7 Kalimat Yang Dipandang Mulia Disisi Allah SWT dan Para Malaikat

7 Kalimat Yang Dipandang Mulia Disisi Allah SWT dan Para Malaikat – Pada kesempatan kali ini, dutadakwah akan membahas mengenai kalimat-kalimat yang dipandang mulia disisi Allah SWT dan malaikat-Nya. Kata seorang ahli fiqih yakni Abu Laitsy:

Barang siapa menjaga tujuh kalimat, maka dia adalah orang yang mulia disisi Allah dan dikalangan Malaikat, bahkan Allah mengampuni dosa-dosanya meskipun dosa itu sebanyak buih di laut, dan dia akan mendapatkan keharuman taatnya adalah hidup dan matinya menjadi baik.”

Untuk mengetahui apa saja sih 7 kalimat yang dianggap mulia disisi Allah SWT dan Malaikat, simaklah penjelasannya sebagai berikut:

7 Kalimat Yang Dipandang Mulia Disisi Allah SWT dan Para Malaikat

Adapun 7 kalimat mulia yang sangat dimuliakan oleh Allah SWT dan para malaikat_Nya diantaranya adalah:

1. Bismillah (بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ)

Bismillah yang artinya “Dengan menyebut Nama Allah“. Hendaklah kita selalu mengawali dengan kata Bismillah untuk memulai segala aktivitas dan pekerjaan apapun.

2. Alhamdulillah ( اَلْحَمْدُلِلّهِ)

Alhamdulillah yang artinya: “Segala puji bagi Allah“. Hendaklah kita mengucapkannya setelah menyelesaikan sesuatu. Alhamdulillah juga merupakan salah satu bentuk ucapan rasa syukur kepada Allah atas segala kenikmatan yang telah diberikan kepada hambaNya. Maka, ucapkanlah hamdalah sebagai rasa syukur kita terhadap segala kenikmatan yang Allah berikan.

Baca Juga :  √ Bacaan Shalawat Munjiyat Arab dan Latin Beserta Terjemahnya

3. Astaghfirullah (اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ)

Astaghfirullah yang artinya: “Saya mohon ampun kepada Allah“. Jika ada sesuatu perkataan yang terlontar dari lisannya kata-kata tidak terpuji, maka hendaknya mengucapkan istighfar. Sesungguhnya manusia itu tidak pernah luput dari dosa, maka ucapkanlah istighfar setiap hari, bahkan setiap waktu sangat dianjurkan.

4. Laa haula walaa quwwata illa billahil ‘aliyil ‘adziim ( لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّتَ اِلاَّبِاللّهِ)

Laa haula walaa quwwata illa billahil ‘aliyil ‘adziim artinya: “Tiada daya dan tiada kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi Lagi Maha Agung.” Jika datang suatu perkara atau perbuatan yang di benci atau tidak di sukai, maka hendaknya mengucapkan kalimat ini.

5. Laa ilaaha illallaahu Muhammadur Rasulullah (لا اله الا الله محمّد رسول الله)

Laa ilaaha illallaahu Muhammadur Rasulullah artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah dan nabi Muhammad itu utusan Allah.” Pada siang dan malam hari, hendaknya kita selalu mengucapkan kalimat tersebut.

6. Inna lillaahi wainna ilaihi raaji’un ( اِنّا لِلّهِ وَاِنّا اِلَيْهِ رَجِعُوْنَ)

Inna lillaahi wainna ilaihi raaji’un artinya: “Sungguh kami sekalian ini milik Allah dan kepadaNya kami kembali.” Hendaknya mengucapkan kalimat tersebut jika terkena musibah ataupun bencana.

7. In syaa-Allaah ( اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ)

Insyaa-Allaah artinya: “Jika Allah menghendaki.” Dan apabila kita hendak melakukan sesuatu yang akan datang maka ucapkanlah in syaa-Allaah, karena tidak ada yang tahu pasti kecuali Allah SWT, apakah kita nanti masih ada atau tidak, dan tatkala mengucapkan janji, maka terlebih dahulu ucapkanlah kalimat Insyaa-Allaah.

Nah itulah tadi 7 Kalimat Yang Dipandang Mulia Disisi Allah SWT dan Para Malaikat. Semoga penjelasan pada artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih 🙂

Baca Juga :  √ Bacaan Ziarah Kubur Kedua Orang Tua Singkat (Indonesia)