11 Kunci Sukses Dunia Akhirat Dalam Islam Yang Harus Diketahui

11 Kunci Sukses Dunia Akhirat Dalam Islam Yang Harus Diketahui – Pada kesempatan kali ini, dutadakwah akan membahas mengenai kesuksesan. Setiap orang pasti menginginkan suatu kesuksesan baik itu didunia dan juga di akhirat. Yang dimaksud dengan sukses akhirat adalah masuk ke dalam surga Allah SWT. Sedangkan sukses dunia adalah menjadi orang yang bahagia, memiliki harta yang banyak, menjadi seorang pengusaha dan lain sebagainya. Sebab setiap orang memiliki ukuran kesuksesannya masing-masing.

Namun kesuksesan sendiri bisa dibuka dengan kunci-kunci unik yang ternyata tidak jauh-jauh dari kegiatan kita sehari-hari. Berikut ini adalah kunci kesuksesan yang dibuka dengan beberapa kunci, yang diantaranya penulis ambil dari seorang motivator Roni Indra S. P.si dalam bukunya “Sukses Sebelum Kuliah“. Nah untuk mengetahui lebih jelasnya marilah kita simak penjelasannya sebagai berikut:

11 Kunci Sukses Dunia Akhirat Dalam Islam Yang Harus Diketahui

Inilah kunci sukses dunia akhirat yang bisa diterapkan oleh kita semua:

1. Bertaqwa

Poin pertama adalah dengan bertaqwa kepada Allah SWT yakni dengan melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan Allah. Seperti menjauhi dosa-dosa besar, maksiat, berbuat tidak baik, menghilangkan segala penyakit hati, seperti dendam, iri hati, dengki, adu domba dan lain sebagainya. Dengan mengikuti semua perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya, InsyaAllah ini akan menjadi kunci utama untuk membuka pintu-pintu kesuksesan dunia dan akhirat.

Baca Juga :  9 Adab Menuntut Ilmu Dalam Islam Yang Harus Diketahui

2. Taubatan Nasuha

Poin selanjutnya adalah dengan taubatan nasuha. Inilah juga kunci terpenting untuk membuka pintu kesuksesan. Dengan bertaubat yang sebenar-benar bertaubat, insyaAllah pintu kesuksesan akan dibuka atas seizin Allah SWT. Allah SWT tidak akan pernah bosan untuk merima taubat hamba-hamba-Nya, kita bisa lebih mendekatkan diri kepada-Nya, melangkah dengan ikhlas untuk membuka pintu kesuksesan yang lain. Jika kita berlumuran dosa, maka hatipun tidak tenang, oleh karena itu bersihkanlah hati dari segala percikan dosa, datanglah kepada Allah SWT untuk bertaubat dan memohonkan ampun agar apa yang diinginkan segera terwujud dan bahagia dunia akhirat.

Dalam Q.S An-Nur ayat 31 Allah berfirman:

Artinya: “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman, supaya kamu beruntung.”

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa beristighfar kepada Allah maka Allah akan menghilangkan segala kegundahan dan kesusahannya, dan diberikan kepadanya rizki yang tak terduga.” (H.R. Abu Dawud).

3. Melaksanakan Shalat Wajib Diawal Waktu

Poin selanjutnya adalah shalat wajib diawal waktu. Mengapa setelah bertaubat nasuha barulah shalat wajib, karena jika kita tidak terlebih dahulu mengakui dosa-dosa besar kepada Allah SWT, berlumuran dosa? Apakah shalat kita akan diterima? Oleh karena itu bertaubatlah terlebih dahulu baru shalatlah. Mem[perbanyak istighfar juga mampu melunturkan dosa-dosa kecil. Kenapa mesti shalat? Karena shalat merupakan amalan yang pertama kali akan di hisab oleh Allah SWT. Jika shalat kita sudah baik, maka amalan yang lainpun akan baik, namun jika shalat kita buruk maka amalan lainpun akan buruk. Shalatlah di awal waktu, karena Allah tidak menyukai orang-orang yang melalaikan shalat. Jadi shalat itu sangat penting agar kita mendapatkan kebahagiaan di dunia dan juga di akhirat.

Baca Juga :  Bacaan Adzan dan Iqomah Beserta Artinya Lengkap

4. Melaksanakan Shalat Sunnah Rawatib

Shalat sunnah rawatib yakni shalat sunnah qabliyah dan ba’diyah itu laksana seekor burung dengan dua buah sayapnya. Seekor burung tidak akan pernah bisa terbang tanpa kedua buah sayapnya. Begitu pula dengan shalat sunnah rawatib yang dapat menyempurnakan shalat wajib.

5. Melaksanakan Shalat Dhuha

Shalat dhuha dikenal dengan shalat untuk memohonkan rizki yang halal lagi banyak. Hal tersebut juga dapat dilihat dari bacaan doa shalat dhuha. Laksanakanlah shalat dhua 2, 4, 6, 8, 10 atau 12 semampu kita, lakukan secara kontinu, insyaAllah atas izin-Nya dapat membuka pintu kesuksesan.

6. Melaksanakan Shalat Tahajud dan Witir

Melaksanakan shalat tahajud di sepertiga malam adalah waktu yang tepat untuk bermunajat kepada Allah SWT. Disaat yang lain sedang tidur, justru kita bangun untuk melaksanakan shalat tahajud karena Allah SWT. Pada saat itulah Allah SWT turun untuk hamba-Nya. Maka dari itu, sambutlah dengan bersujud kepada Allah SWT, memanjatkan do’a, insyaAllah atas izin-Nya doa akan terkabulkan. Lakukanlah shalat tahajud semampunya dan secara istiqomah.

7. Membaca dan memahami Al-Qur’an

Membaca Al-qur’an memiliki keutamaan yang sangat luar biasa. Apalagi jika kita dapat memahaminya. Dan InsyaAllah jika kita mengharapkan kesuksesan ada disini jalannya. Karena Al-Qur’an adalah petunjuk dan pedoman bagi orang-orang yang beriman.

8. Memperbanyak Silaturrahmi

Perbanyaklah silaturrahmi, karena dengan memiliki banyak kenalan maka pintu kesuksesan akan lebih luas. Jika kita memliki sahabat 100 rasanya terasa kurang, namun jika kita memliki musuh satu, tidurpun tidak tenang. Maafkanlah jika ada orang yang meminta maaf, dan meminta maaflah jika merasa diri kita salah. Karena orang yang meminta maaf lebih mulia dan lebih baik daripada orang yang dimaafkan.

Baca Juga :  Perbedaan Al-Qur’an, Hadits, Ijma’ Dan Qiyas

9. Memperbanyak Shadaqoh

Sebagaimana di dalam Qur’an surat Al-Lail ayat 5-8:

فَأَمَّا مَنْ أَعْطَى وَاتَّقَى (٥) وَصَدَّقَ بِالْحُسْنَى (٦) فَسَنُيَسِّرُهُ لِلْيُسْرَى (٧) وَأَمَّا مَنْ بَخِلَ وَاسْتَغْنَى

Artinya: “Adapun orang yang memberikan sebagian (hartanya di jalan Allah) dan bertaqwa dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (syurga) maka kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah.”

Dengan memperbanyak sedekah, InsyaAllah rizki akan bertambah untuk kita dan Allah akan membukakan pintu kemudahan bagi segala urusan kita termasuk sukses di dunia dan akhirat. Bersedakahlah apa yang kalian miliki, sebagain harta atau ucapan dan nasihat yang baik itu juga merupakan sedekah. Berikanlah sedekah yang terbaik yang kita miliki.

10. Berbuat Baik Kepada Kedua Orang Tua

Ridhollah fii ridhol walidain” Ridhonya Allah terletak pada ridhonya orang tua. Dengan berbuat baik kepada kedua orang tua, tidak menyakiti hatinya, maka InsyaAllah Allah bukakan pintu kemudahan dan kesuksesan untuk kita.

11. Berbuat Baik Kepada Orang Sekitar

Poin terakhir adalah dengan berbuat baik kepada orang sekitar. Dan janganlah kamu menyakiti sesama manusia, karena hal tersebut tidak diperbolehkan. Dengan selalu berbuat baik kepada sesama manusia dan orang-orang disekitar maka pintu kemudahan untuk meraih kesuksesan pun akan terbuka insyaAllah.

Demikianlah penjelasan mengenai 11 Kunci Sukses Dunia Akhirat Dalam Islam Yang Harus Diketahui. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

11 Kunci Sukses Dunia Akhirat Dalam Islam Yang Harus Diketahui
5 (100%) 1 vote[s]