8 Tanda dan Ciri Rasa Takut Kepada Allah SWT

Posted on

8 Tanda dan Ciri Rasa Takut Kepada Allah SWT – Pada kesempatan kali ini dutadakwah akan menjelaskan mengenai tanda dan ciri-ciri orang yang takut kepada Allah SWT. Banyak sekali orang muslim yang mengaku takut kepada Allah SWT, akan tetapi dia belum bisa atau belum mampu untuk tidak melakukan hal-hal yang dilarang Allah SWT.

Jika kita takut kepada Allah SWT, masihkah kita mampu menjaga diri dari hal-hal yang akan menjerumuskan kita ke dalam dosa. Untuk mengetahui tanda dan ciri takut kepada Allah SWT, simaklah penjelasan sebagai berikut:

8 Tanda dan Ciri Rasa Takut Kepada Allah SWT

Menurut Abdul Laitsi rohimahullah yang merupakan seorang ahli fiqih, yang dikutip dari kitab “Durratun Nashihin” tanda dan ciri orang yang takut kepada Allah SWT dapat dilihat dari delapan (8) perkara yaitu:

1. Lisannya

Tanda dan ciri yang peratama adalah kelihatan dalam lisannya. Terlihat bagaimana cara dia menahan dan mencegah lisannya dari segala dusta, membicarakan aib orang lain (ghibbah) dan berkata secara berlebihan. Orang yang takut kepada Allah SWT akan selalu menyibukkan lisannya untuk selalu berdzikir kepada Allah SWT, membaca Al-qur’an, dan hal-hal yang merujuk pada kebaikan.

Jika orang yang tidak bisa atau belum mampu untuk menjaga lisannya dari perkataan-perkataan yang buruk, maka ia belum memiliki rasa takut kepada Allah SWT.

2. Hatinya

Perkara selanjutnya adalah takut dalam urusan hatinya. Ia keluarkan dari hatinya rasa permusuhan, rasa dengki kepada saudaranya, permusuhan, iri hati, dendam, dan penyakit-penyakit hati lainnya. Hatinya selalu dipenuhi dengan rasa kasih sayang terhadap sesama muslim, dan dengan nasihat-nasihat.

Baca Juga :  Inilah Perihal Adab Berdoa Dalam Islam
Loading...

3. Pengelihatannya

Orang yang takut kepada Allah SWT, dia juga akan takut dengan urusan perutnya. Dia tidak mau melihat sesuatu yang haram dan tidak mau melihat duniawi dengan pandangan yang cinta. Akan tetapi, ia hanya melihatnya sekedar mengambil i’tibar dan tauladan.

4. Perutnya

Dia tidak akan memasukkan sesuatu yang haram ke dalam perutnya karena memakan sesuatu yang haram adalah dosa besar. Ia selalu makan makanan yang halal dan sesuai hajatnya saja dan tida berlebihan sesuai yang diajarkan Rasulullah Saw.

5. Pendengarannya

Dia tidak akan mendengarkan hal yang bathil kecuali yang haq atau yang benar. Dan juga selalu menjaga pendengarannya dari hal-hal yang tidak disukai Allah SWT.

6. Tangannya

Ia tidak akan mengulurkan tangannya untuk sesuatu yang haram dan bathil. Akan tetapi, ia akan mengulurkan tangannya untuk sesuatu yang berhubungan dengan ketaatan kepada Allah SWT. Misalnya sedekah, membantu orang lain, dan menjauhkan dari perbuatan yang buruk seperti menganiyaya, memukul, dan lain sebagainya.

7. Telapak Kakinya

Dia akan menjaga telapak kakinya dari perkara yang buruk. Ia tidak akan berjalan untuk bermaksiat kepada Allah SWT. Akan tetapi, ia akan berjalan dalam ketaatan dan keridhoannya.

8. Ketaatannya

Orang yang takut kepada Allah SWT akan menjadikan ketaatannya murni karena Allah semata. Ia akan merasa takut jika amal perbuatannya tidak diterima oleh Allah SWT.

Demikianlah penjelasan mengenai 8 Tanda dan Ciri Rasa Takut Kepada Allah SWT.Β Semoga kita senantiasa termasuk ke dalam golongan orang – orang yang takut kepada Allah SWT. Swmoga bermanfaat dan Terimakasih πŸ™‚