dalam hal memasuki rumah akan ada adabnya tersendiri yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah Saw.

Baca Juga :  √ Do'a Masuk Kamar Mandi Beserta Penjelasannya (Lengkap)

Adapun adab masuk rumah adalah sebagai berikut:

1. Mengetuk Pintu dengan Pelan Sebelum Masuk

Dalam Islam dianjurkan untuk mengetuk pintu terlebih dahulu sebelum memasuki rumah dengan tidak terlalu keras. Tidak dianjurkan untuk mengetuk pintu terlalu keras karena hal tersebut dapat menganggu penghuni yang ada di dalam rumah.

2. Mengucapkan Salam

Sebagai umat Islam, hendaknya kita selalu mengucapkan salam ketika memasuki rumah. Karena dengan mengucapkan salam akan membuat penghuni rumah menjadi tahu bahwa ada orang berada diluar rumah, selain itu kita juga dapat memberikan suatu isyarat dengan berdehem atau membuat suara dengan hentakan sandal atau sepatunya. Sebagaimana Imam Ahmad berkata: “Jika seorang laki-laki ingin masuk ke rumahnya, maka dianjurkan baginya berdehem atau mengentakkan sandalnya atau alas kakinya”.

Mengucapkan salam juga bertujuan untuk saling mendoakan dan menyebarkan kasih sayang, menambah kedekatan dan mendapatkan keberkahan dan jaminan Allah SWT.

3. Membaca Doa Masuk Rumah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

“Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa”

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal”

4. Saat Masuk Rumah Mendahulukan Kaki Kanan

Doa Keluar Rumah dan Doa Masuk Rumah Arab Latin (Lengkap)
Doa Keluar Rumah dan Doa Masuk Rumah Arab Latin (Lengkap)

Setelah membaca do’a masuk rumah, dianjurkan untuk mendahulukan kaki kanan, karena segala sesuatu yang baik maka sebaiknya di dahulukan dengan yang kanan.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai Doa Keluar Rumah dan Doa Masuk Rumah Arab Latin (Lengkap). Dengan mengetahui doa keluar dan masuk rumah ini semoga kita senantiasa selalu membaca do’a ketika akan keluar rumah dan juga ketika akan memasuki rumah, agar Allah SWT selalu menjaga dan melindungi kita dimanapun dan sedang apapun kita. Selain itu kita juga dapat memahami dan mengikuti sunnah Rasulullah Saw yang telah diajarkan kepada umatnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂

Baca Juga :  √ Doa Sholat Dhuha, Niat, Tata Cara, Arabic, Indonesia Lengkap