7 Cara Menjauhi Sifat Munafik Dalam Islam Lengkap

7 Cara Menjauhi Sifat Munafik Dalam Islam Lengkap – Sahabat dutadakwah, munafik itu sangat sulit untuk dikenali. Biasanya orang-orang yang terjangkit sifat munafik sangat mudah menirukan perbuatan orang-orang yang beriman. Ia mengerjakan shalat, puasa, akan tetapi hatinya lalai. “Dan apabila ia mengerjakan puasa dan shalat, ia menyangka bahwa dirinya seorang muslim.” (HR Muslim).

Orang-orang yang munafik biasanya akan menggunakan lisannya untuk berdusta, dan telah mengaku dirinya beriman, padahal tidak. Sebagaimana firman allah SWT dalam surat Al-Baqarah : 14:15

Artinya: “Apabila mereka menjumpai orang orang mukmin, mereka berkata, ‘Kami telah beriman.’ Namun jika mereka menyendiri beserta dedengkot dedengkotnya, mereka berkata, ‘Sesungguhnya kami di pihak kalian. Hanya saja kami hendak mengolok olok kaum mukmin.’ Allah akan mengolok olok mereka dan menelantarkan mereka dalam kedurhakaan, sedangkan mereka dalam keadaan bimbang.”

Empat sikap yang barangsiapa terdapat pada dirinya keempat sikap itu, maka dia adalah seorang munafik tulen. Barangsiapa yang pada dirinya terdapat salah satu dari sikap itu, maka pada dirinya terdapat salah satu sikap munafik, sampai dia meninggalkannya. Yaitu, apabila dipercaya dia berkhianat, apabila berbicara dia berdusta, apabila berjanji dia menipu, dan apabila bertengkar dia curang.” (Shahih Bukhari)

Marilah kita jauhi sifat munafik, karena orang-orang munafik tidak akan memperoleh pertolongan Allah SWT. “Sesungguhnya orang orang munafik itu akan dicampakkan ke dalam kerak neraka dan kamu tidak akan melihat mereka memperoleh penolong.” (QS. An Nisaa: 145)

7 Cara Menjauhi Sifat Munafik Dalam Islam Lengkap

Adapun cara menjauhi atau menghindari sifat munafik dalam Islam adalah sebagai berikut:

1. Melatih Diri Untuk Ikhlas kepada Allah SWT

Tanamkan pada diri untuk selalu ikhlas kepada Allah SWT. Dalam hal apapun, ibadah, dan segalanya karena Allah SWT.

2. Menepati janji dan Jujur

Sebagaimana yang telah disebutkan hadist mengenai sifat munafik bahwasanya “Jika berjanji, maka ia ingkari. Jika berbicara, ia berdusta. Jika membuat perjanjian, tidak dipenuhi. Jika diberi amanat, ia khianat.” Ini semua termasuk amalan kemunafikan. Siapa yang membiasakan sifat sifat termasuk, maka ia bisa terjatuh pada kemunafikan yang besar. Wal’iyadzu billah” (kepada Allah lah sobat berlindung).

3. Memohon Perlindungan Dari Godaan Syeitan

Setan adalah musuh nyata manusia, bahkan kita harus selalu ingat, bahwa setan selalu memerintahkan untuk selalu lalai dalam beribadah. Semoga kita senantiasa selalu dilindungi dari godaan syetan. Setiap perkataan sobat mestilah jujur, hendaklah sobat menepati janji, menunaikan amanah, tidak berbuat zalim ketika berselisih.

4. Shalat Berjama’ah

Poin selanjutnya adalah shalat berjama’ah, terutama bagi kaum laki-laki. Karena hal ini dapat membebaskan seseorang dari sifat nafik atau kemunafikan. “Siapa yang menunaikan shalat berjama’ah selama 40 dengan memperoleh takbiratul ihram imam, maka ia akan ditetapkan terbebas dari dua hal, yakni terbebas dari neraka dan terbebas dari kenifakan.”(HR At Tirmidzi).

Mengapa demikian? karena hal tersebut sulit dilakukan orang munafik, munafik hanya ingin terlihat bagus dihadapan manusia saja, sedangkan yang tulus karena Allah pastilah akan bisa melakukan hal tersebut.

5. Memperbanyak Sedekah

Memperbanyak sedekah, yakni sedekah yang banyak namun tidak terlihat. Seperti hadist “Sedekah merupakan bukti“. Maksud bukti disini adalah bukti keimanan, sedekahlah dengan uang yang halal.

Baca Juga :  √ Doa KetikaTurun Hujan dan Doa Mendengar Petir Arab Latin

6. Memperbanyak Dzikir

“Dan mereka tidak berzikir kecuali sedikit.”(QS: 3: 142). Orang yang munafik, hatinya akan selalu lalai dari mengingat Allah SWT karena dia tidak sebenar-benarnya lillahita’ala karena Allah SWT.

7. Membiasakan Berakhlak Terpuji

“Ada dua sifat yang tidak akan pernah tergabung dalam hati orang yang munafik, yaitu perilaku luhur dan pemahaman dalam agama.” (HR. Tirmidzi). 

Berakhlak yang baik dan dengan pemahaman agama yang mendalam tidak bisa dimiliki oleh orang yang munafik. Oleh karena itu, berlakulah dengan akhlak yang baik dan terpuji.

Demikianlah penjelasan mengenai 7 Cara Menjauhi Sifat Munafik Dalam Islam Lengkap. Semoga kita senantiasa selalu dilindungi dari sifat munafik. dan semoga bermanfaat. Terimakasih 🙂