√ Bacaan Sholawat Munjiyat Arab, Latin dan Terjemahnya

Posted on

Bacaan Sholawat Munjiyat Arab, Latin dan Terjemahnya – Dalam Islam, ada banyak sekali macam sholawat, salah satu diantaranya adalah sholawat Munjiyat yakni (penyelamat). Sholawat merupakan doa untuk Nabi kita Muhammad Saw sekaligus sebagai doa untuk diri sendiri atau bagi pembacanya. Seperti yang kita ketahui bahwa shalawat memiliki berbagai macam fadhilah atau keutamaan oleh karena itu kali ini Duta Dakwah akan menuliskannya.

Bacaan Sholawat Munjiyat Arab, Latin dan Terjemahnya

Sholawat Munjiyat adalah bacaan Sholawat yang in syaa allah banyak kahsiyat. Untuk lebih lengkapnya mari kita sama-sam ikuti uraiannya berikut ini:

Dalil Baca Sholawat

Membaca Sholawat adalah perintah Allah kepada orang-orang berman Sebagaimana Allah SWT berfirman tentang anjuran untuk membaca sholawat untuk Nabi.

Dalam QS Al-Ahzab ayat 56

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya dengan sungguh-sungguh.”

Loading...

Sholawat Munjiyat ini adalah sholawat penyelamat yang berarti siapa yang membaca sholawat ini maka berharap agar memperoleh keselamatan dari berbagai musibah yang sedang atau akan menimpanya dan dikeluarkan dari berbagai kesulitan yang sedang dihadapinya. Baik itu dalam kesulitan ekonomi, mental ataupun fisik.

Kesimpulan

Jadi Kesimpulannya tentang bacaan sholawat Munjiyat ini, sholawat ini memiliki keutamaan atau fadhilah untuk mendatangkan hajat dan keselamatan serta meninggikan derajat bagi pembacanya.

Baca Juga :  √ Bacaan Sholawat Nariyah Arab Latin Arti & Keutamaannya

Nah pada kesempatan kali ini Dutadakwah akan menuliskan mengenai bacaan sholawat Munjiyat beserta terjemahannya. Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Bacaan Sholawat Munjiyat Arabic

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْاَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَابِهَا جَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَا اَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ

Bacaan Sholawat Munjiyat Tulisan Indonesia

Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii’il-ahwaali wal-aafaati wa taqdhii lanaa bihaa jamii’al-haajaati wa tuthahirunaa bihaa min jamii’is-sayyi’aati wa tarfa’unaa bihaa ‘indaka a’lad-darajaati wa tuballigunaa bihaa aqshal-gaayaati min jamii’il-khairaati fil-hayaati wa ba’dal-mamaati

Bacaan Shalawat Munjiyat Arab dan Latin Beserta Terjemahannya
Bacaan Sholawat Munjiyat Arab dan Latin Beserta Terjemahannya

Terjemah Sholawat Munjiyat

Artinya : Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw yang melaluinya Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan membahayakan, dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan semua hajat kami dan membersihkan semua keburukan kami, mengangkat kami pada derajat tertinggi , menyampaikan kami pada puncak tujuan, dari semua kebaikan di waktu hidup dan sesudah mati.

Kautamaan & Khasiat Sholawat Munjiyat

Dari kata “Munjiyat” sudah jelas bahwa yang arti dari : “MUNJIYAT” adalah penyelamat, jadi maksud drai kata; “Sholawat Munjiyat” artinya: Sholawat Penyelamat. Khasiat Sholawat Munjiyat ini sngata banyak sekali bagi yang tahu, dan bagi yang tidak ya biasa-biasa saja, tapi jangan salah, jika sholawat ini digurukan dan diijazahkan maka in syaa allah ia mempunyai khasiat-khasiat khusus. Adapun diantara khaisatnya adalah sebagai berikut:

قَالَ بَعْضُ الْعَارِفِيْنَ كُنْتُ فِيْ مُرَكَبٍ فَعَصَفَتْ عَلَيْنَا الرِّيْحُ فَأَشْرَفْنَا عَلَى الْغَرْقِ فَرَأَيْتُ النَّبِيَ صلى الله عليه وسلم فِي مَنَامِيْ فَقَالَ قُلْ لَهُمْ يَقُوْلُوْنَ اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْآفَاتِ، وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ، وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ، وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ، وَتُبَلِّغُنَا بِهَا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِيْ الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ، فَاسْتَيْقَظْتُ فَقُلْنَاهَا جَمِيْعًا فَسَكَنَ الرِّيْحُ بِإِذْنِ اللهِ تَعَالَى

Artinya: “Sebagian orang arif berkata: ‘aku berada di kapal, kemudian badai berhembus kencang, maka hampir saja menyebabkan kami tenggelam. Lalu aku (tertidur dan) melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam mimpi, beliau bersabda: Katakan pada mereka ‘Bacalah doa Allahumma sholli ‘alaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii’il-ahwaali wal-aafaati wa taqdhii lanaa bihaa jamii’al-haajaati wa tuthahirunaa bihaa min jamii’is-sayyi’aati wa tarfa’unaa bihaa ‘indaka a’lad-darajaati wa tuballigunaa bihaa aqshal-gaayaati min jamii’il-khairaati fil-hayaati wa ba’dal-mamaati, lalu kemudian aku terbangun dan kami ucapkan bacaan sholawat tersebut, lalu angin pun terdiam atas seizin Allah ta’ala,” (Abdurrahman bin Abdissalam Ash-Shafuri, Nudhah al-Majâlis wa Muntakhab an-Nafâis, hal. 284)

Baca Juga :  √ Bacaan Sholawat Nariyah Arab, Latin, Terjemah & Keutamaannya

Demikianlah penjelasan mengenai Bacaan Sholawat Munjiyat Arab, Latin dan Terjemahnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂