5 Hadits Membicarakan Tentang Dosa Yang Dilaknat

5 Hadits Membicarakan Tentang Dosa Yang Dilaknat – Pada kesempatan ini Duta Dakwah akan membahas tenang 5 hadits. Yang mana menjelaskan dosa-dosa yang dilaknat dalam 5 hadits dengan singkat dan jelas dalam sebuah teks khutbah jum’at. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

5 Hadits Membicarakan Tentang Dosa Yang Dilaknat

Ada lima hadits penting yang dibicarakan pada khutbah Jumat kali ini yang di mana berisi dosa-dosa yang dikutuk atau dilaknat oleh Allah.

Khutbah Pertama

Amma ba’du …

Ma’asyirol muslimin rahimakumullah

Kita bersyukur kepada Allah atas berbagai macam nikmat yang telah Allah anugerahkan pada kita, nikmat harta, nikmat umur panjang, dan nikmat sehat, ini adalah semua nikmat yang wajib kita syukuri. Lebih-lebih lagi nikmat yang paling utama, Allah masih memberi nikmat iman dan Islam. Nikmat iman tentu lebih istimewa daripada nikmat kekayaan, karena iman inilah yang menjadi jaminan kita bahagia.

Shalawat dan salam semoga tercurah kepada suri tauladan kita yang menjadi teladan juga dalam hidup sederhana yaitu Nabi besar kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, begitu pula kepada Ummahatul Mukmini, istri-istri beliau yang tercinta, yaitu (1) Khadijah binti Khuwailid, (2) Saudah binti Zam’ah, (3) ‘Aisyah binti Abi Bakr, (4) Hafshah binti ‘Umar, (5) Zainab binti Khuzaimah, (6) Zainab binti Jahsy, (7) Ummu Salamah binti Abi Umayyah, (8) Ummu Habibah Ramlah binti Abi Sufyan, (9) Juwairiah binti Al-Harits, (10) Shafiyyah binti Huyay, (11) Maimunah binti Al-Harits, juga kepada para khulafaur rosyidin (Abu Bakr, ‘Umar, ‘Utsman dan ‘Ali radhiyallahu ‘anhum) serta yang mengikuti para salaf tadi dengan baik hingga akhir zaman.

Baca Juga :  Menjadi Kepala Keluarga Idaman

Ma’asyirol muslimin rahimakumullah

Pernah dengar dosa yang dilaknat atau dikutuk?

Setiap yang terkena laknat Allah, maka ia berarti jauh dari rahmat Allah dan berhak mendapatkan siksa, akhirnya binasa. Demikian disebutkan dalam Lisanul ‘Arab, 13: 387-388.

Yang dilaknat bisa jadi perbuatannya adalah kekafiran. Ini jelas jauh dari rahmat Allah dan berhak mendapatkan azab Allah.

Bisa pula yang dilaknat tetap muslim, namun ia melakukan perbuatan yang pantas dapat laknat seperti orang yang minum minuman keras, orang mencaci maki orang tuanya dan semacam itu. Perbuatan yang dilakukan tentu saja termasuk al-kabair (dosa besar), namun tidak menyebabkan ia kekal di neraka.

Ada lima hadits yang kami bawakan pada kesempatan khutbah Jumat kali ini yang menerangkan dosa-dosa yang dilaknat sehingga kita semakin takut berbuat maksiat dan berusaha menghindari dosa-dosa yang nanti disebutkan.

Hadits Pertama

‘Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu menyampaikan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

Artinya : “Allah melaknat siapa saja yang melakukan sembelihan (tumbal) pada selain Allah (menyebut nama selain Allah, pen.). Allah melaknat orang yang melindungi pelaku maksiat (dan bid’ah). Allah melaknat orang yang melaknat orang tuanya. Allah melaknat orang yang merubah batas tanah.” (HR. Muslim, no. 1978)

Ada empat hal yang dilaknat dalam hadits pertama ini:

  • Orang yang menyerahkan tumbal atau sembelihan kepada selain Allah bisa jadi karena ingin memenuhi prasyarat pesugihan dan ingin menjadi kaya atau untuk mengangkat musibah dengan segera lewat istighatsah kepada selain Allah.
  • Melindungi pelaku maksiat dan bid’ah.
  • Orang yang mengutuk orang tuanya, bisa jadi secara langsung, bisa jadi karena dia menjadi sebab orang tuanya dilaknat.
  • Orang yang menzalimi orang lain dengan merubah batas tanah.
Baca Juga :  √ Khutbah Tangan di Bawah dan Mereka Yang Suka Dilayani

Hadits Kedua

Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat pemakan riba, yang menyetorkan riba, pencatat transaksi riba dan dua orang saksi dalam transaksi riba.” Beliau mengatakan, “Mereka semua sama (dapat dosa).” (HR. Muslim, no. 1598)

Riba adalah tambahan pada sesuatu yang khusus, misalnya yang dikatakan oleh para ulama dalam utang piutang, “Setiap utang piutang yang di dalamnya terdapat keuntungan maka termasuk riba.”

Yang dilaknat dalam hadits di atas adalah:

  • Pemakan riba (rentenir)
  • Yang menyetor riba (nasabah)
  • Pencatat riba (sekretaris)
  • Dua orang saksi dalam transaksi riba.

Hadits Ketiga

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, ia berkata,

Artinya : “Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melaknat orang yang memberi suap dan yang menerima suap”. (HR. Abu Daud no. 3580, Tirmidzi no. 1337, Ibnu Majah no. 2313. Kata Syaikh Al-Albani hadits ini shahih).

Berarti yang dilaknat dalam hadits ketiga adalah orang yang menyuap dan disuap. Namun berbeda kalau yang menyuap ini karena menuntut haknya yang tidak bisa diperoleh kecuali dengan jalan menyuap, maka ia yang menyuap tidak terkena laknat seperti dalam hadits.

Hadits Keempat

Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata,

Artinya : “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat pria yang bergaya seperti wanita dan wanita yang bergaya seperti pria.” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Keluarkanlah mereka dari rumah-rumah kalian.” Ibnu ‘Abbas katakan, “Nabi pernah mengeluarkan orang yang seperti itu. Demikian halnya dengan ‘Umar.” (HR. Bukhari, no. 5886)

Inilah yang dilaknat seperti tingkah laku kaum LGBT saat ini.

Hadits Kelima

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

Artinya : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat tiga orang:

  1. Orang yang memimpin kaumnya lantas mereka tidak suka (lantaran penyimpangan agama, bukan masalah dunia)
  2. Istri yang di malam hari membuat suaminya membencinya (karena tidak mau taat pada suami)
  3. Ada orang yang mendengar ‘hayya ‘alal falaah’ (marilah meraih kebahagiaan) lantas ia tidak memenuhi panggilan berjamaah tersebut.” (HR. Tirmidzi, no. 358.)
Baca Juga :  Empat Amalan Utama Pada Bulan Suci Ramadhan

Demikian khutbah pertama ini semoga dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

Khutbah Kedua

 

Demikian ulasan singkat tentang 5 Hadits Membicarakan Tentang Dosa Yang Dilaknat. Semoga dapat memberikan manfaat untuk kita semua. Terimakasih.

5 Hadits Membicarakan Tentang Dosa Yang Dilaknat
5 (100%) 2 vote[s]