15 Macam Siksaan Bagi Orang Yang Meninggalkan Shalat

15 Macam Siksaan Bagi Orang Yang Meninggalkan Shalat – Shalat adalah kewajiban yang harus dikerjakan bagi setiap muslim. dalam keadaan apapun, namanya kewajiban, maka haruslah dikerjakan. Sesungguhnya Allah Maha Besar, Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang. Kita banyak diberikan kenikmatan dunia akan tetapi kita juga tidak boleh lupa kepada kewajiban kita untuk taat dan selalu mengingat Allah SWT yaitu menjalankan perintahnya dan menjauhi segala larangannya.

Salah satu kewajiban kita sebagai umat Islam adalah dengan mengerjakan shalat fardhu 5 waktu:

Sabda Nabi SAW: “Barang siapa yang menyepelekan sholat (menggampangkan sholat), maka Allah akan menyiksanya dengan lima belas macam siksaan; enam siksaan di dunia, tiga siksaan ketika menjelang mati, tiga siksaan dialam kubur dan tiga siksaan ketika keluar dari alam kubur”. (Qurtubi(Qurratul ‘uyun: hlm.2).

Nah untuk lebih jelasnya, akan dijelaskan sebagai berikut:

15 Macam Siksaan Bagi Orang Yang Meninggalkan Shalat

6 Macam Siksaan Ketika Di Dunia

6 Macam siksaan yang Allah berikan kepada orang yang meninggalkan shalat atau melalaikannya ketika masih hidup di dunia, yaitu sebagai berikut:

  • Allah SWT akan menghilangkan keberkahan dari umurnya
  • Tanda kesholehannya akan dihapus oleh Allah SWT dari keningnya
  • Semua amalnya tidak akan diberi pahala oleh Allah SWT.
  • Allah SWT tidak akan mengangkat do’a nya kelangit
  • Semua makhluk di dunia akan menyepelekannya
  • Dan dia tidak akan mendapatkan bagian doanya orang-orang shaleh

3 Macam Siksaan Ketika Sakratul Maut

3 Macam siksaan yang Allah SWT berikan kepada orang-orang yang suka meninggalkan shalat ketika sakratul maut adalah:

  • Bahwasanya orang yang meninggalkan shalat dia akan mati dalam keadaan hina
  • Orang yang meninggalkan shalat dia akan mati dalam keadaan lapar
  • Dan orang yang meninggalkan shalat dia akan mati dalam keadaan haus, walau air laut didunia diminumkan kepadanya, maka tidak akan pernah menghilangkan rasa haus dahaganya.
Baca Juga :  Hukum Tradisi 100 Hari Menurut Islam

3 Macam Siksaan Ketika Di Alam Kubur

3 macam siksaan yang Allah berikan kepada orang yang meninggalkan shalat ketika di alam kubur adalah sebagai berikut:

  • Disempitkan kuburnya oleh Allah SWT dan dihimpitnya sampai tulang rusuknya hancur berantakan
  • Di dalam kubur akan dinyalakan api neraka, dan orang yang meninggalkan shalat siang malam akan dipanggang dan dibolak balikkan diatas bara api
  • Ular Syuja’al Aqro’ akan datang kepada orang yang meninggalkan shalat. Ular Syuja’al Aqro’ ini diciptakan dari api neraka, kukunya terbuat dari besi, dan setiap kuku panjangnya seperti ukuran perjalanan satu hari.

Ular itu akan berkata kepadanya : “Aku ini Syuja’al-Aqro’, suaranya bagaikan petir yang menyambar, dan ular itu berkata: “Tuhanku menyuruhku agar memukulmu karena telah menyia-nyiakan sholat shubuh dari shubuh sampai dzuhur, dan agar memukulmu karena telah menyia-nyiakan sholat dzuhur dari dzuhur sampai asar, dan agar memukulmu karena menyia-nyiakan sholat asar dari asar sampai magrib, dan agar memukulmu karena menyia-nyiakan sholat magrib dari magrib sampai isya, dan agar memukulmu karena menyia-nyiakan sholat isya dari isya sampai shubuh. Ketika ular itu memukulnya satu kali pukulan, maka yang dipukulnya masuk kedalam tanah sedalam ukuran 70 hasta, lalu ular Syuja’al-Aqro’ memasukkan kuku-kukunya kebawah tanah dan kemudian mengeluarkannya kembali, dan siksaan itu tiada henti-hentinya sampai hari kiamat, maka kita mohon perlindungan kepada Allah dari siksa kubur.” (Qurtubi (Qurratul ‘uyun; hlm.4).

3 Macam Siksaan Pada Hari Kiamat

3 siksaan yang Allah SWT berikan kepada orang yang meninggalkan shalat pada hari akhir atau kiamat adalah:

  • Allah akan menyatukan bersama orang-orang yang diseret mukanya ke neraka jahannam
  • Allah SWT akan murka pada waktu di hisab, sehingga daging mukanya leleh berjatuhan
  • Diberatkan Hisabnya, Allah SWT akan menghisabnya dengan hisaban yang sangat berat dan tiada guna atasnya dari kelebihan apapun untuk selama-lamanya. Dan Allah SWT memerintahkan ke neraka.
Baca Juga :  13 Adab dan Sunnah Ketika Bangun Tidur

Begitu banyak siksaan yang Allah berikan kepada orang yang meninggalkan dan juga lalai terhadap shalatnya. Masih banyak ilmu Allah lain yang mungkin kita belum mengetahuinya, semoga dengan kita mengetahui nya menjadikan iman kita semua menjadi kuat. Takutlah kepada Allah SWT. Sesungguhnya dunia adalah neraka bagi orang mukmin dan syurga bagi orang kafir.

Bahaya Meninggalkan Shalat 5 Waktu adalah sebagai berikut:

1. Shalat shubuh: Allah akan menenggelamkannya kedalam neraka jahannam selama 60 tahun, 60.000 tahun hitungan dunia, 1000 tahun dunia = 1 hari di akhirat.

2. Dzuhur: Meninggalkan shalat dzuhur sama seperti dosanya orang yang membunuh 1000 muslim

3. Ashar: Seperti dosanya orang yang menghancurkan ka’bah

4. Maghrib: Meninggalkan shalat maghrib sama seperti berzina dengan orang tuanya sendiri

5. Isya: “Sesungguhnya Allah ta’ala berseru: “Hai orang yang meninggalkan sholat isya, bahwa Aku tidak ridho jika kamu tinggal dibumiKu dan menggunakan segala nikmat-nikmatKu, segala yang dikerjakan dan digunakan ialah berdosa kepada Allah SWT.”

Demikianlah 15 Macam Siksaan Bagi Orang Yang Meninggalkan Shalat. Semoga dengan bertambahnya pengetahuan kita lewat artikel ini dapat menambah keimanan kita kepada Allah SWT. Menjadikan kita pribadi yang jauh lebih baik, dan senantiasa tidak pernah meninggalkan kewajiban kita sebagai umat muslim, sehingga dijauhkan dari berbagai siksaan dari Allah SWT. Aamiin

15 Macam Siksaan Bagi Orang Yang Meninggalkan Shalat
5 (100%) 9 votes