4 Doa Pembuka 12 Pintu Rezeki Yang Harus Diketahui & Mustajab

Posted on

4 Doa Pembuka 12 Pintu Rezeki Yang Harus Diketahui & Mustajab – Rezeki merupakan segala sesuatu yang bermanfaat, berdaya bagi makhluk dan dapat dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumber penghidupan. Rezeki merupakan suatu anugrah atau karunia yang diberikan oleh Allah SWT kepada makhlukNya. Rezeki dapat berupa materi, seperti uang yang banyak, gaji yang besar, jabatan yang tinggi. Sedangkan rezeki yang berupa non-materi adalah kesehatan, keselamatan dan kebahagiaan.

Sebagai seorang muslim, hendaknya kita mencari rezeki dengan jalan yang di ridhoi Allah SWT, dan tentunya menjemput dengan usaha juga doa, karena usaha tanpa doa sama saja sombong, sedangkan doa tanpa usaha sama saja dengan bohong, sehingga keduanya harus sama-sama beriringan.

Nah pada kesempatan kali ini, Dutadakwah akan membahas mengenai doa pembuka 12 pintu rezeki yang harus diketahui dan mustajab. Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

4 Doa Pembuka 12 Pintu Rezeki Yang Harus Diketahui & Mustajab

Berikut ini adalah 12 pintu rezeki dari Allah SWT yang harus diketahui berikut penjelasannya:

12 Pintu Rezeki

1. Rezeki yang telah dijamin

Sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam Q.S Al-Huud ayat 6

۞ وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُبِينٍ

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

2. Rezeki karena usaha

Sebagaimana dalam Q.S An-najm ayat 39

وَأَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَىٰ

“dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya”.

3. Rezeki karena bersyukur

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

4. Rezeki yang tak terduga

dalam Al Quran surat at Thalaq ayat 2 disebutkan di akhir ayat, “… Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya”.

5. Rezeki karena istighfar

Di dalam Al-qur’an terdapat perintah untuk senantiasa beristighfar memohon kepada Allah SWT. Sebagaimana dalam Q.S Nuuh ayat 10-11

                                               يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا         فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا

“maka aku berkata (kepada mereka), ‘Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu’”.

6. Rezeki karena menikah

Sebagaimana dalam Q.S An-Nur ayat 32

وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ ۚ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.

7. Rezeki karena anak

Sebagaimana dalam Q.S Al-Isra ayat 31

Baca Juga :  √ Adab Berdo'a Dalam Islam Yang Benar (Bahasan Lengkap)

وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلَاقٍ ۖ نَحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْ ۚ إِنَّ قَتْلَهُمْ كَانَ خِطْئًا كَبِيرًا

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar.”

8. Rezeki karena sedekah

Allah SWT telah berjanji akan memberi ganjaran yang baik kepada setiap orang yang bersedekah, sebagaimana dalam Q.S Al-Baqarah ayat 245 yang artinya: “Barang siapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan”.

Selain daripada 8 rezeki yang telah dijelaskan tersebut, ada beberapa rezeki yang diperoleh dari jalan lain seperti rezeki karena senantiasa bertaqwa dan beriman, rezeki karena mengorbankan diri, rajin bersilaturrahmi, karena membaca Al-Qur’an dengan rajin, membaca surat Al-waqi’ah dan istiqomah dalam menjalankan shalat dhuha.

Setiap orang bisa menerima rezeki dengan izin Allah SWT, seiring dengan usaha membuka pintu rezeki juga harus senantiasa berdo’a kepada pemilik rezeki Allah SWT.

4 Doa Pembuka 12 Pintu rezeki

Berikut adalah 4 doa pembuka 12 pintu rezeki

1. Doa Pembuka 12 Pintu Rezeki

“Allahummaf tahlii abwaabal khoiri, wa abwaaba sholaamati, wa abwaabas shihati, wa abwaaban nia’mati, wa abwaaba barokhati, wa abwaabal quwwati, wa abwaabal, mawaddathi, wa abwaabar rohmati, wa abwaabar rizqi, wa abwaabal ‘ilmi, wa abwaabal maghfirothi, wa abwaabal jannati, yaa arhamarroohimiin”.

Artinya: “Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu keselamatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu keberkatan, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu cinta sejati, pintu-pintu kasih sayang, pintu-pintu rezeki, pintu-pintu ilmu, pintu-pintu ampunan dan pintu-pintu surga. Ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”.

2. Memohon Rezeki Yang Halal dan Berkah

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rezeki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah 925 dan dishahihkan al-Hafizh Abu Thahir)

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

“Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.”

3. Doa Memohon Rezeki Yang Melimpah

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لَا يَنْبَغِي لِأَحَدٍ مِنْ بَعْدِي ۖ إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Artinya: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapa pun setelahku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Pemberi”

Baca Juga :  √ Bacaan Doa Setelah Shalat Tarawih (Arab, Latin, Terjemah) Lengkap

4. Doa untuk menarik rezeki dari segala penjuru

اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ اَنْوَاعِ الرِّزْقِ وَالْفُتُوْحَاتِ، بَابَاسِطَ الَّذِيْ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَآءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ اُبْسُطْ عَلَيَّ رِزْقًا كَثِيْرًا مِنْ كُلِّ جِهَةٍ مِنْ خَزَائِنِ رِزْقِكَ بِغَيْرِ مِنَّةٍ مَخْلُوْقٍ بِفَضْلِكَ وَكَرَمِكَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

4 Doa Pembuka 12 Pintu Rezeki Yang Harus Diketahui & Mustajab
4 Doa Pembuka 12 Pintu Rezeki Yang Harus Diketahui & Mustajab

Artinya: “Wahai Allah, limpahkanlah rahmat atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW, sebanyak aneka rupa rezeki. Wahai Dzat Yang Maha Meluaskan rizki kepada orang yang dikehendaki-Nya tanpa hisab. Luaskan dan banyakanlah rezekiku dari segenap setiap penjuru dan perbendaharaan rizki-Mu tanpa pemberian dari makhluk, berkat kemurahan-Mu jua. Dan limpahkanlah pula rahmat dan salam atas dan para sahabat beliau”.

Itulah tadi penjelasan mengenai 4 Doa Pembuka 12 Pintu Rezeki Yang Harus Diketahui & Mustajab. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂